Comscore Tracker

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!

Kamu cenderung tidak memiliki gairah dalam hidup

Depresi menjadi salah satu penyakit mental yang bisa menyerang siapa saja. Bahkan mereka yang hidupnya terlihat bahagia pun nyatanya bisa mengalami depresi. Karena memang depresi tidak pernah memandang usia, jenis kelamin, maupun pekerjaan. Apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang lebih mudah membuat seseorang mengalami depresi.

Hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahui dirinya sedang terkena depresi. Hal ini tentu akan menghambat proses penyembuhan dari depresi itu sendiri. Kamu sebenarnya bisa mengetahui apakah kamu menderita depresi dengan 7 tanda di bawah ini.

1. Kamu merasa putus asa dengan hidupmu

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/Dana Tentris

Apakah saat ini kamu tengah merasa putus asa? Bahkan merasa apapun yang kamu lakukan akan berujung sia-sia?. Jika iya, bisa jadi kamu tengah mengalami depresi. Saat depresi, manusia seringkali menganggap ia sudah gagal begitu pula dengan masa depannya.

Sangat penting untuk mengetahui tanda ini, karena rasa keputusasaan bisa menyebabkan seseorang ingin mengakhiri hidupnya. So, kamu harus meyakini bahwa merasa putus asa hanya sebuah fase depresi yang pada akhirnya bisa kamu lewati dengan kuat.

2. Waktu tidurmu berbeda dari biasanya

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/freephotos

Ada dua kemungkinan yang bisa dialami orang depresi terkait masalah tidurnya. Ia bisa kurang tidur maupun terlalu banyak tidur. Kurang tidur karena ia terlalu sering menghabiskan waktunya untuk begadang dan memikirkan semua masalahnya sampai larut malam. Sedangkan mereka yang terlalu banyak tidur memang menggunakan tidur sebagai pelarian dari masalah.

3. Kamu tidak memiliki ketertarikan terhadap apapun

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/greehawk

Saat mengalami depresi, kamu kehilangan rasa ketertarikanmu terhadap segala sesuatu. Bahkan hal yang dulu sangat menurutmu menarik bisa berubah 180 derajat ketika depresi melanda. Kamu merasa seperti tidak memiliki gairah dalam hidup. Jika kamu merasakan hal seperti ini, sudah waktunya kamu mencari pertolongan untuk menangani depresimu.

Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Melawan Depresi

4. Kamu tidak memiliki gairah untuk hidup

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/freephotos

Jika kamu sudah tidak memiliki semangat untuk hidup, saat ini bisa jadi kamu sedang mengalami depresi. Kamu merasa tugas yang kamu jalani terasa semakin berat setiap harinya. Wajahmu akan selalu terlihat kusut dan loyo karena tidak adanya gairah lagi dalam melakukan segala aktivitas. Kamu seperti kehilangan energi bahkan untuk bangun tidur sekalipun.

5. Kamu sering marah dan tidak sabaran

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/robinhiggins

Apakah baru-baru ini kamu merasa terlalu sering marah karena sesuatu yang terbilang sepele? Atau kamu selalu tidak sabaran sampai membuat rekan kerjamu kesal terhadapmu? Jika iya, sepertinya kamu tengah mengalami depresi. Tentu berat menangani emosi yang terbilang jauh dari kata stabil.

Kamu harus segera mencari pertolongan terhadap depresimu sebelum hubunganmu dengan orang lain akan rusak karena emosimu yang tidak stabil.

6. Kamu mengisolasi diri dari kerumunan

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pexels.com/freephotos

Saat mengalami depresi, orang akan cenderung menarik diri dari lingkungan. Kamu lebih sering menghabiskan waktunya dengan menyendiri daripada berbaur dengan orang lain. Padahal sebelumnya kamu merasa senang saat berada di tengah-tengah kerumunan. Sebenarnya cara efektif untuk menangani depresi adalah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang kamu sayang.

7. Kamu benci diri sendiri

7 Tanda Depresi yang Mungkin Sering Kamu Abaikan, Hati-hati Ya!pixabay.com/18714584

Salah satu tanda paling nyata kamu mengalami depresi adalah ketika kamu lebih membenci diri sendiri daripada orang lain. Kamu cenderung merasa tidak berguna. Kamu bahkan menganggap kehadiranmu hanyalah sebuah kesalahan. Saat bangun dari tidur kamu akan dihinggapi rasa bersalah dan tidak nyaman dengan hidupmu sendiri.

Jika kamu mengalami 7 tanda di atas, bisa jadi kamu sedang mengalami depresi. Depresi memang wajar dialami oleh setiap orang. Hanya saja pastikan kamu memberitahu seseorang yang kamu percaya mengenai keadaanmu saat ini.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Memiliki Hewan Peliharaan, Ada Bisa Cegah Depresi

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

21st century girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You