Comscore Tracker

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatan

Gak hanya buahnya yang kaya manfaat

Jambu biji merupakan tanaman yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Jambu biji mempunyai rasa yang tak terlalu manis namun banyak orang menyukai rasanya itu. Selain buat buah, jambu biji mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Tak hanya buahnya, ternyata pucuk daun jambu biji juga  bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Nah, berikut 5 manfaat pucuk daun jambu biji untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Menurunkan kolestrol

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatanadiorebelde.cu

Manfaat pucuk daun jambu yamg pertama adalah dapat menurunkan kolestrol. Kolestrol biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi atau bisa juga disebabkan oleh faktor genetik. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh nutrition and metabolism menjelaskan tentang ekstrak pucuk daun jambu yang dapat menurunkan kolestrol. Ketika kamu meminum air saringan pucuk daun jambu secara rutin. Hasilnya kadar kolestrol kamu akan menurun setelah 8 minggu.

2. Mencegah diare

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatanbustle.com

Manfaat kedua dari pucuk daun jambu adalah dapat mencegah diare. Ekstrak pucuk daun jambu dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Jenis bakteri ini ialah penyebab umum terjadinya diare. Cara menggunakannya juga cukup mudah lho. Kamu cukup tambahkan pucuk daun jambu ke dalam secangkir air mendidih, kemudian saring airnya dan minum dengan keadaan perut kosong. Dan bakteri penyebab diare tersebut akan keluar melalui BAB.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jambu Biji, Bisa Hilangkan Jerawat!

3. Dapat mengatasi diabetes

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatanfindatopdoc.com

Manfaat pucuk dau jambu adalah dapat mengatasi diabetes. Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Nah, pada pucuk daun jambu, mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melawan diabetes dengan meperlambat penyerapan gula dalam darah. Cara penggunaanya juga cukup mudah yaitu haluskan pucuk daun jambu dan peras airnya. Setelah itu panaskan air tersebut 15-20 menit dan minum airnya.

4. Baik untuk mata

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatanunsplash.com/Erik Lucatero

Selain wortel, ternyata pucuk daun jambu juga sangat baik untuk mata lho. Daun jambu biji juga mengandung vitamin A yang tinggi dan dapat meningkatkan penglihatan kamu. Pucuk daun jambu ini juga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya katarak dan degenerasi makula.

5. Mengobati sariawan dan sakit gigi

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Pucuk Daun Jambu Biji untuk Kesehatanwebmd.com

Manfaat terakhir dari pucuk daun jambu juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut kamu, lho. Seperti untuk mengobati sariawan dan sakit gigi. Caranya cukup mudah dengan hanya mengunyah pucuk daun jambu saja kamu sudah bisa mengobati sariawan dan sakit gigi yang sedang kamu alami. Kamu tak perlu menelan ampasnya karena kamu hanya butuh air dan seratnya saja untuk mengenai sariawan dan gigi kamu.

Nah, itulah 5 manfaat pucuk daun jambu yang sering disepelekan oleh banyak orang. Tak hanya buahnya saja yang kaya akan manfaat, tapi daunnya juga lho.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Jambu Monyet Bagi Kesehatan, Si Sepat Berkhasiat

Ristyk bana Photo Verified Writer Ristyk bana

FLC 2K17 Chemistry FST Undana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya