Comscore Tracker

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemia

Bisa bikin good mood, percaya deh

Pisang merupakan salah satu buah terfavorit di dunia. Buah yang berasal dari Asia Tenggara ini, tumbuh di daerah yang beriklim hangat. Pisang terdiri dari berbagai macam warna, bentuk, dan ukuran. Jenis yang paling umum dari buah pisang adalah Cavendish, yang merupakan jenis makanan penutup pisang, yang berwarna hijau saat masih mentah, dan berubah menjadi kuning saat sudah matang.

Gak kalah dari buah lainnya, pisang juga mengandung banyak nutrisi penting, serat, dan antioksidan lho, yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, berikut ini ulasan 6 manfaat menakjubkan buah pisang untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan ginjal

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiatimesofindia.com

Manfaat menakjubkan pertama dari buah pisang adalah dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Pisang mengandung banyak kalium, merupakan mineral yang sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal yang sehat.

Studi lain mencatat bahwa, seseorang yang mengonsumsi buah pisang sebanyak 4 hingga 6 kali dalam seminggu, mengurangi resiko terkena gagal ginjal hingga 50%, dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi buah tropis ini.

2. Mendukung kesehatan jantung

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiamedicalnewstoday.com

Kandungan kalium yang ada pada buah pisang, gak hanya mampu meningkatkan kesehatan ginjal saja, namun juga mampu mendukung kesehatan jantung. Pisang merupakan sumber kalium yang baik, dimana kalium merupakan mineral yang berperan penting untuk kesehatan jantung.

Orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium, memiliki resiko hingga 27% lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain mengandung banyak kalium, buah pisang juga mengandung mineral lainnya seperti magnesium, yang juga mampu mendukung kesehatan jantung.

3. Meningkatkan mood dan daya ingat

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiadramabeans

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu, menemukan fakta bahwa kandungan asam amino, dan antioksidan seperti dopamin, yang terdapat pada buah pisang, dapat meningkatkan suasana hati (mood) dan juga daya ingat (memori).

Selain itu, buah pisang juga mengandung serotonin, yang merupakan bahan kimia otak, yang berperan penting dalam keseimbangan suasana hati, serta berkontribusi pada kebahagiaan dan kesejahteraan.

Baca Juga: 7 Manfaat Pisang Hijau Bagi Kesehatan, Masalah Pencernaan hingga Darah

4. Mengobati wasir

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiamedicalnewstoday.com

Tak hanya dapat meningkatkan suasana hati dan daya ingat saja, buah pisang juga dapat mengobati penyakit wasir lho guys. Wasir merupakan suatu kondisi dimana terjadinya pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang, mampu membantu melancarkan buang air besar (BAB), sehingga dapat mencegah segala jenis ketegangan pada saat buang air besar (BAB), dan membantu menyembuhkan wasir.

5. Mendukung kesehatan mata

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiakurwaeye.com

Selain dapat mengobati wasir, buah pisang juga mampu lho guys mendukung kesehatan mata. Kandungan antioksidan, karotenoid, dan mineral yang terdapat pada buah pisang, dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata.

Gangguan kesehatan mata seperti degenerasi makula, katarak, glaukoma, dan rabun senja terjadi karena kurangnya asupan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan, seperti pisang.

6. Mengobati anemia

6 Manfaat Menakjubkan Buah Pisang, Mengobati Wasir Hingga Anemiadraxe.com

Selain dapat mengobati wasir dan mendukung kesehatan mata, buah pisang juga mampu mengobati anemia. Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat. Nah, buah pisang ini kaya akan zat besi dan tembaga yang merupakan elemen yang penting dalam pembentukan sel darah merah.

Dengan jumlah sel darah merah yang meningkat, maka anemia dapat dicegah, dan sirkulasi ke seluruh tubuh juga akan meningkat, sehingga oksigen pun dapat diberikan pada organ-organ tubuh lainnya, dan fungsinya pun dapat dioptimalkan.

Nah, itulah 6 manfaat menakjubkan dari buah pisang. Yuk, rutin mengonsumsi buah pisang setiap hari guys!

Baca Juga: 5 Manfaat Jantung Pisang yang Orang Jarang Ketahui

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You