Comscore Tracker

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat Jengkol

Bau mulut bukan halangan untuk makan jengkol 

Bau mulut merupakan risiko yang mau tidak mau harus diterima oleh siapapun penikmat jengkol. Hal ini terjadi lantaran jengkol mengandung sulfur, yaitu senyawa yang menyebabkan bau tak sedap. Ditambah, adanya bakteri dalam mulut yang bertanggung jawab memecah partikel sisa makanan dan sel-sel mati dalam mulut menjadi sulfur yang memicu bau tak sedap makin luar biasa.

Tapi buat kamu penggila jengkol, kamu tidak perlu menjadikan bau mulut sebagai alasan untuk berhenti menikmati makanan favoritmu. Sebab, ada sejumlah makanan yang ampuh dalam menetralisir bau mulut setelah kamu mengonsumsi jengkol.

Lantas apa sajakah makanan itu? Berikut ulasannya.

1. Yogurt

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat JengkolUnsplash.com/Sara Cervera

Yogurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang mampu menetralisir kandungan belerang, yaitu senyawa pada jengkol yang juga ditemukan pada kentut. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan kamu memilih yogurt tawar ya.

2. Buah dan sayur yang renyah

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat Jengkolunsplash.com/Brenda Godinez

Buah-buahan dan sayuran yang renyah seperti seledri, mentimun, pir, dan apel memberikan manfaat ganda pada mulut. Sebab, makanan ini tidak hanya memicu produksi air liur yang membantu membersihkan bakteri penghasil bau, tetapi juga bertindak seperti pembersih yang membersihkan sisa-sisa jengkol yang masih tersisa di sela-sela gigi.

3. Buah-buahan yang tinggi vitamin C

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat JengkolUnsplash.com/Alexander Mils

Vitamin C dalam buah-buahan secara alami akan mengusir bakteri penyebab bau mulut dan secara instan membuat mulut menjadi segar.

Baca Juga: Jengkol Mania, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Minang yang Berbahan Jengkol

‌4. Permen karet xylitol

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat JengkolUnsplash.com/Fardad armoodian

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa jengkol yang bersama bakteri dapat memicu bau mulut. Selain itu, pilih permen karet yang mengandung xylitol sebagai pengganti gula yang secara alami menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

5. Teh hijau

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat Jengkolhealthline.com

Selain terkenal akan manfaatnya yang luar biasa, teh hijau mengandung antioksidan alami yang disebut catechin. Catechin dalam teh hijau ini dapat membantu melawan bakteri di mulut yang merupakan penyebab utama bau mulut.

6. Kopi

Mudah Didapat, 6 Makanan Ini Ampuh Atasi Bau Mulut Akibat Jengkolhealthline.com

Serbuk kopi selama ini dikenal mampu menetralisir bau-bauan yang tidak sedap. Nah, untuk mengatasi bau mulut akibat mengonsumsi jengkol, kamu bisa meminum kopi tanpa gula ataupun mengonsumsi kopi langsung dalam bentuk serbuk.

Nah, mulai sekarang jangan lupa segera konsumsi makanan di atas setiap kali kamu mengonsumsi jengkol ya.

Baca Juga: 11 Penyakit dan Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Menyebabkan Kamu Bau Mulut

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You