Comscore Tracker

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depan

Yuk, semangat berubah!

Kita semua sudah tahu dahsyatnya manfaat rutin olahraga. Namun, saat harus benar-benar melakukannya, itu lain cerita. Sering kali, kita menghabiskan banyak waktu untuk malas-malasan dan selalu punya alasan untuk tidak berolahraga. Padahal, gaya hidup yang pasif memiliki konsekuensi jangka panjang bagi kesehatan.

Demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sekarang dan masa mendatang, kita harus melawan rasa malas dan mulai rajin bergerak. Pertanyaannya, bagaimana cara melawan rasa malas agar lebih rajin berolahraga?

Nah, di bawah ini ada beberapa tips atau cara agar tidak malas olahraga yang dirangkum dari laman Men's Journal dan Cosmopolitan. Yuk, langsung cek apa saja tipsnya!

1. Cari partner olahraga

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depanpexels.com/Andrea Piacquadio

Memiliki partner olahraga benar-benar memberi kamu dorongan untuk konsisten berolahraga. Ini tak hanya membantu dalam aspek motivasi, tetapi juga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Teman biasanya akan mendorong kamu sedikit lebih keras daripada yang biasanya kamu paksakan pada diri sendiri. Jadi, mulailah cari mitra olahraga sekarang juga, bisa sahabatmu yang juga ingin menerapkan pola hidup sehat atau teman yang memang sebelumnya sudah gila olahraga.

2. Ikut dalam latihan boot camp

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depanilustrasi yoga (unsplash.com/Kaylee Garrett)

Melakukan jenis olahraga yang baru biasanya akan menghidupkan kembali motivasi. Akan tetapi, penelitian dari American Council on Exercise menemukan bahwa latihan boot camp merupakan cara mendapatkan motivasi olahraga yang paling efektif.

Boot camp sangat efektif untuk kamu yang ingin mengembalikan semangat berolahraga karena berorientasi pada tim. Akhirnya, para boot camper merasa bersatu karena harus bertahan dari latihan bersama, yang mana hal itu mendorong peserta untuk berlatih lebih keras.

Baca Juga: Perhatikan! Ini 7 Tips Duduk yang Sehat saat Main Game

3. Biasakan jalan kaki

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depanilustrasi jalan kaki (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Berjalan, bahkan hanya 20 menit setiap harinya, akan meningkatkan kesehatan. Sangat mudah untuk memasukkannya ke dalam jadwal harian dan tidak akan membuat kamu terengah-engah.

Kamu bisa mulai dengan membiasakan berjalan kaki dari rumah ke kantor setiap hari, atau dari rumah ke halte bus, atau ke mana pun yang tidak terlalu jauh. Jika kamu punya hewan peliharaan, bawalah hewan peliharaanmu untuk berjalan-jalan setiap sore hari. Dengan begini, kamu akan tetap bergerak meskipun tidak memiliki jadwal olahraga khusus.

4. Olahraga saat jeda iklan

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depanilustrasi menonton TV (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang malas biasanya suka menonton TV. Nah, kamu bisa menggabungkan waktu bermalas-malasan ini dengan olahraga.

Caranya, kamu bisa mengatur waktu latihan mini sepanjang iklan. Setiap iklan, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana, seperti jalan di tempat, squat, lunge, burpee, atau skiping. Meskipun mungkin hanya 2 atau 5 menit tiap sesinya, tapi ini bisa menghindarkan kamu dari masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama.

5. Beraktivitas di luar

5 Tips agar Tidak Malas Berolahraga, Demi Kesehatan di Masa Depanilustrasi membawa anjing peliharaan jalan-jalan (pexels.com/mentatdgt)

Studi yang dilakukan oleh tim di Peninsula College of Medicine and Dentistry menemukan bahwa orang yang berolahraga di luar merasa lebih berenergi dan diremajakan setelah berolahraga.

Individu yang melakukan olahraga luar ruangan melaporkan berkurangnya stres, depresi, dan frustrasi. Ditambah, mereka melaporkan bahwa mereka akan jauh lebih mungkin untuk berolahraga lagi.

Jadi, jika kamu dipusingkan dengan pekerjaanmu, tinggalkan sejenak semuanya dan pergilah keluar untuk mencari suasana lain. Kamu juga bisa mengajak temanmu untuk keluar setiap akhir pekan. Cara ini akan membiasakan kamu untuk tidak diam di rumah dan menemukan kenikmatan beraktivitas di luar ruangan.

Dengan tips di atas, harapannya kamu bisa lebih aktif dan terhindar dari bahaya akibat gaya hidup pasif. Selamat melakukan perubahan, ya!

Baca Juga: 7 Tips Latihan untuk Membuat Ototmu Semakin Padat, Bukan Membesar

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya