Comscore Tracker

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriput

Cegah selagi bisa

Orang-orang biasanya menghubungkan keriput dengan bertambahnya usia. Ini bisa jadi benar karena seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan elastisitas yang menimbulkan kerutan dan garis-garis halus.

Tetapi, munculnya keriput dan garis-garis halus tidak selalu disebabkan oleh faktor usia. Ada banyak faktor lain yang dapat memengaruhi penampilan fisik, termasuk menyebabkan munculnya keriput.

Dilansir dari laman Eat This Not That dan Mayo Clinic, inilah beberapa hal yang menyebabkan munculnya keriput.

1. Paparan sinar ultraviolet

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriputpexels.com/Maggie Zhan

Paparan radiasi ultraviolet dapat mempercepat proses penuaan dengan menyebabkan timbulnya kerutan dini. Sinar UV dapat merusak jaringan ikat kulit, yaitu serat kolagen dan elastin, yang terletak di lapisan kulit yang lebih dalam.

Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit akan kehilangan kekuatan dan kelenturannya. Kulit kemudian menjadi kendur dan muncul keriput.

2. Polusi lingkungan

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriputpexels.com/Pixabay

Lingkungan tempat tinggal dapat berdampak besar pada munculnya kerutan dalam dan garis-garis halus. Polusi adalah faktor lingkungan lain yang berkontribusi terhadap kerusakan kulit.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa perempuan yang tinggal di perkotaan memiliki lebih banyak keriput dan bintik-bintik penuaan dibandingkan mereka yang tinggal di daerah pedesaan selama periode 24 tahun. Jadi, jika kamu tinggal di kota padat penduduk, pastikan untuk mencuci muka di malam hari sebelum tidur untuk menghilangkan sisa partikel polusi di wajah.

Baca Juga: 5 Perubahan pada Kulit akibat Kurang Tidur, Bikin Keriput?

3. Ekspresi wajah berulang

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriputunsplash.com/Tyler Nix

Gerakan dan ekspresi wajah, seperti menyipitkan mata atau tersenyum, dapat membentuk garis-garis halus dan kerutan. Setiap kali kamu menggunakan otot wajah, alur terbentuk di bawah permukaan kulit. Dan seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kelenturannya dan tidak lagi bisa kembali ke bentuknya semula. Lekukan ini kemudian menjadi fitur permanen di wajah yang berbentuk keriput dan garis-garis halus.

4. Kulit kering

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriputfreepik.com/gpointstudio

Kulit kering bukan hanya tidak nyaman, tapi juga bisa membuat kamu tampak lebih tua beberapa tahun. Sebab, kulit yang sangat kering lebih rentan terhadap keriput. Lingkungan yang kering juga dapat mengakibatkan kulit kehilangan sebagian struktur dan menjadi keriput.

Untuk itu, pastikan kamu melembapkan kulit di siang dan malam hari, terutama di wajah. Menggunakan krim mata yang menutrisi kulit juga merupakan ide yang baik karena kulit di bawah mata lebih tipis dan lebih rentan terhadap garis-garis halus.

5. Stres

Bukan Hanya Usia, Ini 5 Hal yang Menyebabkan Munculnya Keriputpexels.com/Andrea Piacquadio

Jadwal kerja yang sibuk atau masalah pribadi bukan hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga memengaruhi secara fisik juga. Stres dapat membuat produksi kortisol meningkat yang kemudian merusak kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan. 

Selain itu, stres juga memicu peningkatan gula darah yang merusak kolagen dan serat elastin di kulit. Ini adalah struktur pendukung penting yang mencegah kulit menjadi kendur dan mengembangkan keriput. Jadi, cobalah mencari cara untuk menghilangkan stres, entah itu berjalan-jalan, berkumpul dengan teman, atau menemui terapis.

Dengan mengetahui semua penyebab keriput, kamu bisa menjauhi semua faktor tersebut untuk meminimalkan terbentuknya keriput di kemudian hari.

Baca Juga: Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya