Comscore Tracker

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukan

Yuk rutinkan

Ngomong-ngomong soal olahraga, kebanyakan orang melakukan olahraga dengan tujuan demi menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Padahal ada manfaat yang jauh lebih penting, yaitu menjaga kesehatan jantung.

Jagalah otot yang paling penting dalam tubuh, jadi sangatlah penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan jantung, dan salah satunya adalah dengan olahraga. Melansir dari Healthline dan Everyday Health , berikut adalah beberapa olahraga terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

1. Jalan kaki

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukaninsights.ibx.com

Menurut The Healthy, jalan kaki adalah olahraga terbaik untuk jantung. Selain itu, berjalan kaki adalah aktivitas fisik yang menyenangkan, aman, murah, dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan orang yang sibuk sekalipun. Sebab, berjalan kaki tidak memerlukan waktu khusus.

Kamu bisa mulai berjalan kaki dari rumah ke warung dekat rumah misalnya, atau ke kantor, atau jalan-jalan di sekeliling rumah sore hari sepulang bekerja, ini sudah bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Latihan aerobik sendiri adalah aktivitas fisik yang menggunakan otot-otot besar secara terus menerus dan ritmis, dan berjalan adalah salah satu contoh latihan aerobik yang bagus.

2. Berenang

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukanchron.com

Berenang adalah salah satu latihan aerobik terbaik dan olahraga paling populer ketiga di Amerika Serikat, menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention. Berenang dua setengah jam per minggu akan memberi segudang manfaat bagi kesehatan jantung.

Keuntungan lain dari berenang adalah olahraga yang satu ini dapat membantu mengurangi stres pada tulang dan persendian. Sehingga, olahraga ini sangat cocok untuk kamu yang mulai kelebihan berat badan dan mengalami masalah pada sendi seperti radang sendi.

3. Aerobik air

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukanfreshlinecool.com

Seperti halnya berenang, aerobik air menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung mirip seperti manfaat yang diberikan senam aerobik, tanpa menyebabkan banyak tekanan pada persendian. Jika kamu memiliki kondisi seperti radang sendi, sakit lutut, atau kelebihan berat badan, aerobik air bisa jadi latihan yang sempurna untuk kamu.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, olahraga air terbukti meningkatkan aktivitas sendi pada orang dengan artritis tanpa membuat kondisi sendi memburuk.

Baca Juga: 5 Olahraga Paling Cocok untuk Orang dengan Obesitas, Praktikkan Segera

4. Latihan kekuatan

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukanwellandgood.com

Latihan kekuatan atau ketahanan adalah salah satu bentuk olahraga yang bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ketika dikombinasikan dengan aerobik, latihan kekuatan akan membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Ini juga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Centers for Disease Control and Prevention dan American Heart Association menyarankan tiap individu untuk melakukan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu pada hari yang tidak berturut-turut. Idealnya, sesi latihan kekuatan ini harus melatih semua kelompok otot utama, yaitu lengan, kaki, pinggul, dada, bahu, perut, dan punggung.

5. Bersepeda

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukancccprd.org

Gerakan memompa otot-otot besar di kaki adalah latihan aerobik yang bagus untuk jantung. Baik sepeda konvensional atau sepeda stasioner sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan jantung. Hanya saja, sepeda stasioner memungkinkan kamu tetap dapat berolahraga kendati di luar cuacanya sedang tidak mendukung, seperti terlalu terik atau hujan.

Posisi kursi dan pedal memegang peranan penting untuk mencegah cedera saat bersepeda, jadi pastikan posisi kursi terasa nyaman dan sesuai dengan tubuhmu.

6. Tai chi

6 Olahraga yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Mudah Dilakukanamp.cnn.com

Menurut survei dari National Institutes of Health, 2,3 juta orang dewasa di Amerika menggunakan tai chi sebagai latihan aerobik berdampak rendah untuk menjaga kesehatan tubuh. Tai chi adalah bentuk latihan fisik asal Tiongkok kuno yang didasarkan pada seni bela diri.

Tai chi menggunakan gerakan tubuh berirama lambat yang dikombinasikan dengan pernapasan dalam dan konsentrasi, oleh karena itu, tai chi juga kerap disebut sebagai "meditasi bergerak". Rutin melakukan tai chi ini sangat bagus untuk pikiran dan tubuh, termasuk kesehatan jantung.

Demikian tadi beberapa olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Adakah satu atau beberapa olahraga di atas yang sering kamu lakukan?

Baca Juga: Keluar Banyak Keringat Bukan Tanda Olahraga Kamu Efektif, Jangan Salah

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya