Comscore Tracker

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!

Jangan sampai terlambat nantinya

Banyak sekali gejala-gejala yang menunjukkan seseorang mengidap penyakit tertentu. Salah satunya diabetes. Penyakit yang satu ini seringkali diabaikan banyak orang karena tidak mengerti gejala yang ditimbulkan. Padahal diabetes sendiri termasuk penyakit yang cukup serius.

Nah, daripada terlambat nantinya lebih baik kamu mengantisipasi jika menemukan keenam gejala diabetes di bawah ini. Jangan diabakan lagi ya jika sudah muncul keenam gejala berikut.

1. Sering merasa kelelahan

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!Unsplash/Nik Shuliahin

Kelelahan yang dimaksud bukan seperti kelelahan biasa. Jika lelah biasa dapat diatasi dengan istirahat yang cukup, berbeda dengan kelelahan karena diabetes. Penderita diabetes masih akan merasa sangat lelah meskipun telah beristirahat selama berhari-hari. Hal ini diakibatkan oleh kadar gula darah mereka yang bertambah.

2. Sering merasa haus

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!pexels.com/JobwellXPGA

Jika kamu sering merasa sangat haus akhir-akhir ini, bisa jadi itu salah satu gejala yang ditimbulkan dari penyakit diabetes. Karena ginjal penderita diabetes selalu berfungsi setiap saat untuk menyerap gula yang berlebih. Maka dari itu, tubuh akan cepat merasa dehidrasi. Sehingga kamu tentu akan sering merasa cepat haus.

Baca Juga: Waspada, 8 Gejala Stroke Ini Bisa Terjadi di Usia Muda Secara Mendadak

3. Berat badan berkurang

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!pexels.com/rawpixel

Berkurangnya berat badan disertai sering merasa lapar merupakan salah satu gejala diabetes. Hal tersebut karena efek samping yang ditimbulkan oleh pertambahan urine yang menyebabkan kalori yang berkurang dengan cepat. Biasanya juga disertai dengan rasa lapar yang tinggi.

4. Gangguan penglihatan

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!pexels.com/designecolotic

Jika penglihatanmu seringkali kabur, hal ini bisa jadi karena gejala yang diakibatkan oleh penyakit diabetes. Menurut Dr. Chopra, hal ini karena banyaknya gula yang berada dalam darah mengalir di seluruh tubuh, termasuk lensa kedua mata. Sehingga kemungkinan akan menyebabkan penglihatanmu seringkali kabur.

5. Terdapat bercak kecolatan di kuku

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!healthfully.com

Meski belum tentu akurat, bercak kecokelatan membentuk garis yang muncul di kuku bisa jadi karena penyakit serius seperti pneumonia maupun diabetes. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Caleb Backe. Jadi jika kamu memiliki bercak kecokelatan di kukumu, lebih baik segera ke dokter untuk mendeteksi penyakit yang kemungkinan muncul.

6. Nafas terasa manis di pagi hari

6 Gejala Diabetes yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Wajib Tahu Nih!pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Jika nafasmu seringkali terasa manis di pagi hari, ini adalah salah satu gejala diabetes yang tidak boleh kamu abaikan. Nafas terasa manis merupakan gejela pre-diabetes yang muncul dari masalah peradangan. Hal ini juga diungkapkan oleh Dr. Caleb Backe.

Nah, itulah 6 gejala diabetes yang mungkin sering kamu abaikan. Jika kamu menemukan keenam gejala di atas, segera periksakan dirimu ke dokter daripada terlambat nantinya.

Baca Juga: Wajib Tahu, 8 Kebiasaan Ini dapat Meningkatkan Risiko Diabetes

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya