Comscore Tracker

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini 

#ANGPOIN Salah satu jenis kanker yang mematikan

Kanker hati merupakan kanker yang berasal dari organ hati dan bisa menyebar ke organ lain yang ada dalam tubuh. Kanker ini terjadi saat sel-sel yang ada dalam organ hati bermutasi dan membentuk tumor. Kanker hati bisa menyerang seseorang karena beberapa faktor, yaitu faktor genetik, gaya hidup, jenis kelamin dan usia, menderita hepatitis kronis, menderita sinosis, obesitas, pecandu alkohol, penderita diabetes tipe 2, kebiasaan merokok dan pengguna pil kb.

Kanker hati merupakan salah satu dari dari lima jenis kanker yang bisa menyebabkan kematian. Namun, penyakit mematikan ini dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak awal dan mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Oleh karena itu, jika kamu menunjukkan gejala-gejala dari penyakit kanker hati maka segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Nah, berikut ini ulasan tentang 8 gejala kanker hati yang harus diwaspadai sejak dini.

1. Munculnya benjolan keras di area bawah tulang rusuk bagian sisi kanan

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini tirto.id

Gejala awal dari penyakit kanker hati adalah adanya benjolan yang keras pada area bawah tulang tusuk bagian sisi kanan. Meski benjolan tersebut terkadang tidak selalu menimbulkan rasa nyeri, namun akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

2. Rasa nyeri pada perut bagian kanan

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini princetonhcs.org

Gejala yang kedua dari kanker hati adalah rasa nyeri pada perut bagian kanan. Rasa nyeri tersebut terjadi karena adanya pembengkakan pada hati yang terjadi secara terus menerus, sehingga menyebabkan tekanan yang cukup besar pada jaringan atau syaraf yang ada di sekitarnya.

Selain itu, kamu juga mungkin akan merasakan rasa nyeri pada perut bagian kanan ini setelah kamu menarik nafas dalam-dalam. Hal tersebut terjadi karena tekanan yang ada di bawah tulang rusuk pada bagian kanan juga akan semakin membesar.

3. Urin berwarna gelap

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini sibolgapos.com

Seseorang yang menderita kanker hati, warna urinnya berubah menjadi kuning gelap atau kecoklatan, mengapa bisa? Karena adanya peningkatan kandungan bilirubin pada darah yang merupakan akibat dari kanker hati yang diteruskan melalui urin. Jika warna urinmu berubah menjadi salah satu dari dua warna tersebut, sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena warna urin yang berubah menjadi kuning gelap dan kecoklatan merupakan tanda adanya masalah pada kesehatanmu.

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Perihal Kanker Darah yang Harus Kamu Tahu

4. Gatal-gatal pada kulit

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini hellosehat.com

Gatal-gatal pada kulit sering dikaitkan dengan reaksi dari alergi dan juga sering dianggap remeh. Padahal, gatal-gatal pada kulit juga terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan pada liver (hati).

Gatal-gatal pada kulit terjadi karena adanya peningkatan bilirubin pada tubuh. Fungsi lever yang terganggu akan menyebabkan meningkatnya produksi bilirubin tersebut, sehingga menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

5. Lelah berkepanjangan

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini magazine.job-like.com

Jika kamu sering merasakan kelelahan yang luar biasa tanpa disertai adanya aktivitas yang cukup berat, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala dari penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit kanker hati.

Seseorang yang menderita kanker hati akan merasakan kelelahan yang terjadi secara terus-menerus. Jika kamu memiliki gejala ini, disertai dengan penurunan fungsi liver (hati) sebaiknya segera periksakan ke dokter, karena kelelahan yang berkepanjangan merupakan salah satu gejala dari kanker hati yang harus diwaspadai sejak dini.

6. Mual dan muntah

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini romper.com

Mual dan muntah identik dengan penyakit yang berhubungan dengan lambung, namun ternyata kanker hati juga memiliki gejala yang sama. Mual dan muntah merupakan gejala awal dari penyakit kanker hati.

7. Penurunan berat badan yang drastis

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini lifestyle.kompas.com

Seseorang yang menderita kanker hati memiliki gejala penurunan berat badan yang cukup drastis. Hal tersebut terjadi karena lever (hati) sedang bermasalah sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang cukup drastis. Penurunan berat badan yang drastis ini juga terjadi karena penderita kanker hati juga mengalami penurunan nafsu makan.

8. Kulit dan mata berubah warna menjadi kuning

Jangan Lengah, 8 Gejala Kanker Hati yang Harus Diwaspadai Sejak Dini sidomi.com

Kulit dan bagian putih mata yang berubah warna menjadi kuning, merupakan gejala umum dari penyakit liver (hati). Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan garam empedu pada kulit, karena hati sudah tidak bisa lagi berfungsi dengan normal.

Nah, itulah ulasan dari 8 gejala kanker hati yang harus diwaspadai sejak dini. Jika kamu memiliki lebih dari satu gejala dari 8 gejala tersebut segera periksakan dirimu ke dokter, karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda bahwa kamu menderita kanker hati. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Jenis Kanker yang Mengintai Para Perokok Aktif

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya