Comscore Tracker

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunya

Harus lebih memperhatikan gaya hidup

Ketika bicara soal penuaan, biasanya orang-orang mengaitkannya dengan kerutan dan hilangnya elastisitas kulit. Karenanya, kebanyakan orang cenderung lebih fokus untuk mencegah dan mengatasi masalah kulit ini.

Namun, tanda penuaan tidak hanya terjadi pada kulit, tapi juga dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain. Sama seperti penuaan pada kulit wajah, kita juga tidak boleh mengabaikan tanda-tanda penuaan pada tubuh. Bahkan adanya tanda penuaan ini merupakan sinyal bahwa kita harus lebih memperhatikan kesehatan.

Berikut ini beberapa tanda jika kamu mengalami penuaan sebelum waktunya.

1. Memburuknya penglihatan

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunyaunsplash.com/Amanda Dalbjörn

Menurut laman Physiopedia, diketahui bahwa penglihatan individu memburuk seiring bertambahnya usia. Orang yang berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami presbiopia, yaitu hilangnya kemampuan untuk fokus dengan jelas pada objek yang dekat. Kondisi ini juga yang menyebabkan sebagian orang harus memakai kacamata saat membaca.

Untuk memeriksa penglihatan tidaklah sulit, cukup taruh buku di depan mata dan ukur jarak minimal dari mana kamu dapat melihat semua kata dengan jelas. Pada orang berusia 20 tahun, jarak bacanya harus sekitar 4 inci dan pada orang yang berusia 40 tahun, jaraknya hampir 10 inci.

2. Hilangnya keseimbangan

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunyaunsplash.com/Kaylee Garrett

Hilangnya sebagian keseimbangan fisik juga merupakan tanda terjadinya proses penuaan, dikutip dari situs Diagnose Me. Misalnya, pada usia 80 tahun, rata-rata orang hampir kehilangan kemampuan untuk berdiri dengan satu kaki dengan mata tertutup. Berdasarkan fakta tersebut, ada tes sederhana yang dapat membantu kamu mengevaluasi kecepatan proses penuaan yang terjadi di dalam tubuh:

  • Berdirilah di lantai yang rata dengan kedua kaki saling berdekatan dan tutup mata,
  • Angkat satu kaki dengan menekuk di lutut,
  • Gunakan stopwatch untuk melihat berapa lama kamu bisa berdiri dalam posisi ini sampai kehilangan keseimbangan.

Rata-rata orang berusia 30 tahun yang tidak memiliki masalah serius mampu berdiri selama 20 detik atau lebih. Sedangkan orang tua tidak akan mampu berdiri sampai 10 detik.

Baca Juga: Gak Cuma Ubanan, 6 Hal Ini Terjadi pada Rambut Seiring Kamu Menua

3. Mengalami penumpukan lemak di perut

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunyaunsplash.com/Yarden

Menumpuknya lemak di sekitar bagian tengah tubuh adalah tanda umum bahwa tubuh mulai menua. Ditambah dengan otot dan tulang yang keropos, menyebabkan otot paha menyusut dan tinggi badan menurun, yang kemudian membuat celana jadi tidak pas lagi.

Bagi perempuan, mereka yang mengalami penumpukan sebagian besar lemak di bagian torso hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada perempuan yang membawa lemak di kaki, menurut sebuah penelitian di European Heart Journal. Untungnya, dengan bantuan diet dan olahraga, kamu dapat segera pulih kembali.

4. Kamu memiliki lebih banyak kerutan pada kulit daripada teman sebayamu

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunyaunsplash.com/Septian Simon

Tanda penuaan yang paling jelas terlihat adalah keriput dan kulit kendur. Dan jika kamu memiliki lebih banyak keriput daripada teman seusiamu, ini menunjukkan bahwa kamu menua lebih cepat dari yang seharusnya.

Sebenarnya, genetika dapat berperan dalam hal ini, tetapi faktor besar yang memicu kulit kendur dan keriput adalah pilihan gaya hidup. Menurut laporan American Academy of Dermatology diet kaya antioksidan menghasilkan kulit yang lebih sehat dan lebih sedikit keriput daripada diet tinggi lemak jenuh, makanan olahan, dan makanan manis. Kemudian, merokok, paparan sinar matahari yang berlebihan, dan konsumsi alkohol adalah faktor yang mempercepat tanda-tanda penuaan pada kulit.

5. Kamu berjalan lebih lambat daripada orang lain

Bukan Hanya Keriput, Ini 5 Tanda Kamu Menua Sebelum Waktunyaunsplash.com/Alvin Mahmudov

Kecepatan berjalan normal seseorang adalah indikator yang cukup baik tentang seberapa baik orang tersebut menua. Dilansir dari laman The Healthy, kecepatan berjalan adalah indikator bagaimana otot-otot kaki bekerja dan menunjukkan sesuatu tentang kecepatan konduksi saraf, dua faktor yang menyebabkan penuaan.

Nah, jika selama ini saat sedang berjalan bersama teman seusiamu kamu sering tertinggal di belakang. Bisa jadi tubuhmu memang mengalami penuaan yang lebih cepat. Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan lebih sering berjalan-jalan dan meningkatkan kebugaran.

Dibanding keriput dan tanda penuaan lain di wajah, penuaan dini pada kesehatan seharusnya menjadi masalah yang lebih kamu perhatikan. Jika kamu merasakan tanda-tanda penuaan di atas, mungkin kamu perlu mengevaluasi kembali gaya hidupmu selama ini.

Baca Juga: Menurut Ahli, Wanita dengan Anak Kecil Bisa Menua 11 Tahun Lebih Cepat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya