Comscore Tracker

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!

Nyaman di mulut dan cepat pulihkan gusi

Operasi pencabutan gigi adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan gigi dalam jangka panjang. Hanya saja, pasien mungkin akan mengalami ketidaknyamanan setelah prosedur, sehingga aktivitas mengunyah dan makan menjadi lebih menantang.

Kabar baiknya, makanan tertentu dapat membantu meringankan rasa tidak nyaman dan meningkatkan pemulihan. Berikut beberapa makanan yang baik dimakan setelah prosedur pencabutan gigi.

1. Kaldu

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!pexels.com/jenvit keiwalinsarid

Kaldu adalah sumber makanan yang sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi setelah cabut gigi. Selain itu, konsumsi kaldu adalah cara yang bagus untuk tetap terhidrasi jika kamu kesulitan minum cukup air. Tapi, pastikan untuk mengonsumsi kaldu dengan temperatur suam-suam kuku atau dingin untuk menghindari iritasi pada luka.

Kaldu tulang adalah jenis kaldu yang dibuat dengan merebus tulang hewan dan jaringan ikat, serta memiliki manfaat kesehatan. Studi tentang komponen kaldu tulang yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care menunjukkan bahwa kaldu tulang mungkin memiliki manfaat anti-inflamasi.

2. Yoghurt

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!unsplash.com/Micheile Henderson

Yoghurt adalah makanan berprotein tinggi yang sehat yang cocok dinikmati setelah menjalani prosedur cabut gigi. Teksturnya yang halus dan lembut dapat menenangkan mulut serta membantu membuat mulut mati rasa. Selain itu, makanan berprotein tinggi dapat membantu proses pemulihan.

Yoghurt juga tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, seperti seng. Penelitian dalam jurnal Wound Repair and Regeneration menunjukkan bahwa asupan seng yang cukup dapat meningkatkan penyembuhan luka. Hanya saja, jika kadar seng dalam tubuh sudah cukup, mengonsumsi seng tambahan mungkin tidak memberikan manfaat tambahan.

Baca Juga: Jangan Buru-buru! Perhatikan Dulu 5 Hal Ini sebelum Cabut Gigi

3. Salmon

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!pexels.com/Valeria Boltneva

Salmon adalah salah satu ikan tersehat yang baik untuk dikonsumsi. Salmon juga cocok dimakan setelah operasi gigi karena teksturnya yang lembut dan mudah dikunyah.

Menurut SELF Nutrition Data, salmon adalah sumber protein yang kaya dan lemak sehat seperti asam lemak omega-3. Lemak ini dapat membantu penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan, terutama jika kamu memiliki kadar asam lemak omega-3 yang rendah.

4. Alpukat

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!pixabay.com/stevepb

Alpukat adalah buah yang unik, karena tidak seperti buah lain yang tinggi karbohidrat, alpukat justru rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak sehat. Tekstur alpukat yang lembut juga membuatnya enak untuk dimakan saat kamu baru saja kehilangan gigi.

Menariknya, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa alpukat dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Walaupun penelitian ini tidak menunjukkan apakah alpukat mempercepat penyembuhan luka pada manusia, tapi temuan ini cukup menarik. Penelitian ini dilaporkan dalam  Journal of Wound Care.

5. Kentang tumbuk

5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Cabut Gigi, Bantu Pemulihan!pixabay.com/422737

Kentang adalah umbi serbaguna yang dapat dibuat berbagai macam olahan. Secara khusus, kentang tumbuk bisa menjadi makanan yang menenangkan setelah gigi dicabut. Menurut SELF Nutrition Data, tingginya kalori dan nutrisi pada kentang membuat makanan ini baik untuk pemulihan.

Individu yang baru saja menjalani operasi memiliki kebutuhan energi yang sedikit lebih tinggi. Kentang tumbuk memungkinkan individu mengonsumsi banyak nutrisi dan energi hanya dalam beberapa gigitan, yang sangat bagus jika kamu kesulitan makan cukup makanan.

Semua makanan di atas memiliki tekstur yang menenangkan dan kemampuan untuk mempercepat penyembuhan luka, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi pasca operasi pencabutan gigi. Gak kalah penting untuk diingat, hindari memakan makanan di atas pada suhu tinggi karena dapat mengiritasi mulut dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Bikin Ngilu, Jangan Makan 10 Makanan Ini saat Sakit Gigi!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya