Comscore Tracker

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!

Superfood yang kaya manfaat

Bayam merupakan salah satu sayuran yang terkenal dengan kandungan gizi dan nutrisinya yang sangat tinggi, seperti antioksidan, mineral, vitamin, fitonutrien, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya, membuat bayam menjadi salah satu superfood, yang mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat bayam untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Membantu perkembangan janin

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!babycentre.co.uk

Manfaat pertama bayam untuk kesehatan, adalah mampu membantu perkembangan janin. Kandungan folat pada bayam, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan janin dalam masa pertumbuhan, dan untuk pengembangan sistem saraf. Selain itu, folat juga dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

2. Mencegah katarak

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!allaboutvision.com

Selain dapat membantu perkembangan janin, bayam juga dapat mencegah katarak lho guys. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada bayam, berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah mata terkena efek keras dari sinar UV, yang dapat menyebabkan katarak. Selain itu, antioksidan tersebut juga dapat mengurangi dampak dari radikal bebas, yang merupakan salah satu faktor utama penyebab katarak.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Sayur Kecipir bagi Kesehatan!

3. Meredakan gejala hemofilia

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!pharmaceutical-technology.com

Tak hanya dapat mencegah katarak saja, bayam juga mampu mengurangi gejala hemofilia. Hemofilia merupakan suatu kondisi dimana darah tidak mampu menggumpal secara normal, akibat kurangnya protein pembekuan darah yang cukup, sehingga mengakibatkan darah yang keluar menjadi sulit membeku. Seseorang yang menderita hemofilia, akan mengalami pendarahan yang lebih lama, ketika ia mengalami cedera.

Nah, bayam ini mengandung banyak vitamin K, yang mampu membantu proses pembekuan darah, dengan cara memproduksi protrombin, sehingga dapat meringankan gejala yang ditimbulkan oleh hemofilia.

4. Memperkuat otot

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!baystrength.com

Selain dapat meringankan gejala hemofilia, bayam juga mampu memperkuat otot lho guys. Antioksidan yang dimiliki bayam, yaitu Coenzyme-Q10 (C0-Q10), berperan penting dalam memperkuat otot, terutama otot pada bagian jantung, yang terus-menerus memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

5. Memberi energi

5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan, Efektif Mencegah Katarak!gearpatrol.com

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar dari bayam untuk kesehatan, yaitu dapat memberi energi. Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, cenderung mengandung banyak kalium dan magnesium, merupakan nutrisi yang mampu menghasilkan energi dan mengatur fungsi otot dan juga saraf.

Nah, itulah ulasan lima manfaat bayam bagi kesehatan, yang ternyata efektif dalam mencegah katarak, dan memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Sayur Hijau? 7 Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Daun Seledri

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You