Comscore Tracker

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

Pastikan kamu hanya berjemur di pagi hari

Masih banyak orang mengira sinar matahari adalah musuh kulit dengan alasan kulit akan rusak jika terkena sinar matahari terlalu lama. Benar jika yang dimaksud adalah paparan sinar matahari siang hari. Pada siang hari, sinar matahari mengandung banyak sinar UV yang berbahaya bagi kulit.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari matahari, maka berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah jawabannya. Berjemur di pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sinar matahari. Lantas apa saja manfaat sinar matahari di pagi hari bagi kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Mencegah kanker prostat bagi laki-laki

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!triathlonmagazine.ca

Semakin jarang laki-laki terpapar sinar matahari, maka semakin tinggi pula peluang laki-laki tersebut didiagnosis menderita kanker prostat. Banyak penelitian telah membuktikan fakta ini, salah satunya yang dilakukan oleh North Carolina Wake Forest University pada 2005 yang menyatakan bahwa kurangnya sinar matahari dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker prostat.

2. Menurunkan hormon kortisol

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!forbes.com

Hormon stres dikenal sebagai kortisol yang salah satu dampaknya adalah meningkatkan nafsu makan dan para ahli menyatakan bahwa kadar kortisol yang tinggi merupakan penyebab kenaikan berat badan. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Center for Neuroscience, University of Colorado, ditemukan bahwa berjemur di bawah sinar matahari dapat menurunkan kadar kortisol.

3. Mengurangi gejala depresi

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!self.com

Kurang paparan sinar matahari, dapat memicu suatu bentuk depresi yang disebut seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan afektif musiman. Gangguan ini utamanya rentan terjadi di musim dingin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari pagi dapat mengurangi jangka waktu rawat inap pada pasien dengan depresi bipolar. Penelitian juga menunjukkan bahwa pada kamar rumah sakit yang tidak dapat ditembus sinar matahari masuk, lama rawat inap pasien meningkat dibandingkan dengan kamar yang dapat ditembus sinar matahari.

Baca Juga: 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Kurang Berjemur Cahaya Matahari

4. Menurunkan tekanan darah

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!medicalnewstoday.com

Sebuah penelitian menemukan bahwa kurangnya paparan sinar matahari beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi. Selain itu, sinar matahari secara langsung memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular menurut laporan yang sama.

Hal ini disebabkan karena vitamin D menjadi hormon yang memiliki pengaruh paling kuat dalam mengatur tekanan darah, yang bisa kita dapatkan salah satunya dengan membiasakan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

5. Mencegah diabetes tipe 1

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!triathlonmagazine.ca

Menurut para ahli, vitamin D memiliki efek pencegahan terhadap diabetes. Menurut sebuah studi pada tahun 2006, yang dilakukan oleh University of Lund dan Malmo University Hospital, Swedia menunjukkan bahwa konsumsi Vitamin D pada awal kehidupan sangat terkait dengan rendahnya risiko terkena diabetes tipe 1.

6. Memperbaiki suasana hati

6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!makeupandbeauty.com

Berjemur di bawah sinar matahari pagi akan membuat suasana hati lebih tenang dan nyaman. Ini karena sinar matahari pagi dapat merangsang pembentukan serotonin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam membuat perasaan jadi nyaman dan tenteram.

Mengetahui semua manfaat berjemur pastinya mengubah perspektif kamu yang sebelumnya menganggap sinar matahari sebagai penyebab berbagai masalah pada kulit. Pastikan kamu selalu menggunakan krim tabir surya jika hendak berjemur lebih dari 10 menit dan pastikan kamu hanya berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Baca Juga: Berjemur Tanpa Sunblock, Kepala Pria Ini Penyok

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya