Comscore Tracker

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!

Perhatikan durasi juga

Olahraga dikenal mampu meningkatkan energi. Itu karena olahraga meningkatkan detak jantung dan aliran darah yang membuat kamu terjaga. Namun, kamu juga bisa merasa lelah setelah berolahraga. Ini sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi setelah latihan intensitas tinggi sehingga kamu tidak perlu khawatir

Bagi individu yang memilih untuk berolahraga di sore atau malam hari, mungkin justru merasa ini bermanfaat untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas tidur. Namun, bagaimana dengan mereka yang mengantuk setelah olahraga di pagi hari?

Nah, ternyata kamu juga boleh tidur setelah olahraga di pagi maupun malam hari. Bahkan, tidur setelah berolahraga menawarkan manfaat bagi tubuh. Apa sajakah itu? Baca terus pembahasan ini, ya.

1. Memulihkan otot lebih cepat

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!pexels.com/Pikx by Panther

Sisi positif tidur setelah berolahraga adalah mempercepat pemulihan otot. Setelah latihan intensif, otot mengalami kelelahan dan robek, terutama jika kamu sudah lama tidak berolahraga atau menambahkan gerakan baru ke rutinitas yang sudah ada.

Tidur menghasilkan kelenjar pituitari yang mendorong hormon pertumbuhan yang membantu memulihkan otot. Cara kerjanya membangun jaringan baru pada otot atau memulihkan jaringan yang telah rusak. Pemulihan otot tidak hanya terjadi melalui tidur siang, tapi juga tidur malam yang panjang.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nature and Science of Sleep menemukan bahwa tidur malam dan tidur siang setelah berolahraga menyebabkan normalisasi perubahan pada tubuh setelah berolahraga, yang mempersiapkan tubuh untuk pembentukan otot dan potensi penurunan berat badan.

2. Memenuhi utang tidur

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!pexels.com/Ivan Oboleninov

Utang tidur terjadi ketika kamu tidak cukup tidur. Otak dapat mengingat kualitas tidur. Ketika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, otak jadi ingin mengejar kekurangan tidur selama siklus tidur berikutnya.

Menurut penelitian dalam Biological Research for Nursing, tidur di siang hari merupakan cara yang baik untuk meningkatkan energi dan menutupi utang tidur, khususnya bagi pekerja shift malam.

Orang yang bangun pagi untuk berolahraga atau berolahraga terlalu banyak akan cepat mengalami kelelahan dan utang tidur mereka juga bertambah. Karenanya, tidur setelah olahraga di pagi hari adalah cara yang ideal untuk melunasi utang tidur yang hilang.

Baca Juga: Olahraga Berlebihan Bisa Menyebabkan Tendinitis, Kondisi Apa Ini?

3. Mengurangi kelelahan fisik

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!unsplash.com/Adrian Swancar

Rasa mengantuk setelah berolahraga bisa menjadi tanda kelelahan otot. Namun, tidur setelah berolahraga mendorong pemulihan otot sehingga ini dapat mengurangi kelelahan otot, menurut laman Healthline.

Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih mudah untuk menangani aktivitas lain sepanjang hari apabila tidur setelah berolahraga pagi.

4. Membantu menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!pexels.com/cottonbro

Dilansir laman Terry Cralle, saat berolahraga, detak jantung kita meningkat dan begitu pula tekanan darah. Tidur yang singkat dan seimbang akan membantu mengendalikan tekanan darah dan detak jantung.

Jika kamu ingin tidur setelah olahraga, kamu harus mencoba meminum smoothie dan jus rumahan alih-alih minuman berkafeina tinggi. Sebab, minum kopi bisa membuat kamu lebih sulit tertidur, yang berdampak pada kurangnya tingkat energi.

5. Menurunkan risiko kecelakaan

5 Manfaat Tidur Setelah Olahraga, Langsung Pulihkan Energi!pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu berolahraga di pagi hari, tidur sejenak sebelum bekerja adalah hal yang bijak. Dikutip dari laman Healthline, ini dapat meningkatkan energi mental dan membantu mengurangi rasa lelah.

Ini karena tidur sejenak bersifat restoratif bagi individu yang harus mengemudi atau mengoperasikan alat berat yang dapat menyebabkan kecelakaan. Terlepas dari intensitas latihan, jika kamu merasa kurang tidur, power nap adalah hal yang harus dilakukan agar tubuh dapat berfungsi secara normal sepanjang hari, termasuk mengemudi juga.

Demikianlah beberapa manfaat tidur setelah olahraga. Untuk kamu yang ingin tidur setelah olahraga pagi, batasi waktu tidur selama 20 menit untuk menghindari rasa pusing.

Baca Juga: 5 Gerakan Olahraga Sederhana Bantu Kecilkan Perut, Ingin Coba?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya