Comscore Tracker

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancar

Supaya lebih siap dan tidak cemas  

Ada berbagai metode kelahiran yang bisa ditempuh oleh ibu hamil untuk melahirkan anaknya. Jika tidak ada kondisi khusus yang membahayakan ibu atau bayi, banyak ibu yang berharap dapat melarikan secara normal meskipun melahirkan secara normal diketahui diiringi rasa sakit yang luar biasa. Namun, sebelum menjalani prosedur melahirkan secara normal, ada beberapa tips yang perlu ibu ketahui agar lebih siap saat momen tersebut tiba.

Di bawah ini akan kita kupas satu per satu tips bagi ibu yang berencana melahirkan secara normal. Berikut informasinya dari laman Tommy's dan University of Texas Southwestern Medical Center.

1. Buat rencana kelahiran

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancarilustrasi ibu hamil sedang berkonsultasi dengan dokter kandungan (pexels.com/MART Production)

Banyak ibu hamil yang tidak terpikirkan untuk memiliki rencana kelahiran karena sering kali hal-hal terjadi tanpa terduga. Padahal, memiliki rencana kelahiran dan mendiskusikannya bersama dokter kandungan atau bidan akan memberi kamu kejelasan tentang kemungkinan selama kelahiran. Dengan membuat perencanaan, kamu mungkin menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada di kepalamu sambil mengenal detail proses persalinan dan kelahiran.

Rencana kelahiran dapat mencakup tempat melahirkan, posisi, ataukah suami harus ada menemani kamu selama persalinan. Penting juga untuk dipahami bahwa rencana persalinan dapat berubah jika memang diperlukan, tentunya dengan mempertimbangkan keselamatan ibu dan bayi.

2. Siapkan mental

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancarilustrasi ibu hamil (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sering kali, orang kurang terbiasa menoleransi rasa sakit yang hebat. Kita semua mengasosiasikan rasa sakit dengan adanya masalah pada tubuh dan harus diperbaiki.

Namun, ketahuilah bahwa rasa sakit yang dialami perempuan yang melahirkan adalah hal normal, bahkan perlu. Setiap gelombang rasa sakit membawa ibu lebih dekat ke tujuan, yaitu lahirnya bayi. Jadi, persiapkan mental untuk menghadapi rasa sakit yang luar biasa saat persalinan agar kamu tidak cemas.

Baca Juga: 5 Bau yang Paling Dibenci oleh Ibu Hamil, Bikin Pusing dan Mual

3. Temukan pendukung

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancarilustrasi ibu hamil dan suami (pexels.com/Amina Filkins)

Kunci penting kesuksesan persalinan normal adalah memiliki pendukung yang solid. Mereka akan membantu kamu mengalihkan perhatian dari rasa sakit dan menghibur kamu. Ini bisa jadi suami, ibu, atau teman yang pernah menjalani persalinan normal sebelumnya.

Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memiliki doula. Doula adalah seseorang yang memiliki keterampilan untuk mendukung seorang perempuan melalui persalinan. Tujuan doula adalah membantu perempuan melalui pengalaman melahirkan.

4. Persiapkan tubuh

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancarilustrasi ibu hamil sedang berolahraga (pexels.com/Yan Krukov)

Persalinan normal tentu saja membutuhkan kekuatan dan stamina. Jadi, kamu wajib mempersiapkan tubuh sejak selama kehamilan. Olahraga saat hamil merupakan salah satu cara yang bagus untuk memperkuat tubuh sekaligus menghilangkan stres.

Kamu juga bisa mencoba mencari informasi tentang kelas olahraga prenatal di sekitarmu. Olahraga prenatal akan membantu menempatkan bayi dalam posisi yang baik untuk melahirkan, mengajarkan ibu posisi untuk membantu melalui persalinan, dan memberikan beberapa teknik relaksasi dan pernapasan agar ibu tetap tenang.

5. Perbanyak informasi

5 Tips Persiapan Melahirkan Normal agar Prosesnya Lancarilustrasi ibu hamil sedang membaca (pexels.com/Amina Filkins)

Saat memutuskan untuk melahirkan normal, kamu harus tahu bahwa persalinan terasa sakit dan bisa berlangsung beberapa jam. Semakin banyak informasi yang kamu tahu, semakin siap kamu nantinya.

Ketahui juga bahwa setiap persalinan itu unik dan kadang segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Jadi, bersiaplah untuk situasi apa pun itu. Dalam hal ini, kamu mungkin perlu mengikuti kelas persalinan karena dapat memberi kamu harapan yang realistis dan menanamkan kepercayaan diri.

Setelah membaca informasi ini, semoga kamu bisa lebih siap untuk melahirkan secara normal. Namun, ingat bahwa tidak ada cara yang salah untuk melahirkan. Apa pun jalan yang kamu pilih, tujuannya tetap sama, yaitu ibu dan bayi dalam keadaan sehat dan bahagia.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan untuk Dikonsumsi Ibu setelah Melahirkan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya