Comscore Tracker

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! 

Apa saja ya? 

Kepiting merupakan salah satu jenis seafood yang digemari banyak orang. Hewan laut yang juga dapat hidup di air tawar dan daratan ini, tak hanya memiliki rasa yang lezat dan menggoda namun juga diperkaya akan gizi dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Daging kepiting mengandung lemak esensial, asam lemak omega-3, selenium, mineral, dan beberapa nutrisi penting lainnya yang mampu menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Nah, berikut ini ulasan 8 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kepiting. 

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! everydayhealth.com

Manfaat kesehatan pertama dari kepiting adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Kepiting mengandung beberapa nutrisi penting yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti protein, selenium, dan asam lemak omega-3. Selenium bersama dengan riboflavin bekerja sama untuk meningkatkan antioksidan dalam memerangi radikal bebas yang nantinya dapat memicu penyakit kronis.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan protein seperti kepiting, maka kesehatan tubuhmu dapat terjaga dengan baik. 

2. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! greenentrepreneur.com

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, kepiting juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada kepiting mampu menyeimbangkan kadar kolesterol, mengurangi inflamasi, dan menurunkan tekanan darah sehingga mampu menurunkan ketegangan pada jantung yang nantinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. 

3. Mempromosikan kesehatan tulang

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! freeimgshost.com

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari kepiting yaitu mampu mempromosikan kesehatan tulang. Selain kalium, fosfor merupakan mineral penting untuk tulang dan juga gigi.

Mengonsumsi kepiting secara teratur dapat membantu menurunkan risiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang secara signifikan. 

4. Mempercepat proses penyembuhan luka atau cedera

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! southcoastherald.co.za

Tak hanya mampu mempromosikan kesehatan tulang, kepiting juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka atau cedera.

Ahli gizi menyarankan untuk memasukkan kepiting dalam menu makanan untuk mempercepat proses penyembuhan luka atau cedera. 

Kandungan protein yang tinggi, seng, dan vitamin B12 yang ditemukan pada makanan laut seperti kepiting mampu untuk menyembuhkan luka dengan cara mengurangi rasa sakit dan menghasilkan eritrosit yang mampu melawan infeksi. 

Baca Juga: 10 Tips Memasak Kepiting, Gampang dan Bikin Rasanya Makin Enak

5. Meningkatkan kesehatan mental

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! psychologicalhealthcare.com

Mengonsumsi kepiting gak hanya mampu mencegahmu terkena penyakit kronis seperti jantung, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mentalmu.

Daging kepiting mengandung asam lemak omega-3, tembaga, selenium, vitamin B12, seng, dan protein yang mampu meningkatkan kognisi, konsentrasi, dan merupakan makanan yang luar biasa untuk aktivitas saraf. 

Selain itu, penelitian juga menemukan fakta bahwa nutrisi yang terdapat pada kepiting mampu menunda penyakit psikologis yang sering terjadi pada usia lanjut seperti Alzheimer dan demensia. 

6. Mendukung kesehatan mata

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! health.clevelandclinic.org

Daging kepiting merupakan sumber vitamin A yang sangat baik lho. Tak hanya mampu meningkatkan daya penglihatan yang lemah, namun juga mencegah gangguan kesehatan pada mata seperti katarak dan degenerasi makula yang umumnya terjadi pada para lansia (lanjut usia).

7. Menghilangkan peradangan

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! emeraldhealthbio.com

Tak hanya mampu mendukung kesehatan mata, kepiting juga mampu menghilangkan peradangan.

Kepiting mengandung mineral dan nutrisi yang mampu menghilangkan peradangan seperti asam lemak omega-3, tembaga, dan selenium.

Dengan rutin mengonsumsi kepiting secara teratur maka dapat menurunkan risiko asam urat, radang sendi, dan gangguan pencernaan. 

8. Mempromosikan kesehatan kulit

Ini 8 Manfaat Kesehatan dari Lezatnya Kepiting, Gak Banyak yang Tahu! washingtonpost.com

Dibalik kelezatannya yang telah mendunia, kepiting ternyata juga mampu mempromosikan kesehatan kulit lho. Nutrisi yang terdapat pada kepiting yaitu seng dan vitamin B12 mampu meremajakan sel dan jaringan yang rusak jika dikonsumsi secara teratur. Kedua nutrisi tersebut dapat bekerja secara efektif karena mampu masuk ke dalam pori-pori tanpa harus melukai kulit sensitif.

Dengan rutin mengonsumsi kepiting secara teratur maka kulitmu akan terlihat lebih cerah.

Nah, itulah ulasan 8 makanan kesehatan dari kepiting yang ternyata masih belum diketahui banyak orang. Meski lezat dan menyehatkan, tetap konsumsi yang sewajarnya saja karena sesuatu yang berlebihan itu juga tidak baik. Semoga bermanfaat! 

 

Baca Juga: 7 Manfaat Mengagumkan Ikan Lele Bagi Kesehatan, Sudah Tahu? 

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You