Comscore Tracker

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!

Wajib tahu penyebabnya nih!

Pernah gak sih kamu mengalami perubahan warna pada saat buang air besar? Tanpa sadar kamu buang air besar berwarna hijau. Mungkin hal ini terlihat wajar saja, apalagi saat BAB tidak disertai rasa sakit. Tapi meski begitu, kamu juga harus waspada lho mengenai penyebab dari kotoranmu yang berubah warna.

Nah, berikut ini ada beberapa faktor penyebab yang memungkinkan menyebabkan BAB kamu berubah warna menjadi hijau. Yuk, simak dan pahami baik-baik yah.

1. Makanan yang kamu konsumsi

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!pexels.com/Roger Cziwerny

Makanan yang kamu konsumsi nyatanya sangat berpengaruh lho terhadap BAB-mu. Jika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung pewarna hijau yang banyak, besar kemungkinannya BAB-mu juga akan berwarna hijau. Kalau memang karena faktor makanan yang kamu makan, kamu tidak perlu panik guys. Karena BAB berwarna hijau karena makanan tidak berbahaya.

2. Faktor diet

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!pexels.com/Ella Ollson

Jika kamu sedang menjalani diet tertentu, seperti diet dengan memakan buah-buahan seperti sayur-sayuran berwarna hijau maupun buah berry. Kemungkinan BAB-mu juga akan ikut berubah warna menjadi hijau. Ini disebabkan dari klorofil di tanaman yang memproduksi warna hijau. Kamu juga tidak perlu khawatir saat BAB berubah warna saat sedang diet.

Baca Juga: Benarkah Rajin BAB Bikin Berat Badan Cepat Turun? Berikut 7 Faktanya!

3. Infeksi bakteri

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!pexels.com/rawpixel

Bakteri dapat menyebabkan perubahan warna pada kotoranmu. Faktanya, bakteri yang menginfeksi saluran pencernaanmu dapat mengubah warna BAB menjadi hijau. Biasanya juga dibarengi dengan diare. Bakteri yang memungkinkan menganggu pencernaan seperti salmonella, E. coli, clostridium diffisicile, serta virus dan parasit giardia.

Jika kamu mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Faktor pasca operasi kantong empedu

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!pexels.com/rawpixel

Jika kamu baru saja melakukan operasi kantong empedu, maka tubuhmu tidak bisa memproduksi empedu. Hal ini menyebabkan kotoranmu akan berubah menjadi hijau. Tapi hanya berlangsung sebentar saja, sekitar 8 mingguan sampai BAB-mu akan kembali normal. Namun jika kamu masih mengalami BAB berwarna hijau selama lebih dari 10 minggu, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter. 

5. Faktor antibiotik dan obat-obatan

5 Penyebab Mengapa BAB Kamu Berwarna Hijau, Jangan Dianggap Sepele!pexels.com/pixabay

Antibiotik dan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan BAB-mu berubah warna menjadi hijau. Ini dikarenakan antibiotik membunuh bakteri jahat dan baik. Sedangkan tubuh juga membutuhkan bakteri baik. Tanpa bakteri baik, maka tubuh akan memproduksi kotoran berwarna hijau. Sebaiknya kurangi mengkonsumsi antibiotik serta obat-obatan secara berlebihan. 

Nah, itulah lima penyebab mengapa BAB kamu bisa berubah warna menjadi hijau. Jadi, sudah tidak perlu panik kan jika tiba-tiba BAB kamu berubah warna.

Baca Juga: Susah Buang Air Besar? Awas, Tubuhmu Bisa Mengalami 6 Hal Serius Ini

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You