Comscore Tracker

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makanan

Menyehatkan kulit dan rambut juga lho!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam makanan hingga es krim dengan rasa dan vanilla yang khas. Vanilla memang menjadi salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan dalam masakan. Salah satu jenis vanilla yang bayak dimanfaatkan sebagai campuran dalam makanan yaitu vanilla planifolia

Namun, apa kamu tahu bahwa vanilla tidak hanya bisa digunakan sebagai campuran makanan maupun minuman? Ternyata vanilla memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Mau tahu apa saja khasiatnya? Yuk, simak penjelasannya!

1. Mengatasi masalah dan menjaga kesehatan kulit

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananamo.kitchenaid.com.br

Salah satu masalah kulit yang sering dialami yaitu jerawat. Kamu bisa mengatasinya dengan menjadikan biji vanilla dengan campuran gula merah, minyak esensial vanilla dan air lemon sebagai scrub. Sebab, vanilla memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengurangi munculnya jerawat. 

Sedangkan antioksidan yang terdapat dalam vanilla dapat mencegah serta meregenerasi sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. Selain itu, dapat memperlambat penuaan dini. Khasiat lain vanilla untuk kulit, yaitu dapat digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B seperti thiamin. asam pantotenat, niacin dan vitamin B6 dapat menjaga kesehatan kulit. 

2. Baik untuk perawatan rambut

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananenrichsalon.com

Khasiat lain vanilla untuk kencantikan yaitu dapat membantu pertumbuhan rambut. Kandungan zat besi yang ada pada vanilla dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain zat besi, vanilla juga mengandung seng yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak esensial vanilla untuk diaplikasikan dalam perawatan rambut. Selain itu, kamu bisa mencampurnya dengan minyak kelapa dan minyak esensial lavender. Bahan-bahan tersebut tidak hanya membuat rambutmu lebih cepat tumbuh, tapi juga lembut dan berkilau.

Baca Juga: 7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan, Bisa Obati Batu Ginjal

3. Meredakan mual

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananincredibleplanet.net

Aroma vanilla yang khas dan harum dapat membantu meringankan mual. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes ekstrak vanilla pada segelas air, lalu menghirupnya. Maka, akan tercium aroma vanilla, kamu pun bisa menggunakannya sebagai aromaterapi sekaligus pengharum ruangan.

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananwww.pbctoday.co.uk

Selain mengurangi rasa mual, aroma vanilla juga dapat memberikan efek positif pada penderita depresi dan kecemasan. Kecemasan dapat berkurang dengan menghirup air atau susu yang mengandung ekstrak vanilla. Aromatik tersebut dapat bermanfaat untuk sistem saraf.

Penelitian pernah dilakukan di Rumah Sakit Memorial Sloan-Kettering, New York bahwa aromaterapi vanilla terbukti efektif untuk mengurangi gejala claustrophobia. Fobia tersebut merupakan ketakuan terhadap ruang sempit atau tertutup.

5. Membantu menjaga kesehatan gigi

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananonthegas.org

Vanilla mengandung capsaicin seperti cabai dan euganol seperti kayu manis. Capsaicin berkhasiat sebagai pereda nyeri yang efektif, sedangkan euganol sebagai anestesi topikal. Kedua senyawa tersebut memilik efek positif pada sistem saraf, sehingga dapat membantu menngurangi sakit gigi dan infeksi.

6. Meningkatkan kadar testosteron

6 Manfaat Vanilla, Gak Hanya Jadi Aroma dan Perasa Makananspicychimp.com

Satu lagi manfaat vanilla, sudah sejak zaman kuno digunakan sebagai afrodisiak. Aromaterapi vanilla dapat meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria, sehingga meningkatkan hasrat seksual, demikian pula pada perempuan. Aroma vanilla dapat memberikan rasa senang dan kenyang.

Nah, itulah khasiat vanilla yang dapat digunakan untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Namun, kamu perlu hati-hati jika ingin mendapatkan ekstrak maupun produk vanilla, pastikan keasliannya. Supaya khasiatnya dapat kamu rasakan tanpa efek samping yang berarti.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting dari Kembang Kol, Sederhana Namun Bergizi Tinggi

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Community Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You