Comscore Tracker

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!

Ternyata bisa beratkan kerja ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki berbagai fungsi penting, seperti mengendalikan jumlah cairan dalam tubuh, tekanan darah, dan menyaring protein serta mineral dari darah. Ginjal yang tidak sehat tentunya dapat menyebabkan berbagai fungsi dari dalam tubuh menjadi terganggu.

Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal menjadi tugas wajib bagi kita semua. Salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan ginjal adalah diet, terutama bagi individu yang memiliki penyakit ginjal atau berisiko terkena gangguan pada ginjal.

Maka dari itu, menerapkan pola makan yang seimbang bisa jadi salah satu kunci untuk mendukung kesehatan ginjal, salah satunya dengan membatasi makanan yang dapat memicu berbagai masalah pada ginjal. Dilansir Healthline dan Revere Health, berikut beberapa di antaranya.

1. Alpukat

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!pixabay.com/stevepb

Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan gizi karena kandungan lemak, serat, dan antioksidan yang menyehatkan jantung. Akan tetapi, alpukat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, terutama oleh individu dengan penyakit ginjal.

Ini disebabkan alpukat mengandung kalium yang sangat tinggi, yaitu 727 mg kalium per 150 gram buah alpukat menurut SELF Nutrition Data. Jumlah tersebut dua kali lebih besar daripada jumlah kalium dalam pisang. 

2. Makanan kalengan

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!pexels.com/edwin josé vega ramos

Rata-rata makanan kalengan mengandung natrium dalam jumlah tinggi karena proses penambahan garam untuk meningkatkan umur simpan makanan. Kelebihan natrium dari makanan kalengan ini dapat membuat ginjal sulit mengeluarkan cairan berlebih dari aliran darah serta memicu terbentuknya batu ginjal.

Akan tetapi, jika kamu terpaksa membeli makanan kalengan, kamu bisa membuang cairan yang ada di dalam makanan kalengan tersebut dan membilasnya terlebih dahulu. Cara ini berguna untuk mengurangi kadar natrium dalam makanan.

Baca Juga: Awas! 5 Makanan Ini Dapat Mengganggu Metabolisme Tubuh

3. Jeruk

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!unsplash.com/Stephanie Harvey

Jeruk selama ini terkenal karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Akan tetapi, jeruk juga kaya akan kalium. Dilansir SELF Nutrition Data, satu buah jeruk besar mengandung 333 mg kalium, atau 473 mg kalium dalam satu cangkir jus jeruk.

Karena tingginya kandungan kalium dalam jeruk, maka buah ini perlu dihindari oleh individu yang berisiko mengalami gangguan ginjal atau membatasi konsumsinya demi kesehatan ginjal.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi anggur, apel, dan cranberry, karena ketiganya merupakan sumber vitamin C yang tinggi tetapi memiliki kalium yang rendah. Sehingga, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tanpa memberatkan kerja ginjal.

4. Daging olahan

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!pexels.com/Samer Daobul

Dalam proses pengolahannya, kebanyakan daging ditambahkan dengan garam dan bumbu lainnya guna menambah cita rasa atau memperpanjang masa simpan. Sedangkan asupan garam yang berlebihan dapat membebani kerja ginjal.

Terlebih, jika daging ini dikonsumsi dalam bentuk pizza, kebab, burger, atau steak. Hal ini jelas akan melipatgandakan jumlah natrium yang kamu konsumsi. Untuk itu, kamu wajib membatasi konsumsi daging olahan.

5. Tomat

5 Makanan yang Perlu Dihindari Orang dengan Gangguan Ginjal, Catat!unsplash.com/Tom Hermans

Tomat adalah buah yang tinggi kalium sehingga meningkatkan risiko terkena gangguan ginjal, dan tidak baik dikonsumsi oleh individu dengan gangguan ginjal. Menurut catatan SELF Nutrition Data, satu cangkir saus tomat dapat mengandung 900 mg kalium.

Bukan hanya tomat segar, penderita gangguan ginjal juga perlu menghindari olahan tomat lainnya, seperti saus tomat.

 

Itulah beberapa makanan yang perlu dihindari atau dibatasi konsumsinya oleh orang dengan gangguan ginjal. Yang tak kalah penting, selalu konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui diet yang cocok bagi individu dengan masalah ginjal.

Baca Juga: Dukung Kesuburan, 5 Makanan Sehat Ini Dapat Meningkatkan Testosteron

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya