Comscore Tracker

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! 

Ada banyak manfaat sehat tersembunyi dibalik kesegarannya

Brokoli merupakan sayuran hijau yang termasuk dalam keluarga kubis dan diklarifikasikan dalam kelompok kultivar italica, dari spesies Brassica oleracea.

Sayuran hijau yang memiliki kepala bunga besar ini tak hanya memiliki rasa yang lezat saja, namun juga mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut 6 manfaat brokoli untuk kesehatan. 

1. Mengontrol kadar gula darah

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! newindianexpress.com

Manfaat pertama dari brokoli untuk kesehatan adalah dapat mengontrol kadar gula darah.

Sebuah studi yang dilakukan pada manusia menemukan fakta bahwa rutin mengonsumsi brokoli setiap hari selama 1 bulan dapat menyebabkan penurunan resistensi insulin secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan fakta bahwa makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti brokoli mampu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. 

2. Mendukung kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! pitara.com

Selain dapat mengontrol kadar gula darah, brokoli juga mampu mendukung kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada brokoli mampu menjaga kesehatan pencernaan dan fungsi usus yang sehat.

Selain itu, serat makanan pada brokoli mampu membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. 

3. Mendukung kesehatan mata

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! medicalnewstoday.com

Nah, ini dia salah satu manfaat terbesar brokoli untuk kesehatan yaitu mampu mendukung kesehatan mata. Kandungan karotenoid yang tinggi pada brokoli yaitu lutein dan zeaxanthin terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan mata.

Lutein pada brokoli mampu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dan cahaya biru yang berasal dari ponsel, laptop, dan perangkat elektronik sejenis lainnya. 

Baca Juga: 5 Resep Ini Bikin Kamu Makin Doyan Makan Brokoli, Yuk Intip!

4. Mempromosikan kesehatan gigi dan mulut

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! advancedmedicalgroup.ca

Gak hanya mampu menyehatkan mata saja, brokoli juga mampu mendukung kesehatan gigi dan mulut. Kandungan vitamin C dan kalsium yang tinggi pada brokoli mampu menurunkan risiko penyakit pada gusi atau yang biasa disebut dengan penyakit periodontal.

Selain itu, penelitian tambahan juga menemukan fakta bahwa kandungan sulforaphane pada brokoli mampu menurunkan risiko kanker mulut. 

5. Mendukung kesehatan ibu hamil dan mencegah cacat lahir

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! independent.co.uk

Brokoli adalah salah satu makanan terbaik untuk ibu hamil lho guys. Brokoli mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti protein, vitamin, kalsium, antioksidan, fosfor dan zat besi. Kandungan serat yang tinggi pada brokoli mampu mencegah sembelit yang sering terjadi pada masa kehamilan.

Selain itu, kandungan folat pada brokoli mampu untuk mencegah terjadinya cacat lahir, seperti cacat tabung saraf yang sering terjadi karena sang ibu kekurangan folat pada makanannya di masa kehamilan. 

6. Mendetoksifikasi tubuh

Gak Hanya Lezat, Ini 6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatanmu! utopiawellness.com

Selain mampu mendukung kesehatan ibu hamil dan mencegah cacat lahir, brokoli juga mampu mendetoksifikasi tubuh lho guys.

Kandungan vitamin C, sulfur dan asam amino pada brokoli mampu menghilangkan radikal bebas dan racun dari tubuh sehingga mampu membersihkan darah dan menjauhkan masalah yang berhubungan dengan racun, seperti batu ginjal, rematik, asam urat, gatal-gatal, ruam, bisul dan eksim.

Selain itu, brokoli juga termasuk sebagai sayuran alkali yang mampu menyeimbangkan kadar pH tubuh. 

Dibalik rasanya yang segar, ternyata brokoli memiliki banyak manfaat yang luar biasa lho untuk kesehatan!

Baca Juga: 5 Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi Oleh Anak

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You