Comscore Tracker

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Ini

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Kolestrol merupakan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan untuk membangun sel dan hormon, seperti estrogen dan testosteron. Organ hati menghasilkan sekitar 80% kolestrol, dan sisanya dihasilkan oleh makanan yang berasal dari sumber hewani, seperti telur, unggas, daging, ikan, dan produk susu.

Kolestrol tidak dapat larut dalam air, sehingga agar dapat berjalan melalui aliran darah, hati memproduksi lipoprotein. Lipoprotein merupakan partikel yang terbuat dari protein dan lemak, yang terdiri dari dua bentuk utama, yaitu lipoprotein densitas rendah (LDL), dan lipoprotein densitas tinggi (HDL). Jika darah pada tubuh terlalu banyak mengandung kolestrol LDL (kolestrol yang dibawa oleh densitas rendah) maka disebut dengan kolestrol tinggi.

Jika kolestrol tinggi tersebut tidak segera diatasi, maka akan berbahaya bagi kesehatan lho, karena dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis. Nah, berikut ini 5 penyakit kronis yang timbul karena kolestrol tinggi.

1. Penyakit jantung koroner

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Ininovanthealth.org

Penyakit kronis yang paling sering terjadi karena dipicu kolestrol tinggi adalah penyakit jantung koroner. Kadar kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan kolestrol menumpuk pada arteri, yang lama kelamaan akan menjadi plak dan menyebabkan pengerasan pembuluh darah, yang biasa disebut dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga akan mengurangi aliran darah ke jantung, dan menyebabkan angina (nyeri di dada) yang nantinya dapat memicu serangan jantung.

2. Penyakit arteri perifer

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Inihealthcentral.com

Kadar kolestrol yang tinggi gak hanya akan memicu penyakit jantung koroner, namun juga bisa memicu penyakit arteri perifer. Penyakit arteri perifer merupakan kondisi umum dimana penumpukan timbunan lemak pada arteri, membatasi suplai darah ke otot kaki.

Ketika seseorang menderita arteri perifer, kakinya tidak menerima aliran darah yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga akan menimbulkan gejala seperti nyeri pada kaki saat sedang berjalan. Selain disebabkan oleh kadar kolestrol yang tinggi, penyakit arteri perifer juga disebabkan oleh merokok, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan diabetes tipe 2.

3. Stroke

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Inirsstrokebkt.com

Aterosklerosis yang disebabkan oleh kadar kolestrol tinggi, ternyata gak hanya bisa memicu penyakit jantung koroner saja, namun juga bisa memicu stroke. Aterosklerosis menyebabkan arteri yang menuju ke otak menjadi menyempit dan tersumbat, yang akhirnya memicu terjadinya stroke.

Baca Juga: 7 Fakta Cystic Fibrosis, Penyakit yang Ada di Film Five Feet Apart

4. Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Inimedicalnewstoday.com

Kolestrol tinggi juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit tekanan darah tinggi lho, mengapa? Karena saat arteri mengeras dan menyempit dengan plak kolestrol dan kalsium (aterosklerosis), maka jantung berusaha lebih keras untuk memompa darah agar dapat melaluinya, sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan tidak normal.

5. Diabetes tipe 2

Jangan Diabaikan, Kolestrol Tinggi Dapat Memicu 5 Penyakit Kronis Inininjajournalist.com

Seseorang yang memiliki kadar kolestrol tinggi beresiko tinggi lho terkena diabetes, mengapa? Karena kadar kolestrol tinggi sering terlihat pada orang yang mengalami resistensi urin, yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit diabetes.

Nah, itulah ulasan singkat dari 5 penyakit kronis yang timbul karena dipicu oleh kadar kolestrol yang tinggi. Sebaiknya terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang, agar kadar kolestrol dapat terkontrol, dan terhindar dari resiko penyakit kronis. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Nafas Pendek? Waspada, Mungkin Gejala Dari 7 Penyakit Ini

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Hope is dream that doesn't sleep'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You