Comscore Tracker

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahu

Baik untuk wanita hamil, lho!

Selada air merupakan salah satu tanaman aquatik atau semi-aquatik. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di daerah dataran tinggi dengan suhu rendah dan air melimpah untuk pertanian, seperti di Kota Batu, Jawa Timur. Selain di Indonesia, selada air juga dibudidayakan oleh negara-negara di Asia Tenggara dan Eropa.

Meski tidak cukup populer untuk dijadikan menu makanan sehari-hari, namun di Eropa biasanya digunakan sebagai campuran salad. Sedangkan di Indonesia maupun negara-negara di Asia Tenggara lebih sering diolah menjadi tumis atau sayur lodeh.

Di balik beragam variasi menu dan kurang populernya, ternyata selada air memiliki banyak manfaat, lho. Berikut ini IDN Times mengulas beberapa khasiat dari selada air.

1. Mengurangi risiko osteoporosis

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahucountryliving.com

Selada air mengandung beberapa mineral yang baik untuk kesehatan tulang, antara lain kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. Selain itu juga mengandung vitamin K yang merupakan komponen osteocalcin. Protein yang berperan dalam pembentukan jaringan tulang sehat dan mengatur pergantian tulang. Sehingga, orang yang memiliki asupan vitamin K yang cukup memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami patah tulang pinggul maupun osteoporosis.

2. Menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahuexpress.co.uk

Mineral yang terkandung di dalam selada air, terutama kalsium, magnesum dan potasium membantu melepaskan natrium dari tubuh dan pelebaran arteri. Seperti penelitian yang telah dilakukan dan diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmachology (2013), makanan yang mengandung nitrat, salah satunya selada air telah terbukti memiliki banyak manfaat vaskular. Termasuk mengurangi tekanan darah dan menghambat agregasi trombosit.

Apabila dapat mengurangi hipertensi, maka risiko penyakit jantung pun dapat berkurang. Sehingga, kamu bisa mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

3. Baik untuk ibu hamil, kesuburan dan otak

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahukaylaitsines.com

Selada air mengandung asam folat cukup tinggi yang merupakan nutrisi baik untuk ibu hamil. Asam folat dipercaya dapat mengurangi cacat lahir dan baik untuk perkembangan janin. Sedangkan untuk pria, asam folat dapat meningkatkan kualitas sperma. Selain manfaat di atas, folat juga berperan dalam fungsi kognitif pada otak dan kefasihan verbal.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Sayuran Agar Awet & Segar Saat Libur Lebaran

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahufindatopdoc.com

Selain mengandung mineral dan nutrisi, selada air juga mengandung vitamin C. Salah satu manfaat dari vitamin C yaitu melepaskan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan gejala peradangan. Sehingga, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu pun tidak mudah terserang penyakit yang sebabkan oleh virus, jamur maupun bakteri.

5. Sumber anti-karsinogenik

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahuinquirer.com

Rasa pahit pada selada air, ternyata berasar dari senyawa fitokimia, lho. Fitokimia yang dihasilkan oleh selada air dapat merangsang sistem imun dan melindungi sel-sel dalam tubuh. Sehingga dapat memperbaiki kerusakan DNA pada sel darah putih. Selain itu, kandungan beta karoten dan luteinnya dapat membantu sebagai anti-karsinogenik yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

6. Menstabilkan hormon tiroid

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahufoodheavenmadeeasy.com

Hormon tiroid memiliki peran penting bagi tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pada leher bagian depan. Apabila kelebihan hormon tersebut dapat mengakibatkan tremor, mudah lelah dan lain sebagainya. Namun, jika kekurangan hormon tiroid, mengakibatkan lambatnya metabolisme dan gangguan memori.

Selada air mengandung yodium yang baik untuk mengatur jumlah hormon tiroid. Sehingga jumlah hormon tiroid dalam tubuhmu dapat terkontrol dan tidak mudah terserang penyakit gondok serta hipotiroidisme.

7. Bermanfaat untuk kesehatan rambut

7 Manfaat Menakjubkan Selada Air, Kamu Wajib Tahubonneviesalon.com

Satu lagi nih manfaat dari selada air, kandungan seng di dalamnya dapat menyuburkan rambut. Selain itu, vitamin A yang ada dalam selada air bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Selada air juga bermanfaat sebagai anti ketombe serta menyehatkan rambut.

Meski selada air memiliki banyak manfaat dan banyak penelitian sudah dilakukan. Namun sebelum mengonsumsi untuk memperoleh khasiatnya, lebih baik konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Sebab, kondisi tubuh setiap orang berbeda dan ada kemungkinan alergi atau tidak toleran terhadap zat tertentu yang terkandung di dalam selada air.

Baca Juga: Sayuran Organik Vs Sayuran Non-organik, Lebih Baik Mana?

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya