Comscore Tracker

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan Mental

Kamu pasti jadi pengin memelihara kucing setelah tahu ini!

Selain lucu dan menggemaskan, kucing merupakan hewan peliharaan yang tak begitu sulit untuk merawatnya. Kucing menjadi salah satu pilihan sebagai teman di rumah selain anjing. Tingkah lakunya yang konyol dan kocak membuat banyak orang jatuh hati dan memperlakukannya layaknya anaknya sendiri.

Sebagian orang ternyata tidak suka dengan kucing karena terkadang kucing yang sering membuat jengkel dengan perbuatan si kucing seperti mencuri makanan di rumah, membuang kotoran sembarangan, dan lain-lain. Padahal keberadaan kucing di rumah ternyata membawa berbagai manfaat bagi pemilik rumah.

Nah, ini 5 keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu memelihara kucing di rumah. Berikut ulasannya!

1. Menjadi teman berbicara yang setia

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan Mentalunsplash.com/Jonas Vincent

Dengan adanya kucing di rumah, kamu gak akan merasa sendirian lagi. Karena kucing suka berinteraksi dengan manusia yang berada di sekitarnya termasuk juga kamu. Kamu bisa mengobrol dan bermain dengan dia, walaupun kucingmu tidak bisa menjawab obrolanmu secara langsung tapi permasalahanmu yang kamu ungkapkan dapat mereda dan berkurang. Kesetiaan kucing yang selalu menemanimu dapat membuat kamu tenang ketika berada di rumah.

2. Dapat memperbaiki mood

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan Mentalunsplash.com/Veronika Homchis

Mengalami badmood atau suasana hati yang buruk karena berbagai permasalahan dalam kehidupan sangat memengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Badmood yang menggenang dalam pikiranmu dapat dihilangkan dengan cara berinteraksi dengan kucing, lho. Tingkah laku kucing yang centil membangkitkan tawa dan rasa gemasmu. Dengan begitu suasana hatimu yang awalnya begitu jelek kini seketika berubah menjadi suasana hati yang riang dan gembira.

3. Dapat melepas stres atau depresi

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan Mentalunsplash.com/Oleg Ivanov

Di samping dapat memperbaiki mood, keberadaan kucing di rumah membawa manfaat lagi yaitu dapat melepas stres atau depresi. Stres yang tercipta dari kesulitan-kesulitan yang kamu alami baik dalam bekerja atau belajar akan kamu bawa sampai ke rumah. Tentu hal itu akan memperburuk kondisimu yang seharusnya dapat beristirahat dengan tenang di rumah. Namun, kucing yang sedang bermain denganmu dapat melepas semua kepenatanmu, stres, atau depresi yang kamu pendam. Memang kucing tidak akan bisa menyembuhkan orang yang mengalami stres atau depresi layaknya psikiater, namun, keberadaan kucing di rumah dapat mengalihkan stresmu. 

Baca Juga: 14 Kucing Ras dengan Harga Fantastik Apakah Kucing Kalian Masuk Daftar?

4. Dapat mengendalikan emosi

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan MentalInstagram.com/cats_of_instagram

Ketika kamu bermain dan berinteraksi dengan kucing sekaligus juga melatih dalam mengendalikan emosi. Segala kelakuan kucing kesayanganmu yang menyakiti tubuhmu atau merusak perabotan rumahmu akan segera kamu maafkan, karena kamu sudah begitu sayangnya dengan kucingmu. Hal tersebut yang melatih dirimu untuk selalu menahan emosi atau amarah dan memberikan respon yang baik. Sehingga kamu bisa lebih dingin lagi dalam menyikapi sesuatu yang menjengkelkan tanpa mengungkapkan amarah yang berlebihan.

5. Dapat melindungi rumah dari hewan berbahaya

Bisa Jadi Bodyguard, 5 Manfaat Pelihara Kucing untuk Kesehatan Mentalwashingtonpost.com

Layaknya seorang bodyguard, kucing dapat melindungi rumahmu dari hewan-hewan berbahaya yang mengganggu seperti tikus, ular, dan tokek. Kucing menggunakan insting dan cakar yang tajam untuk menangkap lawannya. Selain itu kucing mampu mengenali gerakan-gerakan yang mencurigakan dari hewan yang akan masuk ke rumah. Oleh karena itu hewan-hewan berbahaya seperti tikus, ular, dan lainnya takut masuk ke dalam rumah karena keberadaan kucing di sana.

Nah, itulah kelima manfaat yang kamu dapat jika memelihara kucing di rumah. Punya berapa kucing, nih di rumah?

Baca Juga: 13 Kucing Lucu yang Follower Instagram-nya Lebih Banyak daripada IG Kamu

Falana Rofako Photo Community Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You