Comscore Tracker

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidur

Merupakan alternatif minuman manis yang menyehatkan

Pernahkah kamu mencoba kombinasi teh pisang? Mungkin terdengar aneh dan tidak biasa. Namun, ternyata teh pisang dibuat dengan cara memadukan teh dengan pisang utuh, sering kali dengan kulit pisangnya juga.

Apa saja manfaat teh pisang untuk kesehatan kita? Baca terus untuk mengetahuinya, ya!

1. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi minum teh pisang (pexels.com/SHVETS production)

Teh pisang mengandung vitamin C, A, dan B6 yang cukup melimpah. Semua kandungan tersebut sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam askorbat vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih. Sementara itu, vitamin A mungkin mampu secara langsung mencegah stres oksidatif di retina, degenerasi makula, dan perkembangan katarak, dilansir Organic Facts.

Vitamin B6 diketahui berguna untuk mengatur produksi sel darah merah. Dilansir NDTV Food, teh pisang juga merupakan sumber baik antioksidan yang larut dalam air seperti dopamin dan gallocatechin. Antioksidan ini baik untuk melindungi tubuh dari penyakit berbahaya.

2. Dapat menjaga kesehatan pencernaan

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi teh pisang (indianexpress.com)

Kandungan potasium atau kalium, mineral, dan elektrolit pada teh pisang penting untuk mengatur keseimbangan cairan, tekanan darah, dan kontraksi otot.

Kalium dan magnesium juga dapat mengoptimalkan fungsi otot polos yang penting dalam saluran pencernaan. Hal ini mampu merangsang gerakan peristaltik untuk membantu mengatur pergerakan usus. Tak cuma itu, teh pisang juga baik untuk mencegah sembelit, perut kembung, dan kram perut, serta dapat mendukung penyerapan nutrisi.

3. Alternatif minuman manis karena teh pisang rendah gula

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi membuat teh pisang (elementalhealthandnutrition.com.au)

Teh pisang merupakan alternatif minuman manis yang sehat karena rendah gula. Pisang secara alami memiliki rasa manis dan ketika direndam dalam air, rasa manisnya dapat keluar, sehingga memberikan rasa manis alami.

Perlu diingat, konsumsi gula terlalu tinggi dalam pola makan sehari-hari dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2, mengutip Healthline.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Pereda Dispepsia atau Maag, Tanpa Obat!

4. Mampu meningkatkan kualitas tidurmu

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi tidur (pexels.com/cottonbro)

Dengan kandungan triptofan, serotonin, dan dopamin yang tinggi dalam teh pisang, minuman ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur, mengatasi insomnia, dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Dilansir Organic Facts, kandungan tersebut banyak terkandung pada kulit pisang, sehingga saat merebus pisang dengan kulitnya akan membuat nutrisi yang terkandung dalam minuman ini makin melimpah.

Minum secangkir teh pisang utuh atau teh kulit pisang sebelum tidur bisa membantu menurunkan hormon stres dan menginduksi tidur yang sehat dan nyenyak. Suatu penelitian juga menemukan bahwa makanan fungsional yang mengandung kalium dan triptofan bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, dan teh pisang memiliki kandungan ini. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

5. Bisa mendukung kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi jantung (unsplash.com/jesse orrico)

Sejumlah kandungan nutrisi dalam teh pisang bisa menyehatkan jantung. Kalium dan magnesium bisa membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung serta stroke.

Studi dalam jurnal Stroke tahun 2014 terhadap 90.127 perempuan menyatakan kalau diet kaya akan kalium telah dihubungkan dengan penurunan risiko stroke hingga 27 persen.

Selain itu, diet kaya akan katekin, jenis antioksidan yang ada dalam teh pisang, mungkin dapat mengurangi risiko penyakit jantung, menurut studi dalam British Journal of Nutrition tahun 2014. Walaupun demikian, masih belum ada studi yang spesifik meneliti antioksidan dalam teh pisang atau efeknya pada risiko penyakit jantung.

Kandungan kalium dalam teh pisang juga dikatakan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium bertindak sebagai vasodilator tak hanya dapat mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, tetapi juga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dengan mengurangi ketegangan pada arteri dan pembuluh darah, dilansir Organic Facts.

6. Mungkin bisa meningkatkan suasana hati

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi menikmati teh pisang (unsplash.com/Parker Johnson)

Teh pisang mungkin bisa mengatur kadar hormon dan meningkatkan suasana hati. Dopamin dan serotonin merupakan dua efek antioksidan dalam teh pisang yang berperan dalam efek sehat ini. Keduanya merupakan neurotransmiter yang baik, sehingga minum teh pisang bisa membantu mendongkrak atau memperbaiki suasana hati.

7. Baik untuk meningkatkan kepadatan tulang

7 Manfaat Teh Pisang untuk Kesehatan, Tingkatkan Imun & Kualitas Tidurilustrasi meningkatkan kekuatan tulang (yourhealth.net.au)

Sejumlah mineral baik dalam teh pisang mungkin berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang. Adapun kandungan mineral baik tersebut termasuk mangan dan magnesium yang banyak ditemukan dalam teh pisang.

Vitamin dan mineral esensial dari teh pisang yang digabung dengan makanan sehat lain dipercaya dapat membantu memperlambat bahkan sepenuhnya mencegah osteoporosis di usia tua.

Pisang merupakan salah satu buah yang paling populer untuk dikonsumsi. Merebus pisang beserta kulitnya untuk membuat teh pisang ternyata bisa membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuatnya?

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Akar Wangi, Dapat Membantu Pengobatan ADHD

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya