Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? 

No.5 yang paling sering diabaikan

Musim hujan telah tiba, tentu akan banyak sekali virus dan kuman yang bertebaran dimana-mana. Akibat banyaknya virus dan kuman-kuman yang bertebaran ini akan membuat seseorang mudah terserang penyakit, salah satunya adalah rentan terserang flu.

Namun, ternyata penyebab seseorang rentan terserang flu, tidak hanya terjadi karena faktor cuaca yang sedang buruk saja lho, tetapi juga bisa terjadi karena kebiasaan yang sering dianggap sepele namun justru dapat menyebabkan orang tersebut rentan terserang flu. Penasaran apa saja kebiasaan sepele tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Meletakkan tas di lantai

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? pexels.com/tofros

Setelah selesai beraktivitas, biasanya seseorang akan menaruh tas di lantai, padahal kebiasaan sepele tersebut dapat memicu orang tersebut rentan terkena flu lho, mengapa? Karena menaruh tas di lantai, akan membuat tas mudah sekali terpapar bermacam-macam bakteri. Akibatnya, berbagai macam bakteri tersebut akan berpindah ke dalam tubuh orang tersebut saat ia memegang tasnya.

2. Saat cuci tangan, lupa menggosok jempol

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? usatoday.com

Mencuci tangan merupakan cara yang paling efektif untuk terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Namun, sebagian besar orang hanya mencuci tangan sekedar nya saja, dan lupa menggosok-gosok bagian jempolnya, padahal kebiasaan tersebut dapat memicu seseorang rentan terserang virus flu lho.

Bagian jempol merupakan bagian utama yang harus dibersihkan, karena jempol adalah bagian tangan yang sering sekali menyentuh banyak benda. Seperti mengetik pesan di ponsel, memencet tombol remot TV, dan memegang sendok saat makan.

3. Jarang mengganti sprei

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? thisisgoodgood.com

Aktivitas yang padat akan membuat seseorang lupa untuk tidak mengganti sprei tempat tidurnya. Padahal hal tersebut dapat memicu seseorang rentan terserang virus flu lho! Mengapa? Karena sprei yang tidak diganti akan membuat menumpuknya kuman dan juga bakteri. Akibatnya kamu tidak hanya rentan terserang flu, tapi juga akan mengalami gatal-gatal pada kulit.

Sebaiknya ganti sprei tempat tidurmu, minimal dua minggu sekali, dan akan lebih baik lagi jika kamu menggantinya seminggu sekali. Jangan malas ya ganti spreinya!

Baca Juga: 6 Alasan Flu Menjadi Penyakit Umum yang Paling Menyebalkan Semua Orang

4. Menaruh sikat gigi berdekatan dengan milik anggota keluarga yang lain

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? smiledentalpartners.com

Kuman dari flu, bakteri E.coli, Strep, dan jamur biasanya berada di sikat gigi. Oleh karena itu sebaiknya letakkan sikat gigimu berjauhan dengan sikat gigi milik anggota keluarga yang lain, mengapa? Karena jarak sikat gigi yang berdekatan akan memudahkan berpindahnya bakteri dari sikat gigi yang satu dengan yang lainnya.

5. Lupa vaksin flu

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? cbc.ca

Penyakit flu sering dianggap sepele, hingga kebanyakan orang-orang lupa untuk melakukan vaksin flu. Padahal, meski tidak efektif 100 persen dapat mencegah flu, dengan melakukan vaksin ini dapat meringankan penyakit ini serta akan membuatmu lebih cepat sembuh dari biasanya.

Namun, sebaiknya kamu konsultasi ke dokter dulu untuk melakukan vaksin flu, karena ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat seseorang harus konsultasi ke dokter dulu sebelum melakukan vaksin flu, yaitu orang yang memiliki alergi terhadap komponen vaksin, dan orang yang menderita Guillain Barre Syndrome.

Selain itu, vaksin flu tidak diperbolehkan untuk dilakukan pada bayi berusia di bawah 6 bulan dan orang yang sedang sakit. Karena akan berakibat fatal jika dilakukan vaksin flu pada dua golongan tersebut.

6. Bermain ponsel di kamar mandi

6 Kebiasaan Sepele Penyebab Rentan Terserang Flu, Masih Kamu Lakukan? cilisos.my

Di zaman yang modern ini, kebanyakan orang tidak bisa lepas dari ponsel. Bahkan ada juga lho yang buang air besar pun mereka masih bermain ponsel, dengan dalih untuk membunuh waktu.

Padahal kebiasaan buruk tersebut dapat memicu seseorang rentan terserang virus flu lho, mengapa? Karena dengan bermain ponsel di kamar mandi akan membuat ponselmu menjadi terkontaminasi dengan material feses dan berbagai macam bakteri yang ada di kamar mandi.

Nah, sebaiknya segera hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kamu tidak rentan terserang virus flu dan terserang berbagai macam penyakit lainnya. Selalu jaga kebersihan ya!

Baca Juga: Gampang Banget, Ini 8 Cara Terbaik Memanjakan Diri di Rumah Saat Flu

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya