Comscore Tracker

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kanker

Buah, daun, sampai bijinya memiliki khasiat

Di Indonesia, nangka tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar, tetapi juga bisa dijadikan sayur yang luar biasa sedapnya. Bahkan, bijinya pun bisa dinikmati dan bermanfaat. Pohon nangka merupakan pohon terbesar di dunia, dan berat buahnya sendiri bisa mencapai puluhan kilogram.  

Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan tanaman tropis dari suku Moraceae. Buah ini adalah sumber vitamin C, kalium, serat, serta vitamin dan mineral penting lainnya. Nangka memiliki rasa yang manis dan legit khas.

Dilansir Healthline, kandungan protein nangka ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibanding buah lain seperti apel dan mangga. Selain itu, nangka kaya akan berbagai jenis antioksidan. Kandungan nutrisinya inilah yang membuat nangka memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

1. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi tes kolesterol (freepik.com/rawpixel.com)

Dalam sebuah penelitian terhadap hewan, biji nangka dapat mengurangi kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat. Di sisi lain, biji nangka juga terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam World Academy of Science, Engineering and Technology, International Journal of Biological, Biomolecular, Agricultural, Food and Biotechnological Engineering tahun 2015, tikus yang mengonsumsi makanan yang kaya akan biji nangka mengalami peningkatan kadar HDL serta penurunan kadar LDL, dibanding tikus makan biji nangka lebih sedikit.

LDL merupakan penumpukan endapan lilin yang menempel pada dinding bagian dalam arteri. Menumpuknya kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti membatasi aliran darah, meningkatkan risiko serangan jantung, dan meningkatkan risiko stroke. Kolesterol jahat yang membatasi aliran darah juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Sementara itu, HDL memiliki peran untuk menghilangkan kolesterol jahat dari pembuluh darah arteri dan mengembalikannya ke hati.

2. Dapat menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi tes tekanan darah (unsplash.com/Mufid Majnun)

Buah nangka yang kaya akan kalium atau potasium dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah. Ini berkat kandungan kalium dalam buah nangka yang dapat menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Tekanan darah yang stabil dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke, dan keropos tulang. Namun, kalium yang tinggi juga dapat berbahaya bagi penderita penyakit ginjal atau kondisi sejenis, yang dapat mengubah cara tubuh mengatur kalium.

Kandungan kalium dalam nangka juga tidak kalah bermanfaat. Menurut American Heart Association (AHA), makanan yang kaya akan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena buah nangka kaya akan kalium, maka manfaat ini bisa kamu dapat.

Dalam sepotong buah nangka mentah, setidaknya terdapat 730 miligram (mg) kalium. AHA merekomendasikan konsumsi 4.700 mg kalium setiap harinya. Karenanya, beberapa potong buah nangka sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mineral penting ini setiap hari.

Baca Juga: Aman untuk Orang dengan Intoleransi Laktosa, Ini 8 Manfaat Susu Unta

3. Dapat membantu mencegah kanker

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi buah dan biji nangka (pixabay.com/Carlrubino)

Beberapa senyawa alami seperti fitonutrien pada nangka dapat memiliki manfaat dalam melawan kanker serta berperan dalam mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh.

Nangka juga mengandung beberapa zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki sifat sebagai antioksidan, sehingga dapat membantu melawan efek radikal bebas.

Menurut American Institute for Cancer Research, radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif dan dapat merusak sel-sel tubuh. Kerusakan sel ini disebut sebagai stres oksidatif yang kemudian dapat berkembang menjadi beberapa penyakit kronis seperti kanker.

Selain sebagai antioksidan, fitokimia juga dapat mencegah tumbuhnya pembuluh darah yang baru di sekitar sel kanker. Pembuluh darah yang terus tumbuh dapat menyebabkan suplai darah semakin bertambah dan pertumbuhan sel semakin cepat, sehingga makin meningkatkan risiko kanker.

Sebuah studi berjudul ”Anti-angiogenic effect of Artocarpus heterophyllus seed methanolic extract in ex ovo chicken chorioallantoic membrane” dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada 2017 menunjukkan bahwa ekstrak biji nangka  dapat menghambat pertumbuhan pembuluh darah ektopik yang diinduksi pada embrio ayam.

Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menduga bahwa efek tersebut mungkin hasil dari kombinasi flavonoid, saponin, dan tanin. Peneliti menyimpulkan bahwa nangka mungkin memiliki potensi sebagai terapi antikanker di masa depan. Akan tetapi, masih butuh penelitian lanjutan dan mendalam untuk mengonfirmasi khasiat tersebut pada manusia.

4. Dapat membantu mengatur kadar gula darah

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi cek gula darah (pexels.com/PhotomixCompany)

Nangka dikatakan memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat gula darah meningkat setelah mengonsumsi makanan.

Saat mengonsumsi nangka, tubuh akan mencerna dan menyerapnya relatif lebih lambat daripada beberapa makanan lainnya. Gula darah tidak akan meningkat drastis dalam waktu singkat. Dilansir WebMD, sebuah studi juga telah menemukan bahwa ekstrak nangka membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darahnya.

Kandungan nangka yang kaya akan serat mungkin menjadi alasan lebih lambatnya pencernaan tersebut. Beberapa protein dalam nangka juga dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Kemudian, dalam suatu penelitian, dikatakan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi ekstrak nangka memiliki kadar gula darah yang membaik.

Penelitian lain yang dilakukan terhadap tikus dengan diabetes juga menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka dapat mengurangi kadar gula darah serta memberikan kontrol gula darah dalam jangka panjang. Tikus tersebut memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dan kadar glukosa darah yang lebih rendah dibanding tikus yang mengonsumsi makanan lain.

Ini karena kandungan antioksidan flavonoid dalam nangka yang dapat mengatur kadar gula darah menjadi seimbang. Flavonoid dapat mencegah kematian sel di pankreas, organ yang memproduksi insulin.

Selain itu, penelitian lain juga mengemukakan bahwa ekstrak kulit pohon nangka memiliki bahan kimia yang dapat mencegah pemecahan lemak dan karbohidrat kompleks menjadi gula. Peneliti menduga bahwa bahan kimia tersebut dapat berguna dalam mengelola diabetes.

Namun, berbagai penelitian terhadap manusia harus dilakukan untuk mengonfirmasi dan menguatkan temuan-temuan tersebut.

5. Mempercepat penyembuhan luka

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi luka (unsplash.com/Diana Polekhina)

Sebagai sumber vitamin C yang baik, nangka merupakan antioksidan kuat yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada nangka juga dapat membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Tubuh juga membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein yang penting guna menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat seperti pembuluh darah dan tulang rawan.

Selain itu, kolagen juga penting untuk penyembuhan luka. Mengutip Medical News Today, sebuah studi menunjukkan kandungan zat dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada nangka. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka juga dapat meningkatkan penyembuhan luka.

6. Baik untuk kesehatan pencernaan

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi buah nangka (unsplash.com/Thowfiqu Bharbuiya)

Baik buah maupun biji nangka memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan pencernaan karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Nangka merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik bagi tubuh. Sebagai sumber serat yang baik, nangka juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu menjaga siklus buang air besar tetap teratur.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan bahwa serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah. Karenanya, serat larut baik untuk mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Serat dalam nangka juga disebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar. Tidak hanya itu, biji nangka juga mengandung prebiotik yang bagus untuk bakteri baik di usus.

7. Mencegah masalah kulit

7 Manfaat Sehat Nangka, Bisa Turunkan Kolesterol hingga Lawan Kankerilustrasi kulit sehat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Buah nangka memiliki beberapa nutrisi dan antioksidan seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Melansir Healthline, beberapa studi menemukan bahwa konsumsi buah nangka mungkin dapat memperlambat penuaan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam nangka juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Untuk menjaga kulit tetap kencang dan kuat, diperlukan banyak nutrisi, dan nangka mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tersebut.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari nangka bagi kesehatan kita. Dari buah, biji, hingga daunnya ternyata berkhasiat! Selain itu, nangka juga sering dijadikan alternatif pengganti daging oleh para vegetarian dan vegan juga, lo!

Baca Juga: 8 Manfaat Sehat Keju, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Sel Tubuh

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya