Comscore Tracker

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahui

Secang kerap digunakan untuk membuat wedang

Kayu secang kerap dimanfaatkan untuk membuat minuman yang memiliki khasiat menghangatkan badan oleh sebagian besar masyarakat Jawa. Tapi selain diolah menjadi minuman penghangat tubuh, kayu secang ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Ini lantaran di dalam kayu secang terkandung berbagai macam senyawa aktif yang dapat melawan berbagai faktor penyebab penyakit.

Lantas apa saja manfaat kayu secang bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kaya akan antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahuiverywellmind.com

Kayu secang mengandung antioksidan yang dapat bekerja melawan radikal bebas lebih baik daripada kuersetin yang biasa ditemukan pada buah beri.

Selain itu, kayu secang juga bisa dijadikan sumber alternatif pengganti teh. Ini lantaran di dalam teh terkandung zat adiktif yaitu kafein yang dapat membuat konsumennya ketagihan dan juga meningkatkan resiko dehidrasi. Sedangkan kayu secang sendiri merupakan sumber antioksidan bebas kafein. Cocok nih buat kamu yang menghindari kafein.

2. Dapat berfungsi sebagai anti alergi

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahuiconsumerreports.org

Salah satu senyawa dalam kayu secang yaitu kalkon memiliki sifat anti alergi yang sangat kuat. Untuk mendapatkan manfaat anti alergi dari secang, kamu perlu mengonsumsinya secara langsung.

3. Memiliki sifat anti bakteri yang kuat

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahuiwebmd.com

Kayu secang mengandung metanol yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap metisilin yang merupakan penyebab infeksi pada kulit dan sendi serta bersifat racun dalam makanan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengolah secang dengan cara ditambahkan air dan direbus hingga mendidih.

Baca Juga: 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Gak Sekadar Rempah Biasa

4. Menjaga kesehatan jantung

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahuitkdhub.co.uk

Air rebusan kayu secang juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa brazilein, yaitu pigmen merah pada kayu secang memiliki efek positif terhadap kesehatan jantung.

5. Mengandung antikonvulsan alami

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Diketahuialodokter.com

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa senyawa yang terdapat dalam ekstrak kayu secang yaitu metanol, kalkon, dan brazilein menunjukkan aktivitas yang luar biasa sebagai antikonvulsan. Sehingga, kayu secang sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita epilepsi.

6. Mengatasi jerawat

6 Manfaat Ajaib Kayu Secang Bagi Kesehatan yang Tak Banyak DiketahuiAcne.com

Rutin mencuci wajah dengan air kayu secang bisa menjadi pengobatan jerawat yang efektif. Ini lantaran senyawa brazilein pada ekstrak kayu secang memiliki sifat dapat melawan Propionibacterium acnes yang dapat menyebabkan jerawat dan peradangan kelopak mata.

Itu tadi beberapa manfaat secang bagi kesehatan. Hebat bukan?

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kingkilaban untuk Kesehatan, Bisa Atasi Anyang-anyangan

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You