Comscore Tracker

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!

Di masa perkembangan, anak butuh gizi yang cukup

Setiap orangtua ingin memiliki anak dengan pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Maka, hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan makanan yang dikonsumsi si kecil. Maka gak heran jika orangtua memperhatikankadar gizi dari setiap makanan yang diberikan kepada anak.

Perkembangan otak anak menjadi salah satu yang penting. Lalu makanan apa saja yang penting bagi perkembangan otak anak? Nah, berikut 5 makanan yang baik untuk perkembangan otak anak.

1. Ikan salmon

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!unsplash.com/Caroline Attwood

Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang paling dianjurkan untuk anak-anak. Kandungan vitamin A, D, K, dan E yang ada pada salmon dapat meningkatkan daya nalar dan ingat pada anak. Sehingga anak bisa lebih unggul dibandingkan anak lain yang usianya tidak jauh beda dengan anak kamu. Meskipun ikan salmon mengandung lemak yang tinggi, tapi kandungan lemak ini adalah lemak baik yang mudah dibakar oleh tubuh si kecil.

2. Susu

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!unsplash.com/Jagoda Kondratiuk

Susu merupakan minukan yang paling digemari oleh banyak orang. Susu kaya akan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, dan bagus untuk pertumbuhan otak anak. Selain itu, susu juga mengandung zat karbohidrat yang baik untuk mengurangi rasa lapar pada si buah hati. Konsumsi susu secara rutin, minimal dua kali sehari agar tubuh anak sehat, begitu juga dengan pertumbuhan otaknya.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Bisa Bikin Cepat Keriput Lho, Jangan Sering-sering!

3. Sayur

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!unsplash.com/ja ma

Sayur merupakan salah satu makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh setiap orang karna sayur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayur-sayuran berwarna, seperti bayam, wortel, kentang, dan brokoli sangat bagus untuk anak. Kandungan vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang terdapat pada sayur berwarna dipercaya dapat mempertajam ingatan anak. Sehingga apa yang sudah pernah dilihat dan didengar anak bisa tersimpan dengan baik di dalam memori kepalanya.

4. Gandum

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!unsplash.com/Polina Rytova

Kandungan nutrisi berupa Vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang terdapat pada gandum sangat bagus untuk meningkatkan kinerja otak si kecil. Selain itu, gandum juga rendah lemak dan memiliki serat tinggi yang sangat baik untuk melepaskan kandungan glukosa berlebih yang terdapat pada tubuh si kecil.

5. Kacang

5 Makanan yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak, Jadi Lebih Optimal!unsplash.com/Peter Feghali

Kacang-kacangan mengandung karbohidrat tinggi sebagai sumber energi pada bayi. Selain itu, ada juga kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sehingga kemampuan berpikir akan meningkat, daya ingatnya juga tentu lebih tajam.

Kini tidak perlu khawatir tentang kadar gizi yang akan kamu berikan pada anak kamu. Supaya pertumbuhan otak anak jadi lebih optimal, kamu harus memilih bahan makanan yang bagus kandungan gizinya

Baca Juga: 5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Ekhabana Photo Community Writer Ekhabana

FLC 2K17 Chemistry FST Undana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You