Comscore Tracker

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Bra

Cukup dilepas saat tidur saja, ya

Saat hendak tidur, kebanyakan perempuan akan melepas bra. Manfaatnya sudah banyak diketahui, mulai dari meningkatkan kenyamanan hingga pernapasan yang lebih baik. Akan tetapi, ada juga perempuan yang lebih suka untuk tidak mengenakan bra dalam waktu lama, bahkan sepanjang hari, dengan berbagai alasan. Adakah dampak buruknya?

Bra merupakan benda penting dalam kehidupan perempuan untuk dipakai sehari-hari. Fungsi pakaian dalam yang satu ini adalah untuk menopang payudara. Meski terasa lebih nyaman, tetapi nyatanya malas pakai bra memiliki efek negatif bagi tubuh. Apa sajakah itu? Simak baik-baik pembahasan berikut sampai selesai.

1. Nyeri punggung dan postur yang buruk

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Braunsplash.com/Dainis Graveris

Tidak memakai bra selama berhari-hari mungkin dapat menyebabkan sakit punggung yang parah. Postur tubuh pun bisa memburuk seiring berjalannya waktu. Hal ini sebenarnya lebih menjadi masalah bagi perempuan dengan payudara besar.

Melansir Shape, untuk perempuan berpayudara besar, memakai bra bisa membantu meredakan sakit punggung sekaligus postur tubuh. Payudara yang besar dan berat dapat memberi tekanan berlebih pada otot-otot di bawah payudara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu.

Dukungan yang diberikan bra dapat mengurangi sebagian besar berat payudara dari dada, punggung, dan bahu, yang secara signifikan akan meminimalkan ketegangan tersebut.

2. Berisiko menyebabkan payudara turun

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Brapexels.com/Castorly Stock

Melansir Woman & Home, payudara yang tidak disangga lebih rentan kendur. Bahkan, tidak mengenakan bra dapat menyebabkan ketegangan pada tenggorokan dan jaringan wajah.

Lebih buruk lagi, bukan hanya membuat payudara kendur, tetapi juga bahu yang membulat. Sebab, bra berfungsi memberi dukungan untuk membantu otot-otot di sekitar tubuh, menciptakan postur yang baik, dan sirkulasi darah yang lebih baik.

Melansir Shape, Andrea Madrigrano, ahli bedah dan associate professor bedah di Rush University Medical Center, Amerika Serikat, mengatakan bahwa payudara kendur lebih mungkin terjadi berdasarkan kepadatan payudara.

Perempuan yang memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan fibrosa lebih cenderung mengalami payudara yang turun jika tidak memakai bra. Untuk perempuan yang berpayudara kecil, hal ini tidak terlalu berpengaruh.

Baca Juga: Kenapa Makin Banyak Perempuan yang Mengecilkan Payudaranya?

3. Terganggunya aktivitas sehari-hari

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Braunsplash.com/Matthew LeJune

Jika kamu melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga, penting untuk mendapatkan penyangga. Bila tidak, ini berisiko merusak struktur internal payudara.

Kalau kamu tidak memakai bra saat berolahraga, punggung, otot leher, dan otot trapezius (otot yang menyusun struktur punggung manusia) juga harus bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan berat badan, melansir Elle.

Pastikan bahwa kita memberikan tubuh sebanyak mungkin dukungan saat beraktivitas maupun sedang bersantai. Dukungan payudara penuh akan memberi kenyamanan dan mencegah (sekaligus meredakan) nyeri punggung.

Penting untuk diingat, bahwa ketika berjalan, payudara bergerak 3-4 cm dan lebih dari itu saat berolahraga. Karenanya, bra menjadi bagian penting dalam aktivitas harian perempuan.

4. Pengaruhnya terhadap mental

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Braunsplash.com/Romina Farías

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology membahas konsep yang dikenal sebagai "enclothed cognition". Dikatakan bahwa apa yang kamu kenakan benar-benar dapat memengaruhi kinerja dan perhatian.

Gagasan bahwa pakaian dapat memengaruhi motivasi dan kinerja mungkin dapat kita terima, terutama dalam hal berolahraga. Memakai pakaian olahraga akan membuat kita benar-benar dalam mood olahraga, karena pakaian yang dipakai membuat otak siap untuk beraktivitas fisik.

Karenanya, melansir Shape, bagi para perempuan yang merasa kurang produktif atau kurang fokus selama bekerja di rumah, disarankan untuk memakai pakaian kerja lengkap, termasuk bra.

5. Tidak semua perempuan merasa nyaman jika tidak menggunakan bra

Untuk Perempuan, Ini 5 Masalah yang Bisa Timbul akibat Tidak Pakai Braunsplash.com/Fahad Waseem

Apabila kamu merasa tidak nyaman saat mengenakan bra, kemungkinan besar masalahnya adalah dari bra itu sendiri. Mungkin ukurannya tidak tepat atau kualitasnya tidak cukup baik untuk menopang bra dengan benar dan nyaman.

Melansir Elle, banyak perempuan yang mengaku merasa nyaman untuk tidur dengan bra non kawat karena memberikan penyangga. Artinya, perihal kenyamanan saat menggunakan bra, itu kembali lagi ke preferensi pribadi.

Bahkan, dalam beberapa kasus, bernapas juga bisa terasa lebih mudah karena bra yang dipasang dengan benar akan mengangkat payudara dari tulang rusuk. Selain itu, ada juga efek nyata bahwa bra yang pas dan berkualitas mampu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.

Akhir kata, nyaman atau tidaknya pakai bra atau tidak kembali lagi ke preferensi masing-masing perempuan. Akan tetapi, sebaiknya bra tetap dipakai saat melakukan aktivitas sehari-hari karena berbagai manfaat dan potensi efek buruk yang disebutkan di atas tadi.

Baca Juga: Apa yang Terjadi jika Kamu Berhenti Pakai Bra? Ini Plus Minusnya!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya