Comscore Tracker

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui 

Raja rempah-rempah yang terkenal menyehatkan

Lada hitam berhasil masuk daftar sebagai makanan paling sehat di dunia, karena banyaknya nutrisi yang ada pada bumbu masakan tersebut, seperti vitamin K, Kromium, Kalsium, Besi, serat, dan mangan. Nah, berikut ini ulasan dari khasiat lada hitam, yang ternyata masih jarang diketahui orang.

1. Mengatasi gangguan pernafasan seperti asma, batuk, dan pilek

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui nhsinform.scot

Khasiat pertama lada hitam yang jarang diketahui adalah dapat meredakan batuk dan pilek. Sifat ekspektoran dan anti-inflamasi yang ada pada lada hitam, mampu untuk meredakan gangguan pernafasan, seperti asma, batuk, dan pilek. Sifat ekspektoran yang ada pada lada hitam , membantu memecah lendir dan endapan dahak pada saluran pernafasan.

2. Mengatasi sakit gigi

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui yourdentistryguide.com

Selain dapat mengatasi gangguan pernafasan, lada hitam juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang ada pada lada hitam, mampu untuk mencegah penyebaran bakteri di dalam mulut. Cara mengatasi sakit gigi dengan lada hitam adalah dengan cara mencampurkan lada hitam dengan garam, lalu letakkan pada area yang sakit.

3. Melawan kanker

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui everdayhealth.com

Kandungan antioksidan pada lada hitam, dapat mencegah dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat serangan radikal bebas, sehingga dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kanker kolorektal, kanker payudara, dan kanker prostat.

Baca Juga: 5 Tips Penting Menyimpan Rempah Dapur Agar Awet dan Tidak Busuk

4. Melawan depresi dan meningkatkan fungsi otak

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui mijondsagha.com

Selain dapat melawan penyakit kronis seperti kanker, lada hitam juga mampu untuk melawan depresi dan meningkatkan fungsi otak. Senyawa piperine yang terdapat pada lada hitam, efektif untuk membantu melawan depresi dan meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi lada hitam secara teratur, dapat membantu mengurangi gejala depresi dan meningkatkan fungsi otak.

5. Mengatasi vitiligo

5 Manfaat Lada Hitam yang Jarang Orang Ketahui thecut.com

Menurut fakta yang berhasil ditemukan oleh peneliti di Oregon Health & Science University, kandungan yang ada pada lada piperin, mampu untuk merangsang kulit, agar dapat menghasilkan pigmen melanosit. Lewat proses melanogenesis, pigmen melanosit ini menghasilkan melanin, yang merupakan zat alami pemberi warna atau pigmen pada kulit, iris mata, dan juga rambut.

Ternyata di balik rasanya yang pedas, banyak khasiat dan manfaat lada hitam yang memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Baik dari Cengkih Bagi Kesehatan, Rempah Khas Nusantara

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya