Comscore Tracker

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Mampu cegah berbagai penyakit serius

Sama seperti karbohidrat dan protein, lemak juga merupakan makronutrien yang penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu menghindari makanan berlemak. Tubuh membutuhkan sejumlah lemak dari makanan untuk membantu fungsi hormon, memori, dan penyerapan nutrisi tertentu.

Konsumsi lemak sehat juga menciptakan rasa kenyang, memperlambat pencernaan karbohidrat, dan menambah rasa pada makanan. 

Walaupun begitu, kamu perlu selektif dalam memilih makanan berlemak. Lemak yang paling menyehatkan adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6. Inilah beberapa makanan tinggi lemak yang baik bagi kesehatan.

1. Alpukat

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatanpixabay.com/stevepb

Alpukat termasuk buah yang tinggi akan lemak sehat, di mana satu buah alpukat mengandung sekitar 29 g lemak dan 322 kalori. Alpukat tinggi asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian dalam jurnal Nutricion Hospitalaria menunjukkan bahwa asam oleat bertindak sebagai antiinflamasi dan berpotensi dalam pencegahan kanker. Studi yang melibatkan hewan ini menunjukkan bahwa minyak alpukat bisa melindungi dari penyakit jantung dan diabetes.

Selain itu, buah ini juga tinggi serat, dengan satu buah menyediakan 13,5 g serat. Alpukat juga mengandung zat yang disebut lutein, yang diperlukan untuk kesehatan mata dan juga merupakan sumber potasium yang kaya.

2. Ikan

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatanunsplash.com/Caroline Attwood

Salah satu dari sedikit produk hewani yang paling sehat adalah ikan berlemak, seperti salmon, trout, mackerel, sarden, dan herring. Semua jenis ikan ini sarat akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, protein berkualitas tinggi, dan segala macam nutrisi penting.

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa individu yang konsisten makan ikan cenderung jauh lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, depresi, demensia, dan segala jenis penyakit umum.

3. Kacang

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatanunsplash.com/Maddi bazzocco

Kacang merupakan makanan tinggi lemak dan serat sehat, dan merupakan sumber protein nabati yang baik. Kacang merupakan sumber vitamin E dan sarat akan magnesium, mineral yang kebanyakan orang tidak cukup mendapatkannya. Beberapa jenis kacang yang sehat, adalah almond, kenari, kacang macadamia, dan banyak lainnya.

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kacang cenderung lebih sehat, dan memiliki risiko lebih rendah terkena berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Khusus Ibu Hamil, Hindari Konsumsi 11 Makanan dan Minuman Ini

4. Cokelat hitam

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatanunsplash.com/amirali mirhashemian

Saat kamu sedang ingin makan-makanan yang manis, sebaiknya pilih cokelat hitam. Sebab, cukup dengan makan 1 ons cokelat hitam sudah cukup untuk mengatasi dan mencegah keinginan makan manis, sekaligus memberikan 9 gram lemak sehat, serta nutrisi lain, seperti kalium dan kalsium.

Cokelat hitam juga mengandung 41 mg magnesium atau sekitar 13 persen dari yang direkomendasikan untuk perempuan dewasa. Cokelat hitam juga sangat kaya akan antioksidan flavonoid, yang bahkan lebih banyak daripada antioksidan dalam bubuk blueberry.

Penelitian dalam jurnal Clinical Nutrition menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang di Amerika Serikat. Di mana peserta yang makan cokelat 5 kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko rendah terkena penyakit kardiovaskular.

5. Telur

Gak Bikin Gemuk, Ini 5 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatanunsplash.com/Haley Hamilton

Telur merupakan superfood yang dikenal karena menjadi sumber protein yang tinggi. Secara tradisional, banyak orang yang percaya bahwa putih telur adalah bagian yang paling menyehatkan, tetapi sebenarnya kuning telur memiliki keunggulan karena mengandung beberapa nutrisi penting. Setiap 50 g telur rebus mengandung 5,3 g lemak, dengan hanya 78 kalori.

Kuning telur juga mengandung vitamin D dan kolin, salah satu vitamin B yang mendukung fungsi hati, otak, saraf, dan otot. Kuning telur juga mengandung fitonutrien lain, termasuk lutein.

Sementara penelitian yang dalam British Medical Journal yang dilakukan pada orang dewasa Tiongkok, melaporkan bahwa mengonsumsi 1 butir telur sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Wah, ternyata lemak tidak harus selalu dihindari bukan, justru lemak sangat dibutuhkan tubuh. Walaupun begitu, kamu juga perlu selektif dalam memilih sumber lemak, pilihlah makanan di atas karena merupakan sumber lemak yang sehat.

Baca Juga: Rutin Konsumsi, 6 Makanan Ini Bisa Membantu Meredakan Depresi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya