Comscore Tracker

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulas

Jangan sampai insomnia mengganggu aktivitasmu...

Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah saat kita mengalami insomnia. Padahal, manusia sendiri membutuhkan tidur yang cukup.

Tubuh kita memerlukan setidaknya istirahat paling sedikit lima jam setiap hari. Namun, kadang karena insomnia, kamu kesulitan tidur dan tetap terjaga hingga larut malam. Ini tentu akan mengganggu aktivitasmu di pagi hari.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebenarnya banyak, kok, obat alami yang bisa membuatmu cepat mengantuk tanpa harus meminum obat tidur. Apa saja, sih? Yuk, simak di bawah ini.

1. Madu dan garam

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulaspexels.com/stevepv

Siapa sangka ternyata madu dan garam dapat membuatmu cepat mengantuk. Itu karena kandungan yang terdapat dalam madu dan garam membantu tubuhmu memproduksi hormon yang membuatmu merasakan kantuk. Cukup minum satu sendok madu yang ditambahkan sedikit garam. Minum secara teratur setiap malam sebelum tidur, dijamin kamu tidak akan lagi merasakan Insomnia.

2. Jus buah ceri

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulaspixabay.com/olga-filo

Meminum satu sendok jus ceri sebelum tidur bisa membuatmu lebih cepat mengantuk daripada biasanya. Itu karena jus ceri memang membantu tubuh memproduksi melatonin secara alami. Banyaknya melatonin inilah yang membuat manusia merasa mengantuk atau tidak.

Terlebih lagi, tidak ada efek samping yang didapatkan dari jus ceri sehingga aman untuk dikonsumsi siapa pun termasuk anak kecil.

Baca Juga: 5 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Mengatur Hormonmu dengan Baik

3. Kamomil

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulaspicabay.com/congerdesign

Kamomil memang terbukti membantu tubuh merasa relaks dan tenang. Sehingga, teh kamomil selalu menjadi pilihan bagi banyak orang untuk diminum di pagi hari.

Namun, ternyata kamomil juga berguna untuk membantu tubuh terasa lebih ringan dan mudah mengantuk, loh. Sangat dianjurkan untuk meminum segelas teh kamomil sebelum beranjak tidur setiap harinya.

4. Lavendel

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulaspixabay.com/skeeze

Mencium bau lavendel memang dapat memberikan efek menenangkan. Aroma lavendel sendiri dapat membuat otak dan tubuh kita merasa relaks dan mulai merasa mengantuk.

Ini tentu efektif buat kamu yang sering merasa insomnia, tapi malas meminum sesuatu. Cukup letakkan lilin aroma terapi lavendel di kamarmu atau bisa juga menggunakan diffuser beraroma lavendel. Dijamin kamu akan cepat mengantuk saat mencium aromanya.

5. Akar valerian

Kena Insomnia? 5 Obat Alami Ini Membantumu Tidur dengan Sangat Pulasinsomnia.net

Akar dari bunga valerian biasanya sering dibuat suplemen maupun teh herbal. Meski terlihat seperti bunga biasa, akar valerian nyatanya dapat membantu menyembuhkan insomnia. Kamu bisa membelinya dalam bentuk kapsul maupun teh herbal di toko tertentu atau bisa juga mencarinya di toko daring.

Nah, itulah lima obat alami untuk menyembuhkan insomnia. Jangan terlalu banyak mengonsumsi bahan kimia seperti obat, ya. Hal itu tentu tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Baca Juga: 6 Khasiat Echinacea, Tanaman Herbal Ampuh Tingkatkan Imunitas

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya