Comscore Tracker

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahu

Ternyata berguna banget lho!

Minyak kelapa sering dianggap sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal khasiat yang diberikan sangatlah banyak. Menurut penelitian, Minyak kelapa tidak hanya dapat mengatasi berbagai macam penyakit, namun juga dapat membantu menyeimbangkan darah yang mengalir di dalam tubuh.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Seperti keenam manfaat minyak kelapa berikut ini.

1. Dapat digunakan sebagai antiseptik

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahuhealthline.com

Asam laurik yang terdapat dalam minyak kelapa bisa membunuh bakteri, virus, dan jamur sekalipun. Penelitian menunjukkan jika asam laurik dapat membunuh Staphylococcus Aureus, salah satu jenis bakteri. Sehingga minyak kelapa dapat berguna sebagai antiseptik alami yang bisa kamu gunakan saat situasi darurat.

2. Meningkatkan kolestrol baik

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahupexels.com/rawpixel

Terdapat 2 jenis kolestrol, yakni LDL yang juga disebut kolestrol jahat dan juga HDL yaitu jenis kolestrol baik. HDL dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dan kabar baiknya, kandungan yang terdapat di dalam minyal kelapa dapat meningkatkan kadar kolestrol HDL. Sehingga mereka yang rajin mengkonsumsi minyak kelapa tentu lebih sering terbebas dari penyakit jantung.

3. Bagus untuk kesehatan kulit

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahupexels.com/pixabay

Minyak kelapa dapat digunakan untuk meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit. Penelitian menyatakan jika minyak kelapa dapat mencegah kulit dari dehidrasi. Minyak kelapa juga berguna untuk mencegah kulit tetap sehat dan tidak cepat keriput.

Baca Juga: 5 Kesalahan Merawat Wajah yang Bikin Kulit Makin Berminyak

4. Membantu mengurangi berat badan berlebih

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahupexels.com/rawpixel

Jika kamu memiliki berat badan berlebih, minyak kelapa sangat efektif digunakan untuk dietmu. Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2009 di mana subjeknya adalah 40 wanita yang menderita obesitas. Mereka yang mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin terbukti mengalami penurunan berat badan secara signifikan daripada mereka yang mengkonsumsi kedelai.

5. Dapat meningkatkan metabolisme tubuh

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahupexels.com/run4ffwpu

Kandungan triglycerides yang terdapat dalam minyak kelapa berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena nutrisi dari minyak kelapa akan langsung turun ke hati, di mana biasa digunakan sebagai tempat menyimpan cadangan energi. Sehingga minyak kelapa sangat dianjurkan dikonsumsi oleh para atlet.

6. Mampu meningkatkan daya ingat otak

6 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Tubuh yang Tak Banyak Orang Tahupexels.com/pixabay

Minyak kelapa ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat otak. Sebuah penelitian pada tahun 2004 membuktikan jika pasien yang menderita Alzheimer memiliki perkembangan daya ingat setelah rutin mengkonsumsi minyak kelapa. Karena kandungan dalam minyak kelapa dapat memperbaiki sel otak yang mengalami kerusakan.

Nah, itulah 6 manfaat minyak kelapa bagi tubuh yang tak banyak orang tahu. Kira-kira kamu masih menyepelekan khasiat minyak kelapa gak, nih?

Baca Juga: 7 DIY Masker Minyak Kelapa Murni Terbaik untuk Dapatkan Kulit Bersinar

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya