Comscore Tracker

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gula

Salah satu manfaatnya adalah bikin panjang umur!

Greek yogurt atau yoghurt Yunani merupakan jenis yoghurt yang paling menyehatkan. Sebab, yoghurt ini mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat membawa berbagai manfaat.

Semua jenis yoghurt adalah sumber kalsium, potasium, protein, zink, dan vitamin B6 dan B12 yang sangat baik. Namun, beda dengan jenis yoghurt lainnya, Greek yoghurt mengalami proses penyaringan terlebih dahulu untuk menghilangkan whey atau cairan yang mengandung laktosa. Inilah kenapa Greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dan lembut. Berikut ini manfaat Greek yoghurt untuk kesehatan!

Greek yoghurt dianggap sebagai jenis yoghurt yang paling sehat

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi greek yoghurt (freepik.com/freepik)

Bukannya melebih-lebihkan, tetapi berbagai kandungan dari Greek yoghurt membuatnya dianggap sangat sehat. Bukan cuma teksturnya lebih kental dan lembut karena melalui proses penyaringan, jenis yoghurt ini juga mengandung protein dua kali lebih banyak dibanding yoghurt biasa, sehingga lebih mengenyangkan, dilansir University of Tennessee Medical Center.

Greek yoghurt juga memiliki gula, natrium, dan karbohidrat yang lebih sedikit dibanding yoghurt biasa. Karena kandungan gula yang lebih sedikit, Greek yoghurt lebih mudah dicerna dan cenderung aman dikonsumsi oleh orang-orang dengan intoleransi laktosa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah ragam manfaat Greek yoghurt yang bisa kamu dapat bila rutin mengonsumsinya.

1. Memberi rasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menurunkan berat badan

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi greek yoghurt (medicalnewstoday.com)

Kandungan protein yang melimpah dalam Greek yoghurt membuat kita merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian, peningkatan protein makanan membuat kita mengonsumsi kalori yang lebih sedikit, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Dilansir Eat This, Not That!, Greek yoghurt dapat membantu melawan lemak perut. Menurut sebuah studi yang dipresentasikan pada konferensi tahunan Society for Endocrinology, dikemukakan bahwa ketika protein dicerna dan dipecah, salah satu asam amino yang dihasilkan, yakni fenilalanin, akan memicu hormon yang membantu mengurangi nafsu makan, sehingga dapat berkontribusi dalam penurunan berat badan.

Baca Juga: 8 Manfaat Sehat Anggur Laut, Rahasia Umur Panjang Orang Jepang

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi otot dan tulang yang kuat (pixabay.com/sabinemondestin)

Mengonsumsi Greek yoghurt juga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan otot, serta dapat menurunkan risiko osteoporosis. Kalsium, protein, dan vitamin D dalam dalam Greek yoghurt dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, dan tentu efeknya akan lebih terasa bila dikonsumsi setiap hari.

Dilansir Healthline, kalsium merupakan kunci untuk membangun otot yang kuat dan membantu fungsi organ vital. Tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri, sehingga asupan kalsium dari makanan sangat penting untuk didapat. Satu porsi Greek yoghurt setidaknya dapat mencukupi sekitar 18,7 persen dari kebutuhan kalsium pada orang dewasa.

Kandungan protein yang tinggi juga membantu membangun massa otot setelah berolahraga atau melakukan latihan ketahanan. Protein juga dapat membantu pemulihan otot, sebab asam amino dalam protein diperlukan untuk memperbaiki robekan otot dan membantu produksi sel otot baru, mengutip Women’s Health.

3. Meningkatkan metabolisme dan kesehatan usus

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi makan greek yoghurt (freepik.com/gpointstudio)

Dilansir Medical News Today, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi protein seperti Greek yoghurt dapat meningkatkan pembakaran kalori setiap harinya. Konsumsi Greek yoghurt tentu harus dipadukan dengan makanan sehat lain yang mengandung cukup protein, karbohidrat berserat, dan lemak untuk membantu meningkatkan metabolisme secara optimal.

Greek yoghurt kaya akan kandungan probiotik, yakni bakteri baik yang dapat mengembalikan keseimbangan bakteri sehat di dalam usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Probiotik juga dapat mengurangi masalah perut seperti nyeri dan diare. Tanpa keseimbangan bakteri baik yang sehat dari probiotik, terlalu banyak bakteri jahat dapat menyebabkan kerusakan pada sistem imun.

4. Dapat menjaga kesehatan mental

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi makan greek yoghurt (freepik.com/pressfoto)

Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi yoghurt probiotik bermanfaat bagi kesehatan mental.

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutritional Neuroscience tahun 2016 menemukan bahwa pekerja yang mengonsumsi 100 gram yoghurt probiotik setiap hari mengalami lebih sedikit stres, depresi, dan kecemasan daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Efek ini kemungkinan disebabkan oleh hubungan antara usus dan otak, dan kemampuan usus untuk membuat neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin. Bakteri probiotik dalam Greek yoghurt dapat memengaruhi suasana hati dan menurunkan aktivitas di bagian otak yang bertanggung jawab atas rasa sakit dan emosi.

5. Dapat menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi cek tekanan darah (freepik.com/jcomp)

Greek yoghurt adalah bentuk susu fermentasi probiotik yang dapat menurunkan tekanan darah. Menurut metaanalisis 14 studi dalam British Journal of Nutrition tahun 2013 dan melibatkan lebih dari 700 partisipan, ditemukan kalau susu fermentasi dengan probiotik dapat membantu mengurangi tekanan darah. Akan tetapi, studi ini tidak konklusif.

Studi lainnya dalam jurnal Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases tahun 2015 yang melibatkan 156 partisipan dengan berat badan berlebih menemukan kalau konsumsi yoghurt probiotik tidak memengaruhi tekanan darah dan risiko kardiovaskular lainnya.

Jadi, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yoghurt terhadap tekanan darah.

Baca Juga: 8 Manfaat Sehat Keju, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

6. Dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi diabetes (pixabay.com/Tumisu)

Probiotik dalam Greek yoghurt juga dipercaya dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit diabetes tipe 2. Ini telah dikonfirmasi melalui sebuah penelitian berjudul “Yogurt and Diabetes: Overview of Recent Observational Studies” dalam Journal of Nutrition tahun 2017. 

Studi tersebut menunjukkan bahwa konsumsi yoghurt berpotensi dalam mencegah diabetes, sebab analisis terbaru menunjukkan risiko diabetes tipe 2 yang 14 persen lebih rendah bila seseorang mengonsumsi yoghurt sekitar 80-125 gram setiap harinya, dibanding orang-orang yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Akan tetapi, perhatikan kandungan gula dari Greek yoghurt yang dikonsumsi. Baiknya pilih produk yang bebas gula tambahan.

7. Dapat berkontribusi terhadap umur panjang

7 Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan, Tinggi Protein & Rendah Gulailustrasi orangtua makan yoghurt (yogurtinnutrition.com)

Mengonsumsi Greek yoghurt setiap hari dapat berkontribusi terhadap umur panjang yang terkait dengan diet Mediterania. Probiotik dalam yoghurt punya peran penting dalam sistem kekebalan tubuh, karena dapat membantu produksi sel darah putih yang sehat.

Tak hanya probiotik, kandungan antioksidan dan vitamin D dalam Greek yoghurt juga turut menunjang sistem imun.

Kalium dalam yoghurt juga dapat membantu mengeluarkan natrium berlebih dari tubuh, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Sementara itu, kandungan vitamin B12 juga dapat membantu produksi dan peredaran sel darah merah dalam tubuh, sehingga dapat membantu pengiriman oksigen menjadi lebih efisien, dilansir MedicineNet.

Greek yoghurt kuno biasanya terbuat dari susu kambing. Namun, sekarang bahan dasarnya bisa bervariasi. Manfaat Greek yoghurt yang begitu banyak mungkin yang membuat harganya relatif lebih mahal dibanding yoghurt jenis lain. Namun, sepadan, kok!

Pilihlah Greek yoghurt tawar atau plain tanpa tambahan pemanis untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Bila ingin menambahkan topping, kamu bisa menggunakan potongan buah segar sehingga nilai nutrisinya bertambah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, rutin konsumsi Greek yoghurt dalam pola makan sehat bergizi seimbang harianmu!

Baca Juga: 8 Manfaat Kecap untuk Kesehatan, Merupakan Sumber Natrium yang Baik

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya