Comscore Tracker

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badan

Sebelum menyantap daging, pahami efeknya juga, yuk!

Masih dalam suasana Hari Raya Iduladha, banyak orang yang menjadikan daging kambing atau daging sapi sebagai santapan utama untuk beberapa hari ke depan. Tapi, apakah kamu tahu kalau makan terlalu banyak daging bisa menimbulkan beberapa efek tertentu?

Bagi kamu yang ingin makan daging selama beberapa hari berturut-turut, lebih baik kamu pahami dulu risiko atau efek yang akan terjadi kepadamu. Simak lima kemungkinan efek yang akan terjadi akibat terlalu banyak makan daging di ulasan ini!

1. Sembelit

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badanilustrasi sembelit (pexels.com/Галина Ласаева)

Jika kamu terlalu banyak makan daging, maka kemungkin besar kamu akan mengalami sembelit. Dikutip bustle, memakan banyak daging yang disantap sebagai pengganti karbohidrat akan menyebabkan sembelit, karena daging tidak memiliki kandungan serat.

Meskipun daging memiliki cita rasa yang sulit untuk ditolak oleh kebanyakan orang, tapi kamu perlu kurangi porsi memakan daging agar tidak terkena sembelit setelahnya. Kamu juga perlu tingkatkan asupan karbohidrat kompleks.

Dikutip Medline Plus, berikut ini terdapat makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, yaitu:

  • kacang-kacangan
  • biji-bijian
  • sayur-sayuran
  • kaca polong

2. Mudah mengantuk

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badanilustrasi mengantuk (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bagi kamu yang punya banyak kesibukan dan kegiatan, lebih baik menghindari makan daging terlalu banyak. Sebab bisa menimbulkan kemungkinan efek menjadi lebih mudah mengantuk, sehingga bisa mengganggu aktivitasmu selama seharian.

Dikutip The Healthy, memakan terlalu banyak daging akan membuatmu merasa lelah, karena protein sebagai penyedia energi akan membutuhkan waktu untuk dicerna. Protein tidak memberikan dorongan langsung seperti karbohidrat yang tergolong mudah dicerna.

Oleh karena itu, dalam situasi tersebut, otakmu hanya memiliki glukosa sebagai energi yang membuat pasokan energi akan terhambat jika kandungan protein yang dicerna berjalan lambat. Sehingga hal ini bisa membuat kamu kurang fokus, serta ototmu hanya menggunakan glukosa sebagai energi yang akan membuatmu merasa kelelahan dan membuat otak menjadi kurang konsentrasi.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Iduladha di Berbagai Negara Dunia, Enak Semua!

3. Sakit kepala

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badanilustrasi sakit kepala (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Kepala yang terasa sakit kepala bisa menjadi efek yang kamu rasakan akibat memakan daging terlalu banyak. Efek yang satu ini memang sudah menjadi rahasia umum, karena memakan terlalu banyak daging akan menyebabkan dehidrasi yang berujung pada sakit kepala.

Ketika kamu memakan terlalu banyak daging, kamu tidak mendapatkan cukup banyak karbohidrat. Seperti yang kita ketahui, karbohidrat merupakan bahan bakar utama untuk otak. Maka dari itu, kamu akan merasa sakit kepala dan fungsi mental akan memburuk juga.

4. Bertambah berat badan

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badanilustrasi berat badan naik (pexels.com/Mali Maeder)

Sebagian orang merasa bertambah berat badan akan menjadi bencana besar bagi diri mereka sendiri. Jika kamu makan daging terlalu banyak, maka dikhawatirkan efeknya akan berpengaruh pada bertambahnya berat badanmu. 

Bila kamu memakan terlalu banyak protein dalam daging yang melebihi kebutuhan tubuhmu, maka protein yang tersimpan tidak akan membuat tubuh terasa kencang, melainkan protein tersebut akan tersimpan sebagai lemak yang bertumpuk. Maka dari itu, kamu perlu seimbangkan dengan permintaan tubuhmu agar menimbulkan pengaruh buruk.

5. Bau badan

Pahami 5 Risiko Terlalu Banyak Makan Daging, Awas Bikin Bau Badanilustrasi bau badan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua orang pasti setuju bahwa bau badan akan sangat mengganggu keseharian kita dan membuat orang lain di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Meskipun sudah menggunakan banyak deodoran yang "katanya" ampuh, tapi ternyata tetap tidak menghilangkan bau badan.

Mungkin bukan salah deodoran yang kamu gunakan, bisa jadi faktor lainnya menjadi penyebab bau badan, seperti memakan terlalu banyak daging.

Melalui sebuah studi dari jurnal Journal Chemical Senses yang dikutip Bustle, seseorang yang memakan makanan non daging memiliki bau badan yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan pemakan daging yang memiliki bau badan cenderung tidak sedap.

Daging memang menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang, tetapi meskipun begitu, kamu juga harus perhatikan asupan daging dalam tubuh, ya. Jangan terlalu berlebihan saat mengonsumsi daging, karena bisa memberikan efek yang kurang menyenangkan bagi tubuhmu.

Baca Juga: 5 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Sehat dan Tetap Enak

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya