Comscore Tracker

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat Ini

Bikin otak lebih kreatif dan produktif lho

Kita semua tahu bahwa tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi setiap orang. Akan tetapi, sebagian orang harus rela sering begadang dan tidur larut malam karena suatu alasan. Selain itu, sejumlah orang sering begadang karena merasa lebih produktif dan kreatif pada jam-jam malam.

Kabar baiknya, asalkan kamu mendapatkan tidur yang cukup, maka tidur larut malam pun bukan hal yang membahayakan kok. Bahkan banyak studi yang telah membuktikan manfaat besar dari tidur larut malam. Melansir dari Bustle dan Little Things, berikut beberapa manfaat dahsyat dari begadang.

1. Menjadi lebih pintar

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat Iniunsplash.com/Ali Yahya

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences mengungkapkan bahwa mayoritas anak yang cerdas terbiasa tidur larut malam dan bangun terlambat. Sebenarnya begadang tidak akan membuat seseorang lebih pintar.

Akan tetapi, jika seseorang begadang karena melakukan hal yang bermanfaat sampai larut malam, seperti belajar, membaca, menulis, maka hal ini tentunya membuat orang yang sering begadang menjadi lebih cerdas daripada mereka yang tidak begadang.

2. Meningkatkan kekuatan

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat Iniexpertise.com

Penelitian dari University of Alberta menemukan bahwa sementara kekuatan manusia di pagi hari tetap konsisten sepanjang hari, tetapi orang yang suka begadang justru menunjukkan puncak kekuatannya di malam hari. Hal ini dimungkinkan terjadi karena adanya peningkatan korteks motorik dan rangsangan sumsum tulang belakang di malam hari.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuhmu, Hindari Begadang!

3. Meningkatkan kemampuan untuk bekerja secara kreatif dan mendapatkan ide-ide brilian

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat IniUnsplash.com/Lonely Planet

Disadari atau tidak, banyak orang yang mengaku lebih suka bekerja di malam hari karena di saat-saat tersebut kreativitas dan ide-ide brilian biasanya bermunculan. Hal ini juga didukung dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences, yang menemukan bahwa orang yang suka begadang cenderung lebih dapat menemukan solusi kreatif untuk setiap masalah.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat Iniunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kendati kamu sering begadang, tapi asalkan tiap harinya kamu mendapatkan jam tidur yang cukup, hal ini benar-benar dapat meningkatkan kewaspadaanmu. Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science, didapatkan hasil bahwa peserta yang tidur larut malam memiliki tingkat kewaspadaan yang lebih lama daripada mereka yang tidur lebih awal di malam hari.

5. Tubuh lebih rileks di pagi hari

Tak Selalu Buruk, Begadang Ternyata Memiliki 5 Manfaat Dahsyat Inistylecaster.com

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur larut malam cenderung memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi secara umum. Tapi mereka cenderung memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah di pagi hari, sehingga orang yang tidur larut malam memiliki tingkat stres yang rendah. Demikian menurut penelitian dari University of Westminster.

Nah, demikian tadi beberapa manfaat begadang. Ternyata begadang tidak selalu buruk bukan?

Baca Juga: 7 Tips Agar Tubuh Tetap Fit Meski Begadang Semalaman

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You