7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahu

Terong biasanya dibikin berbagai olahan

Terong merupakan buah keluarga nightsade, yang sering dianggap sayuran. Selain berwarna ungu tua, terong juga ada yang bewarna merah dan  hitam. Buah yang berasal dari India ini, kini tersebar di seluruh dunia dan sering digunakan sebagai bahan masakan.

Tak hanya rasanya unik dan lezat, terong juga mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya masih jarang orang yang mengetahui manfaat terong untuk kesehatan. Nah, bagi  yang penasaran dengan manfaat terong untuk kesehatan, maka kamu bisa simak ulasannya berikut ini.

1. Melawan kanker

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahuindianexpress.com

Manfaat pertama terong untuk kesehatan adalah mencegah sel kanker. Terong mengandung senyawa yang mampu membunuh sel kanker, yaitu solasodine rhamnosyl glikosida (SRG). Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukkan fakta bahwa kandungan senyawa SRG mampu membunuh sel kanker dan membantu mengurangi risiko kambuhnya jenis kanker tertentu. Selain itu, kandungan vitamin A pada terong dapat mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, paru-paru, kandung kemih, oral dan kulit. 

2. Mengontrol kadar gula darah

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahunbcnews.com

Tak hanya mampu mencegah kanker, terong juga dapat mengontrol kadar gula darah lho, sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes. Serat pada terong dapat memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil dan lonjakan kadar gula darah pun dapat terhindari.

Selain itu, penelitian lain juga menemukan fakta bahwa kandungan polifenol (senyawa alami tumbuhan pada makanan) pada terong mampu mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin, yang nantinya dapat menurunkan kadar gula darah secara efektif.

3. Mendukung kesehatan hati

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahuthoughtco.com

Tak hanya mampu mencegah kanker dan mengontrol kadar gula darah saja, terong juga mampu menjaga kesehatan hati (liver). Penelitian menunjukkan fakta kandungan antioksidan yang ada pada terong mampu menjaga hati dari racun tertentu.

4. Melindungi kesehatan jantung dan menurunkan kolestrol jahat

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahulivemint.com

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari terong yaitu mampu melindungi  kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Jantung merupakan organ tubuh yang paling vital, sehingga jika mengalami gangguan akan berakibat fatal bagi kesehatan dan mengancam keselamatan jiwa seseorang.

Nah, dengan mengonsumsi terong, dapat menurunkan resiko adanya gangguan pada jantung. Terong mengandung serat, kalium, vitamin C dan B6, serta fitonutrien, yang semuanya mampu mendukung  kesehatan jantung, sehingga dapat mencegah gangguan pada jantung.

Selain itu, kandungan asam klorogenik pada terong mampu menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) secara signifikan. Asam klorogenik pada terong juga berperan sebagai anti-mikroba, anti kanker, dan anti virus. 

Baca Juga: 5 Resep Makanan Sehat untuk Kesuburan, Bisa Bikin Cepat Hamil

5. Mencegah bayi cacat lahir

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahubabycentre.co.uk

Terong merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam folat, sehingga baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Kadar asam folat yang tercukupi dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf yang bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu kekurangan asam folat.

Namun ibu hamil sebaiknya mengonsumsi terong dalam jumlah yang secukupnya saja dan harus mengonsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsinya dalam jumlah banyak, karena terong sama halnya seperti anggota keluarga nightshade lainnya seperti paprika dan tomat, yang bisa memicu reaksi alergi parah jika dikonsumsi terlalu banyak. 

6. Mencegah dan mengatasi anemia

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang Tahuhuffpost.com

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, sehingga menyebabkan penderitanya mengalami gejala seperti pusing, lemas, kulit pucat, kelelahan dan gejala-gejala anemia lainnya. Nah, terong merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat mencegah dan mengatasi anemia, karena terong mengandung dua mineral penting yang dapat meningkatkan kesehatan sel darah merah, yaitu zat besi dan tembaga.

Penelitian juga menunjukkan fakta bahwa terong dapat meningkatkan energi, dan menghilangkan kelelahan serta perasaan khawatir yang berlebihan. 

7. Mencegah osteoporosis

7 Manfaat Terong untuk Kesehatan Ini Belum Banyak yang TahuPexels/rawpixel.com

Selain mampu mencegah dan mengatasi anemia, terong juga mampu mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang). Kandungan senyawa fenolik, yaitu senyawa yang memberi warna pada terong, mampu mengurangi gejala osteoporosis, meningkatkan kekuatan tulang, serta juga mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang pada populasi tertentu. 

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Justru Dilarang Dalam Diet Keto

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You