Comscore Tracker

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kaki

Pastikan kamu belajar pijat kaki dengan benar

Pijatan kaki sebelum tidur dapat membantu kita relaks, terutama setelah seharian berdiri dan berjalan. Karena efeknya itu, tak heran kalau banyak orang yang menyukai pijat kaki.

Selain membuat tubuh jadi lebih relaks, ternyata memijat kaki juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya, lho. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, baca terus untuk tahu jawabannya.

1. Menurunkan tekanan darah

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kakiunsplash.com/Marcelo Leal

Tekanan darah tinggi telah menjadi hal yang lumrah pada laki-laki dan perempuan di era sekarang. Padahal, tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama serangan jantung.

Tingginya tekanan darah bisa disebabkan oleh banyak, seperti stres dan pola makan yang tidak sehat. Akan tetapi, dalam kebanyakan kasus, tekanan darah tinggi diyakini sebagai akibat dari faktor lingkungan dan genetik.

Perubahan gaya hidup dan pengobatan diperlukan untuk menurunkan darah tinggi dan mengendalikannya. Salah satunya adalah dengan memijat kaki.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusan National University, Korea Selatan, dan diterbitkan dalam Taehan Kanho Hakhoe Chi (Journal of Korean Academy of Nursing) tahun 2004, memijat kaki secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi.

2. Mengurangi efek samping kemoterapi

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kakiunsplash.com/National Cancer Institute

Manfaat dari memijat kaki ternyata juga dapat dirasakan oleh pasien yang menjalani perawatan kanker.

Dalam sebuah penelitian di jurnal Cancer Nursing tahun 2000 yang dipelopori oleh para ilmuwan dari Michigan State University, Amerika Serikat, ditemukan bahwa pijat kaki membantu pasien kanker merasa lebih lega.

Pasien bukan hanya merasa lebih baik dari rasa sakit dan mual, tetapi juga dari gejala lain yang terkait dengan pengobatan, seperti sesak napas dan tingkat energi yang rendah.

Baca Juga: 8 Manfaat Pijat Payudara untuk Perempuan, Bisa Mendeteksi Kanker!

3. Mengatasi gejala terkait multiple sclerosis

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kakiunsplash.com/Yuris Alhumaydy

Orang yang menderita multiple sclerosis mungkin mengalami beberapa gangguan kesehatan lainnya, seperti penglihatan ganda, kebutaan pada satu mata, kelemahan otot, masalah dengan sensasi, masalah dengan koordinasi, dan kelelahan. Untungnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat berbasis refleksologi kaki mampu meringankan keluhan tersebut.

Misalnya, penelitian dalam Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research tahun 2015 menunjukkan bahwa pijat refleksologi kaki memberikan kelegaan dari kelelahan yang terasa melumpuhkan.

Selain itu, penelitian dalam jurnal Multiple Sclerosis tahun 2003 juga menunjukkan adanya manfaat pijat kaki dalam membantu mengurangi gejala motorik, sensorik, dan kemih pada pasien multiple sclerosis.

4. Bermanfaat bagi ibu hamil

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kakiunsplash.com/Camylla Battani

Pijat kaki bermanfaat bagi ibu hamil dalam hal waktu persalinan dan kebutuhan akan obat penghilang rasa sakit selama persalinan, serta waktu pemulihan pascapersalinan.

Studi dalam jurnal Complementary Therapies in Nursing and Midwifery tahun 2004 telah menunjukkan bahwa pijat kaki membantu tubuh perempuan untuk pulih lebih cepat dan mencapai aktivitas metabolisme normal lebih cepat.

Selain itu, pijat kaki juga bermanfaat untuk meredakan edema, yaitu pembengkakan akibat retensi cairan di kaki dan pergelangan kaki. Kondisi ini bisa dialami ibu hamil umumnya pada trimester akhir. Kondisi ini juga dapat diatasi dengan memijat kaki setiap hari, ditambah dengan banyak istirahat dan didukung pola makan yang benar.

5. Membantu tidur lebih nyenyak

Selain Bikin Relaks, Ini 5 Manfaat Kesehatan dari Memijat Kakiunsplash.com/Vladislav Muslakov

Tiap orang butuh tidur nyenyak agar dapat beraktivitas dengan normal. Umumnya, mandi air hangat banyak dijadikan pilihan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Namun, menurut sebuah studi dalam Journal of Korean Academy of Nursing tahun 2006, manfaat ini akan lebih besar jika digabungkan dengan pijatan kaki.

Pijat kaki yang menenangkan dan bikin relaks akan membantu tubuh melepas lelah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengendurkan saraf, yang kemudian akan membuat tidurmu jadi lebih nyenyak. 

Ada titik akupunktur tertentu di kaki yang perlu dipijat untuk membantu tidur. Dengan menggunakan ibu jari, tekan di dalam dan di sekitar bantalan plantar besar jempol kaki. Lakukan ini setidaknya selama 1 menit di setiap jempol kaki. Selanjutnya, pijat bagian bawah kaki selama 10 menit dengan minyak.

Setelah mengetahui manfaat luar biasa dari pijat kaki, sekarang saatnya untuk mulai memanjakan diri dengan pijat kaki. Agar manfaatnya lebih maksimal, baiknya pelajari dulu tentang bagaimana memijat kaki sendiri dengan benar. 

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Terapi Pijat, Lebih dari Sekadar Relaksasi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya