Comscore Tracker

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBC

Pastikan dikonsumsi setiap hari oleh penderita

Tuberculosis atau sering disingkat TBC merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya bakteri ini menyerang organ pernapasan seperti paru-paru, tetapi efeknya terasa hingga ke seluruh tubuh. Penyakit TBC ditularkan melalui bersin, dahak, dan liur yang mengandung bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat tetap hidup selama berjam-jam di tempat yang lembap dan tidak terkena sinar matahari seperti toilet, gudang, dan di dalam bangunan. Oleh karena itu, penyakit ini sangat mudah menular.

Tuberculosis atau TBC termasuk dalam kategori penyakit kronis, oleh karenanya pasien TBC perlu mendapatkan perawatan intensif dari dokter dan biasanya harus mengonsumsi obat-obatan setiap harinya dalam jangka waktu tertentu. Walaupun telah mendapatkan pengobatan dari dokter, ada baiknya untuk mempercepat penyembuhan pasien TBC juga banyak mengonsumsi bahan makanan yang terbukti dapat meringankan gejala TBC. Lantas apa sajakah bahan makanan alami yang efektif dalam mengurangi gejala TBC? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pisang

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBCunsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron

Tingginya kandungan vitamin dan senyawa organik dalam pisang membuat buah ini mampu mengurangi beberapa gejala TBC seperti batuk, peradangan, demam, dan produksi lendir. Penderita TBC disarankan untuk mengonsumsi pisang setiap harinya, karena selain dapat mengurangi gejala TBC, buah ini juga mudah ditemukan di mana saja, dan harganya relatif terjangkau.

2. Jeruk

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBCidietitianpro.com

Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk membuat buah ini menjadi salah satu obat alami untuk mengatasi TBC. Jeruk bermanfaat untuk mengurangi sumbatan dan melancarkan saluran pernapasan sertaparu-paru, mengencerkan dan mengurangi dahak, mengatasi batuk, serta mengurangi darah saat batuk. Kandungan antioksidannya juga ampuh dalam membunuh bakteri penyebab infeksi.

Baca Juga: 8 Bahan Alami untuk Obati Kudis, Infeksi Kulit Bisa Teratasi

3. Teh hijau

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBChealthline.com

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang tinggi dan ampuh dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegahnya menyebar ke bagian tubuh yang lain, hal ini tentunya dapat membantu mengurangi masa pengobatan TBC. Konsumsi teh hijau yang disarankan bagi penderita TBC adalah satu atau dua cangkir setiap harinya.

4. Bawang putih

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBCparenting.firstcry.com

Bawang putih mengandung sulfur, antibiotik, polifenol, dan senyawa aktif lainnya yang dapat melemahkan bakteri penyebab TBC. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu cukup meminum air rendaman bawang putih atau menambahkannya pada makanan. Selain mengatasi bakteri penyebab TBC, bawang putih juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Ditambah, pada orang sehat konsumsi bawang putih bisa mencegah penularan TBC.

5. Nanas

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBCunsplash.com/brooke lark

Nanas mampu memecah lendir di saluran pernapasan dan menghilangkan sumbatan di paru-paru dan rongga hidung. Hal ini memungkinkan sistem imun masuk dan melawan bakteri jahat yang ada di saluran pernapasan.

6. Mint

Mudah Didapat, 6 Bahan Alami Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan TBCrezennia.sg

Selain memberikan sensasi dingin pada minuman dan menyegarkan napas. Daun mint juga mampu memecah lendir yang berlebihan di saluran pernapasan dan memungkinkan pasien dapat bernapas dengan lebih lega. Selain itu, daun mint juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko terjadinya infeksi di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pasien TBC disarankan untuk mengonsumsi teh daun mint setiap hari.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You