Comscore Tracker

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan Tinggi

Baik untuk kesehatan fisik maupun mental

Bicara soal olahraga, masih banyak orang yang menganggap olahraga sebagai aktivitas yang dilakukan di luar ruangan, pusat kebugaran, dan mengharuskan tubuh banyak bergerak. Padahal banyak olahraga yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan gerakan-gerakan mudah, dan peralatan yang sederhana pula. Olahraga ini adalah skiping.

Skiping atau lompat tali selama ini dikenal sebagai olahraga yang mampu memaksimalkan tinggi badan. Padahal, skiping juga memberikan berbagai manfaat kesehatan yang lain. Nilai plusnya, skiping bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja karena hanya membutuhkan tali skiping yang bisa dibawa ke mana pun.

Berikut ini adalah berbagai manfaat skiping bagi kesehatan tubuh bila kamu rutin melakukannya. Bisa jadi olahraga di rumah, nih!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan Tinggiunsplash.com/Robina Weermeijer

Skiping adalah salah satu bentuk latihan kardio yang bagus. Aktivitas fisik ini meningkatkan detak jantung, yang memungkinkan otot jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah yang mengandung oksigen dan terdeoksigenasi ke seluruh tubuh, sehingga meningkatkan kesehatan jantung dan menambah tinggi badan.

Sebuah studi dalam European Journal of Applied Physiology yang dilakukan selama
12 minggu dan meneliti efek skiping pada anak-anak, menyatakan bahwa lompat tali dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada populasi yang lebih muda.

2. Membakar lebih banyak kalori

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan Tinggiunsplash.com/Element5 Digital

Skiping adalah cara luar biasa untuk kamu yang ingin bakar kalori dan membuang lemak ekstra. Dalam sebuah penelitian di Journal of Physical Therapy Science, para ilmuwan menemukan bahwa skiping dan menari memiliki efek yang lebih baik dalam memperbaiki indeks massa tubuh dibandingkan dengan olahraga sepeda stasioner.

Sebagai permulaan, kamu bisa memulai sesi skiping singkat selama 2-3 menit setiap hari. Kemudian, tingkatkan durasi dan intensitas saat kamu mulai terbiasa dan mahir.

Baca Juga: Gak Sempat ke Gym? Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Ini, Bisa Bakar Kalori!

3. Mengurangi kemungkinan cedera kaki dan pergelangan kaki

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan Tinggiunsplash.com/Jordan Whitt

Skiping juga sangat bermanfaat bagi mereka yang aktif dalam olahraga lainnya. Mereka yang aktif bermain bola basket, tenis, sepak bola, dan olahraga lainnya sering mengalami cedera kaki dan pergelangan kaki karena berlari dan kemudian berhenti dengan cepat dan berputar. Lompat tali bisa bermanfaat untuk mengurangi intensitas cedera.

Skipping mampu meningkatkan koordinasi kaki serta meningkatkan kekuatan otot-otot di sekitar sendi kaki, sehingga mengurangi kemungkinan cedera pada area tersebut. Menurut Jump Rope Institute, skiping mengajarkan bagaimana individu harus bertumpu pada kaki dengan benar.

4. Dapat meningkatkan kepadatan tulang

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan Tinggiunsplash.com/dylan nolte
Osteoporosis dan tulang lemah adalah penyebab langsung dari kepadatan tulang yang rendah. Nah, melakukan skiping secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, menurut penelitian dalam jurnal PLoS One.
 
Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami bagaimana durasi, frekuensi, dan intensitas skiping dapat memengaruhi kepadatan mineral tulang. Penelitian dalam jurnal Bone menunjukkan bahwa skiping dengan intensitas sedang juga aman untuk penderita osteopenia dan dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang pinggul.

5. Meningkatkan kesehatan mental

5 Manfaat Dahsyat Skiping bagi Kesehatan, Gak Cuma Bikin Badan TinggiUnsplash.com/Paulette wooten

Skiping dengan intensitas sedang dapat berdampak positif pada kondisi kecemasan, depresi, dan suasana hati. Ini karena olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan sirkulasi darah di otak, menurut penelitian dalam jurnal Psychiatria Polska. Pada gilirannya, ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan disonansi kognitif.

Intinya, skiping adalah latihan yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Jika kamu berminat menekuni olahraga ini, pastikan kamu melakukannya dengan perlahan dan pertahankan agar tetap stabil, tetapi progresif.

Baca Juga: 5 Tips Olahraga Skipping, Bermanfaat untuk Turunkan Berat Badan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya