Comscore Tracker

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahraga

Bisa pengaruhi kualitas hidup

Olahraga memberikan banyak manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan fisik dan mental bila dilakukan dengan tepat. Namun, segala sesuatu yang berlebihan malah bisa mendatangkan efek buruk, begitu pula dengan olahraga.

Olahraga berlebihan dapat menghasilkan konsekuensi negatif. Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar bahwa dirinya sudah terobsesi dengan olahraga sehingga tetap meneruskan kebiasaan buruk tersebut. Karenanya, penting untuk memperhatikan tanda-tanda yang menunjukkan kamu sudah mengalami kecanduan olahraga dan segera mengatasinya.

Dirangkum dari Healthline dan Women's Health, inilah tanda-tanda kecanduan olahraga yang perlu diketahui dan diatasi.

1. Tetap berolahraga meskipun sedang cedera

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahragailustrasi cedera olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cedera berlebihan sangat umum terjadi pada orang yang berpartisipasi dalam olahraga yang juga berlebihan. Saat ini terjadi, kebanyakan orang yang mengalami cedera akan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih. Namun, pecandu olahraga biasanya tetap memaksakan diri untuk terus berolahraga meskipun ia sedang tidak fit.

Tanpa adanya waktu pemulihan, individu akan terus berolahraga sambil menahan rasa sakit. Tentu saja, ini berpotensi membuat cedera menjadi semakin parah hingga individu mungkin diharuskan untuk mengambil istirahat hingga satu bulan.

2. Sering mengubah rencana untuk mengakomodasi jadwal latihan

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahragailustrasi olahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu sering membatalkan rencana pada menit terakhir atau membuat penyesuaian dalam jadwal untuk mengakomodasi latihanmu? Jika ya, bisa jadi kamu sudah terobsesi dengan olahraga.

Orang yang terobsesi dengan gym kerap mengubah rencananya demi menghabiskan waktu lebih lama di gym atau untuk berolahraga.

Baiklah, olahraga memang penting bagi kesehatan, tetapi seharusnya ini dianggap sebagai suatu hal yang menyenangkan dan fleksibel. Bukannya dianggap sebagai sebuah kewajiban yang mengganggu aktivitas lainnya.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Latihan Beban Terlalu Keras, Berhentilah Sejenak

3. Kamu sering merasa lelah

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahragailustrasi kelelahan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Olahraga memang bisa meningkatkan energi dan membuat kamu merasa lebih bertenaga seketika. Namun, kebiasaan olahraga yang tidak sehat justru bisa menyebabkan kelelahan karena terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melatih fisik dan tidak memberikan cukup waktu untuk beristirahat.

Ini dapat memberi tekanan pada tubuh dan sistem tubuh, membuat kamu sakit atau cedera karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk latihan. Oleh sebab itu, meluangkan waktu untuk istirahat sama pentingnya dengan meluangkan waktu untuk berolahraga.

4. Apa yang ada di sekitarmu hanya berputar di kebugaran

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahragailustrasi orang tua berolahraga (pexels.com/Anna Shvets)

Ketika kamu sudah kecanduan olahraga, apa yang ada di hidupmu mulai berputar di sekitarnya. Ini termasuk apa yang kamu bicarakan dan dengan siapa kamu bergaul.

Saat kesukaanmu terhadap kebugaran berkembang menjadi obsesi, kelompok temanmu mungkin menjadi lebih sempit. Misalnya, sebelumnya kamu bergaul dengan teman-teman yang membicarakan tentang musik, film, atau olahraga, pada akhirnya kamu mungkin menemukan dirimu lebih nyaman dan hanya bergaul dengan orang-orang yang memiliki obsesi sama sepertimu terhadap olahraga.

5. Progres yang kurang terlihat

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Tanda Kamu Mengalami Kecanduan Olahragailustrasi plank (pexels.com/Elly Fairytale)

Jika kamu terus-menerus melewatkan hari istirahat dan berlatih tujuh hari dalam seminggu, artinya kamu berada di zona overtraining. Sayangnya, terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berolahraga justru bisa membuat progres yang kamu dapatkan kurang memuaskan.

Akibatnya, kamu mungkin menjadi mudah tersinggung, kurang tidur, dan memiliki masalah nafsu makan. Terlalu banyak hal baik bisa menjadi kesalahan dalam kasus ini.

Olahraga memang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan, tetapi apa pun yang berlebihan tentu saja bukanlah hal yang baik. Oleh sebab itu, penting untuk menemukan keseimbangan dalam olahraga dan menjaga agar tidak menjadi obsesi.

Baca Juga: 13 Gejala Kamu Kecapekan Berolahraga dan Harus Istirahat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya