Comscore Tracker

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh

Kira-kira apa saja ya manfaat biji buah pepaya ini?

Tak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, biji buah pepaya juga punya segudang manfaat dan bahkan aman untuk dikonsumsi. Biji buah pepaya ini mengandung berbagai mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan tinggi polifenol dan flavonoid. Keduanya merupakan senyawa fitokimia alami dalam tanaman yang berperan sebagai antioksidan.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi biji buah pepaya ini, yaitu dengan dimakan langsung atau diolah dengan bahan lain. Lalu, apa saja ya manfaat biji dari buah berwarna oranye ini? Simak yuk.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuhtaste.com

Biji buah pepaya juga bermanfaat lho buat pencernaan. Tak berbeda jauh dengan buahnya, biji pepaya juga mempunyai sumber serat yang baik, sehingga membuat kamu terhindar dari sembelit (susah buang besar). Selain itu, biji buah pepaya ini bagus banget buat kamu yang terkena haemmorhoid atau wasir dan mencegah peradangan usus.

2. Melawan infeksi

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuhcosmotales.com

Minum ekstrak biji pepaya bersama dengan madu ternyata efektif untuk membunuh parasit yang bersarang di usus dan mencegah infeksi usus lho sehingga melancarkan kerja usus.

3. Melindungi fungsi ginjal

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuhranchodelicioso.com

Menurut penelitian yang dibuat oleh African Health Sciences, tikus yang diberikan ekstrak biji pepaya memiliki ginjal yang terhindar dari kerusakan akibat obat paracetamol.

Hasil penelitian tersebut juga didukung oleh penelitian lain dalam Journal Molecules, yang menyebutkan bahwa kandungan tinggi antioksidan dari biji buah pepaya mampu menghambat kerusakan sel-sel ginjal sehingga menjaga kesehatan serta fungsi ginjal.

4. Mengurangi resiko kanker

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuhpixabay.com

Sebuah penelitian pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer membuktikan bahwa biji pepaya mempunyai sifat antikanker berkat segudang nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

5. Mencerahkan kulit wajah

5 Manfaat Biji Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh1md.org

Last but not least, kalau ini pasti yang dicari para wanita. Ternyata kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dalam biji buah pepaya terbukti mampu untuk mencerahkan wajah. Caranya cukup campurkan biji dan buah pepaya dengan minyak kelapa kemudian aplikasikan di wajah selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Itulah dia manfaat dari biji buah pepaya. Meski dinilai mengandung nutrisi dan manfaat dalam kesehatan, biji buah pepaya juga memiliki senyawa benzyl isothiocyanate , yang jika dikonsumsi tanpa batas akan menganggu kerja sel sehat dalam tubuh hingga merusak kualitas sperma.

Mengonsumsi boleh saja namun harus tetap bijak dan tidak terlalu berlebihan ya. Selamat mencoba.

Eka S. Agustiani Photo Community Writer Eka S. Agustiani

Hanya seorang wanita yang tak pernah mau ambil pusing setiap ada masalah alias terlalu santai. Senang makan dan di ajak makan. Senang travelling dan di ajak travelling.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You