Comscore Tracker

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besar

Segera tinggalkan kebiasaan ini!

Terkadang ada beberapa hal yang membuat seseorang memilih menahan buang air besar (BAB). Seperti saat sedang bekerja, ujian, malu, tidak menemukan kamar mandi, atau kamar mandi kotor, yang membuat orang-orang memilih untuk menunda buang air besar. Padahal menunda buang air besar merupakan hal yang tidak baik dan berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari masalah ringan hingga berat.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini disajikan sejumlah masalah kesehatan yang akan kamu alami apabila menahan BAB, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang.

1. Menyebabkan tinja mengeras dan menyumbat usus

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besarverywellhealth.com

Dikutip dari Everyday Health, menahan buang air besar atau BAB dapat menyebabkan tinja menjadi keras. Nah, apabila hal ini dilakukan dalam kurun waktu cukup lama atau terus menerus, maka akan menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut fecal impaction, yaitu suatu kondisi di mana tinja menjadi sangat kering dan sangat sulit bahkan mustahil untuk dikeluarkan. Sehingga diperlukan obat-obatan atau bahkan operasi untuk menghilangkan sumbatan tinja yang sudah keras ini.

2. Memicu wasir

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besarall4women.co.za

Dampak negatif yang bisa langsung dirasakan akibat menahan BAB adalah sembelit. Nah, kondisi sembelit ini sangat berpotensi untuk berkembang menjadi wasir. Wasir sendiri seringkali menyebabkan penderitanya merasakan kesakitan dan gatal. Demikian seperti dilansir dari Prevention.

Baca Juga: 9 Kebiasaan 'Normal' yang Ternyata Jadi Penyebab Bau Badan Tak Sedap

3. Menahan BAB sama artinya dengan menampung limbah dan penyakit di dalam tubuh

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besarnova100.com.au

Penting untuk diingat bahwa feses atau tinja terdiri dari limbah yang ingin dibuang oleh tubuh dalam bentuk feses. Menahan buang air besar sama artinya dengan menumpuk segala macam limbah di dalam tubuh. Maka dari itu, kamu wajib membuang produk limbah ini secepatnya, bukan justru ditahan dan dibiarkan menjadi tumpukan sampah.

4. Memicu masalah buang air besar

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besarorganicfacts.net

Menunda buang air besar dapat menyebabkan masalah buang air besar bermasalah baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Salah satunya adalah kemampuan usus besar dalam mengosongkan organ pencernaan dari sisa pencernaan lebih lambat dari biasanya. Jadi, masih mau menahan BAB?

5. Menimbulkan rasa tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi

5 Masalah Kesehatan Serius Akibat Suka Menunda Buang Air Besarscoopnest.com

Menunda buang air besar juga dapat mengganggu kenyamanan usus secara keseluruhan. Kram perut, tekanan, dan kembung adalah semua efek potensial dari menahan kotoran, menurut Women's Health. Kondisi ini selain sangat mengganggu dan tidak nyaman juga dapat menurunkan konsentrasi dan kinerja.

Gimana? Masih mau menahan dan menunda buang air besar?

Baca Juga: Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadai

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You