Comscore Tracker

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuh

Rempah-rempah yang kaya akan manfaat!

Cengkih merupakan salah satu rempah-rempah, yang berasal dari pohon cengkih, yaitu cemara, yang dikenal sebagai Syzygium aromaticum. Cengkih sering digunakan sebagai bumbu masakan, yang umumnya ditemukan dalam bentuk utuh, maupun bubuk. Selain digunakan untuk membumbui masakan, cengkih juga digunakan sebagai perasa dalam minuman panas, karena rasanya yang manis dan juga aromatik.

Khasiat cengkih di bidang kuliner sungguh luar biasa, bahkan cengkih juga digunakan sebagai rempah-rempah pokok pada masakan India. Nah, di balik khasiatnya yang luar biasa di bidang kuliner, ternyata cengkih juga memiliki banyak khasiat di dunia medis lho guys. Bahkan, cengkih juga sering digunakan sebagai obat untuk untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Nah, berikut ini ulasan tujuh khasiat cengkih, yang ternyata masih jarang orang yang mengetahuinya. 

1. Menjaga kesehatan tulang

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhtimesnownews.com

Khasiat pertama dari cengkih adalah dapat menjaga kesehatan tulang. Ekstrak hidro-alcohol pada cengkih, yaitu senyawa fenolik, yang terdiri dari eugenol, dan kandungan lain yang terkandung di dalamnya, seperti isoflavon, flavon, dan flavonoid, mampu untuk menjaga kepadatan tulang dan meningkatkan kemampuan tarik tulang, pada masalah tulang, seperti osteoporosis.

2. Meningkatkan kesehatan hati (liver)

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhtimesofindia.com

Selain dapat mempromosikan kesehatan tulang, cengkih juga dapat meningkatkan kesehatan hati (liver). Senyawa yang terdapat pada minyak cengkih, yaitu eugenol, dipercaya dapat mendukung kesehatan hati. Senyawa yang juga berperan dalam memberikan aroma pada minyak cengkih tersebut, dapat membantu menurunkan resiko sirosis hati.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi pada cengkih, mampu untuk mencegah stres oksidatif, yang nantinya dapat memicu penyakit hati. 

3. Berguna untuk kesehatan pencernaan

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhhopkinsmedicine.org

Selain dapat menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kesehatan hati, cengkih juga mampu mendukung kesehatan pencernaan. Cengkih mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, dengan cara merangsang sekresi enzim pencernaan, sehingga mampu mengatasi mual, perut kembung, iritasi lambung, dan dispepsia. 

Baca Juga: 8 Manfaat Hebat Cabai Hijau, Gak Cuma Penggugah Selera Makan!

4. Menjaga kesehatan mulut

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhoprah.com

Nah, ini dia salah satu khasiat cengkih yang paling terkenal di dunia medis, yaitu mampu menjaga kesehatan mulut. Ekstrak kuncup cengkih, mampu mengontrol pertumbuhan patogen oral, yang merupakan penyebab dari munculnya berbagai macam penyakit mulut, seperti penyakit pada gusi, yaitu periodontitis dan gingivitis. Selain itu, cengkih juga mampu mengatasi rasa sakit pada sakit gigi, karena sifatnya yang mampu membunuh rasa sakit. 

5. Perawatan diabetes

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhdailypost.ng

Selain khasiatnya yang luar biasa di bidang kuliner, cengkih juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Cengkih sering digunakan dalam pengobatan tradisional, untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu, salah satunya yaitu diabetes. Para penderita diabetes biasanya mengalami kekurangan produksi insulin, dan bahkan pada penderita diabetes tipe 1, sama sekali tidak bisa memproduksi insulin.

Insulin merupakan hormon yang berperan penting dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Nah, ekstrak cengkih mampu menyerupai insulin dengan cara tertentu, sehingga mampu mengontrol kadar gula dalam darah.  

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhgenesisgym.com

Selain dapat digunakan untuk perawatan diabetes, cengkih juga mampu lho meningkatkan kekebalan tubuh. Kuncup bunga cengkih yang telah dikeringkan, mengandung senyawa yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dengan cara meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga dapat menunda penyakit hipersensitivitas. 

7. Mengobati sakit kepala

Gak Cuma Jadi Bumbu Dapur, Ini 7 Khasiat Cengkih untuk Kesehatan Tubuhbeginningstreatmen.com

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, cengkih juga mampu mengobati sakit kepala lho guys. Senyawa pada minyak cengkih, yaitu eugenol, mampu mengobati sakit kepala. Kamu dapat mengolah cengkih menjadi teh, untuk mengobati sakit kepala yang sedang kamu alami. Selain dapat mengobati sakit kepala secara efektif, cengkih juga tidak memiliki efek samping, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita sakit kepala, yang juga memiliki penyakit lainnya.

Nah,  itulah ulasan tujuh khasiat cengkih, yang ternyata masih jarang diketahui orang. Wah, ternyata cengkih gak hanya lezat, namun juga menyehatkan ya guys! 

Baca Juga: 7 Manfaat dari Manggis, Menjaga Tubuh Tetap Sehat

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You