Comscore Tracker

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeri

Jangan malas cuci tangan lagi ya

Sejak kecil kita semua sudah diajari untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan. Bukan tanpa alasan, mencuci tangan dapat mencegah kita tertular berbagai macam penyakit. Alasan ini sangatlah logis mengingat banyak kotoran dan kuman bertebaran di sekitar kita.

Dan saat kita menyentuh benda-benda yang penuh dengan kuman tersebut, kuman akan menempel di tangan yang kemudian akan terbawa di mana pun kita berada, dan siap menginfeksi kita kapan pun kita menyentuh wajah, mulut, dan hidung dengan tangan yang kotor tersebut.

Melansir dari The Healthy dan Bustle, berikut beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kebiasaan malas mencuci tangan.

1. Sering terkena diare

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngerihealthxchange.sg

Penyakit yang terkait dengan diare dapat menyerang dengan mudah pada orang yang tidak mencuci tangan. Menurut praktisi kesehatan dari University of Kansas Medical Center, mencuci tangan setelah dari kamar mandi sangatlah penting untuk menjaga kebersihan tangan.

Sebab, bakteri dan virus dari kotoran di kamar mandi dapat menyebabkan berbagai penyakit terkait diare, termasuk salmonella, norovirus, dan E. coli. Menurut Center for Disease Control and Prevention, tindakan mencuci tangan dapat mengurangi jumlah pasien diare sebesar 31 persen.

2. Lebih berisiko mengalami keracunan makanan

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, NgeriUnsplash.com/Alyson McPhee

Saat memasak kita juga wajib memastikan tangan kita bersih, sebab memasak termasuk aktivitas yang dapat menyebabkan kontaminasi penyakit. Karena berbagai jenis bahan masakan, seperti daging mentah, sayuran, atau telur sering kali mengandung bakteri berbahaya yang bisa berpindah ke tangan.

Jika tangan yang terkena kontaminasi bakteri ini tidak segera dicuci bersih, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami keracunan makanan atau menjadi sakit karena terinfeksi.

3. Menularkan penyakit pada individu dengan daya tahan tubuh lemah

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeriyoungminds.org.uk

Risiko tidak mencuci tangan lainnya adalah bahwa kamu bisa terkena infeksi yang berpotensi berbahaya dan juga dapat menginfeksi orang lain, terutama bayi muda, orang tua, dan mereka yang memiliki sistem imunitas rendah serta rentan terhadap infeksi.

Dengan kata lain, dengan tidak mencuci tangan setelah pergi ke kamar mandi, atau menyentuh makanan dan benda-benda yang berpotensi terkontaminasi bakteri berbahaya, kamu dapat membuat komplikasi besar bagi orang-orang di sekitarmu yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

Baca Juga: 7 Fakta Medis Pentingnya Mencuci Tangan, Menghindarkan dari Penyakit!

4. Kamu akan sering terkena flu

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeriunitypoint.org

Menurut Center for Disease Control and Prevention, sekitar 80 persen penyakit menular seperti flu menyebar melalui sentuhan. Dan faktanya, virus flu ini dapat ditularkan melalui tindakan sederhana, seperti memegang benda-benda yang sudah terkontaminasi kemudian menyentuh hidung, dan kamu pun sudah langsung terinfeksi.

Karenanya, sangat penting untuk senantiasa mencuci tangan setelah keluar dari toilet, memegang benda-benda, dan hendak makan. Sebab, hal ini tidak hanya akan mencegah dirimu sendiri tertular penyakit, tapi juga agar virus tidak menyebar ke orang lain.

5. Tertular virus Hepatitis A

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngeribustle.com

Tidak mencuci tangan juga dapat menyebabkan kamu tertular virus hepatitis A. Ini adalah virus hati kronis yang dapat menyebar ketika seseorang tidak mencuci tangan sebelum membuat makanan dan minuman, kemudian makanan dan minuman yang telah terkontaminasi ini dikonsumsi.

Untuk itu, kamu wajib mencuci tangan setiap habis menyentuh barang-barang, khususnya yang berpotensi menyimpan banyak bakteri, seperti fasilitas umum. Kemudian kamu juga wajib mencuci tangan sebelum memasak dan sebelum makan.

6. Mengakibatkan resistensi antibiotik

6 Masalah Kesehatan yang Terjadi Akibat Malas Mencuci Tangan, Ngerird.com

Menurut Center for Disease Control and Prevention, mengurangi jumlah penyebaran infeksi dapat membantu mencegah penggunaan antibiotik secara berlebihan, yang merupakan faktor utama penyebab resistensi antibiotik di seluruh dunia. Sebab, antibiotik sering kali digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi infeksi bakteri.

Jadi, semakin sedikit infeksi yang disebarkan, semakin sedikit pula antibiotik yang diperlukan. Yang mana cara sederhana dan paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan senantiasa memastikan tangan dalam keadaan bersih.

Gimana? Ngeri kan dampaknya kalau kamu sampai malas mencuci tangan. Untuk itu, yuk pastikan tanganmu selalu dalam keadaan bersih, minimal dengan cuci tangan setelah keluar dari kamar mandi, hendak memasak, sebelum makan, setelah memegang benda-benda publik, dan hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Risikonya, Cepat Cuci Tangan Usai Pegang 9 Benda Ini

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya