Comscore Tracker

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadai

Jangan lupa segera periksakan ke dokter untuk pengobatan

Pada persendian pinggul terdapat bantalan tulang rawan yang membantu mencegah gesekan saat tulang pinggul bergerak. Akan tetapi, kemampuan ini dapat menurun dari waktu ke waktu, baik karena usia, kecelakaan, maupun kondisi kesehatan. Untuk mengetahui penyebab pasti sakit di bagian pinggul, pasien tetap harus menghubungi dokter guna mengetahui diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Akan tetapi, secara umum ada beberapa kondisi yang menyebabkan pinggul menjadi sakit, berikut beberapa di antaranya.

1. Artritis

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadaiverywellhealth.com

Osteoartritis dan rheumatoid arthritis adalah penyebab paling umum dari nyeri pinggul, terutama pada orang dengan usia lanjut. Artritis menyebabkan radang sendi panggul dan kerusakan tulang rawan yang menjadi bantalan tulang pinggul. Semakin lama artritis akan menyebabkan rasa sakit yang semakin parah. Penderita artritis juga biasanya merasakan kekakuan dan ruang gerak pinggul jadi makin terbatas.

2. Bursitis

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadaishine365.marshfieldclinic.org

Bursae adalah kantong-kantong cairan yang ditemukan di antara sejumlah jaringan pada tubuh, seperti tulang, otot, dan tendon. Bursae memiliki fungsi mengurangi gesekan pada jaringan-jaringan tersebut. Ketika bursae mengalami peradangan, maka hal ini dapat menyebabkan rasa sakit. Peradangan bursae biasanya ditimbulkan karena aktivitas berulang yang melibatkan sendi panggul atau mengiritasi sendi panggul.

Baca Juga: 6 Obat Alami Ini Ampuh untuk Meredakan Sakit Kepala

3. Tendinitis

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadairock-cafe.info

Tendon adalah pita tebal pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan otot. Tendinitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada tendon. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stres karena terlalu sering digunakan. Peradangan pada tendon ini dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat otot sulit digerakkan.

4. Robekan labral pinggul

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadaiverywellhealth.com

Robekan labral pinggul adalah kondisi di mana cincin tulang rawan atau labrum yang melingkari tepi luar soket sendi pinggul mengalami robek. Bersamaan dengan bantalan sendi pinggul, labrum bertindak seperti penyangga tulang paha atas dengan pinggul. Atlet memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi ini.

5. Osteonekrosis

Jangan Diabaikan, 5 Penyebab Sakit Pinggul yang Perlu Kamu Waspadaihealth.harvard.edu

Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke tulang pinggul melambat dan jaringan tulang mati. Kondisi ini sebenarnya dapat memengaruhi tulang lain, akan tetapi nekrosis avaskular paling sering terjadi di pinggul. Hal ini dapat disebabkan karena patah tulang pinggul atau dislokasi, atau karena penggunaan jangka panjang steroid dosis tinggi.

Gimana? Sudah tahu kan beberapa penyebab pinggul sering sakit?

Baca Juga: Ini 7 Macam Warna Dahak, Lendir Penanda Sakit yang Sedang Kamu Derita

Eka Photo Community Writer Eka

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You