Comscore Tracker

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastis

Gak cuma karena makan lho!

Bertambah dan berkurangnya berat badan termasuk hal wajar. Karena tubuh kita tidak terbentuk dari batu yang beratnya sama terus-menerus kecuali mengalami pengikisan. Tubuh manusia terbentuk dari tulang, air otot, dan lemak yang dalam waktu tertentu dapat bertambah dan berkurang.

Namun, terkadang kita mengalami bertambahnya berat badan yang terbilang drastis. Padahal beberapa hari lalu beratmu terbilang normal. Jika kamu mengalami hal demikian, biasanya ada beberapa faktor penyebabnya nih. Bisa jadi kelima hal di bawah ini yang menyebabkan berat badanmu bertambah.

1. Kurang minum air putih

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastisbustle.com

Kamu tidak salah baca, memang kurangnya mengonsumsi air putih dapat menyebabkan berat badan bertambah. Karena memang dianjurkan untuk meminum 2 gelas air putih sesudah dan sebelum makan. Hal ini agar kamu dapat merasa cepat kenyang. Apalagi air putih sangat dibutuhkan agar tubuh tidak dehidrasi.

Jadi, cobalah untuk rutin meminum air putih agar kamu tidak kalap saat sedang makan nih karena tidak merasa kenyang.

2. Mengalami depresi

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastispixabay.com/darksouls1

Ada 2 tipe orang ketika mengalami depresi. Tipe pertama yakni tidak memiliki nafsu sedikitpun untuk makan dan cenderung memiliki pola makan tidak teratur. Sedangkan tipe kedua yaitu mereka yang nafsu makannya bertambah ketika mengalami depresi. Mereka selalu merasa lapar dan makanan apapun bisa habis dilahapnya.

Itulah mengapa beberapa orang yang mengalami depresi biasanya juga mengalami pertambahan berat badan secara drastis. Jika kamu mengalami ini, segeralah konsultasi ke psikologi maupun psikiater untuk menangani depresimu. Karena kesehatan mental sangatlah penting.

Baca Juga: 7 Tanda Pasanganmu Adalah Faktor Penyebab Berat Badanmu Naik

3. Tidur larut malam

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastisunsplash.com/Matthew T Rader

Jika kamu sering mengalami insomnia, ini bisa menjadi penyebab mengapa berat badanmu bertambah secara drastis. Karena kurangnya tidur yang cukup dapat menyebabkan meningkatkan leptin, yakni hormon yang memproduksi rasa lapar.

Jadi, biasanya mereka yang sering mengalami insomnia cenderung akan mengonsumsi makanan instan atau junk food di malam hari. Sehingga tidak heran jika berat badan mereka akan bertambah drastis.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastispixabay.com/ritae

Mengonsumsi gula secara berlebihan memang tidak baik bagi tubuhmu. Karena gula sendiri merupakan pemicu obesitas tertinggi. Tidak hanya menyebabkan obesitas, gula juga dapat menimbulkan penyakit diabetes lho. So, jika setiap hari kamu mengonsumsi makanan manis seperti cokelat, donat, maupun kue. Yuk, mulai sekarang kurangi ya. Karena sehat itu paling utama.

5. Obat-obatan

5 Penyebab Mengapa Berat Badanmu Tiba-tiba Bertambah Drastispixabay.com/qimono

Banyak obat-obatan yang dapat menyebabkan berat badan bertambah. Misalnya seperti obat antidepressant. Obat ini biasanya akan meningkatkan nafsu makan. Sehingga kamu akan terus-terusan merasa lapar meskipun sudah makan dengan porsi yang cukup. Tidak hanya obat antidepressant, biasanya suplemen untuk kulit juga demikian.

Nah, itulah lima penyebab mengapa berat badanmu tiba-tiba bertambah secara drastis. Kira-kira nomor berapa nih yang cocok denganmu?

Baca Juga: Jangan Keliru, Ini 8 Cara Tepat Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You