Comscore Tracker

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!

Pola makan jangan lupa dijaga, ya!

Berlatih yoga secara rutin memang memiliki sederet manfaat yang tak perlu diragukan lagi. Bahkan, gerakan yoga kini mulai dijadikan terapi untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu. Salah satunya adalah untuk menstabilkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.

Sebenarnya, beberapa gerakan yoga yang digunakan untuk terapi membutuhkan bimbingan dari instruktur. Namun, kamu atau keluargamu bisa mempraktikkannya di rumah dengan 5 gerakan sederhana ini, loh.

1. Mountain Pose (Tadasana)

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!unsplash.com/Form

Mulai dengan berdiri di atas matras dan letakkan kedua tangan di samping kanan dan kiri tubuh. Sejajarkan kakimu dan beri sedikit jarak, lalu, angkat kedua tanganmu perlahan sambil menarik nafas pelan-pelan. Setelahnya, turunkan tanganmu sambil membuang nafas dengan perlahan. Lakukan gerakan ini berulang-ulang untuk hasil yang lebih baik.

2. Downward Facing Dog Pose (Adho Mukha Svanasana)

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!pixabay

Selesai dengan gerakan pertama, lanjutkan dengan gerakan merangkak. Secara perlahan, angkat pinggulmu dan gunakan kedua ujung kaki serta telapak tangan sebagai tumpuan. Arahkan pandangan ke lutut untuk membantu punggung, tangan serta kaki menjadi lurus. Tetap lakukan pernafasan secara perlahan dan tahan gerakan ini selama 1 menit.

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Ini Bisa Bantu Kamu Memperlancar Sistem Pencernaanmu

3. Child Pose (Balasana)

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!pixabay

Untuk memulai pose ini, awali dengan posisi duduk di atas kedua kaki dan pastikan memberi sedikit jarak antar kedua lutut. Lalu, bungkukkan badan hingga menyentuh paha dengan tangan lurus ke depan dan menempel pada matras. Rilekskan tubuhmu dengan kening yang menyentuh permukaan matras, pastikan untuk menjaga nafas tetap tenang dan tidak terburu-buru. Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

4. Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!www.yogajournal.com

Awali dengan tidur terlentang dan kedua tangan sedikit melebar di samping. Tekuk kedua lutut dan posisikan kaki sejajar dengan bahu, perlahan, angkat pinggul sambil meluruskan tulang ekor. Dengan bahu dan kaki sebagai tumpuan, silangkan kedua tangan dengan rapat di bawah tubuh. Jangan lupa tetap rileks dan pertahankan gerakan ini selama 1 menit.

5. Tree Pose (Vrksasana)

Keluargamu Penderita Diabetes? Atasi Lewat 5 Gerakan Yoga Ini, Yuk!pexels.com/Nathan Cowley

Untuk pendinginan, berdirilah di atas matras dengan kaki lurus sejajar. Lalu, angkat kaki kirimu dan posisikan telapak kaki di pangkal paha kanan bagian dalam dan gunakan kaki kanan sebagai tumpuan. Satukan kedua telapak tangan dan letakkan di depan dada. Pastikan untuk tetap mengatur pernafasan setenang mungkin dan tahan selama 1 menit. Selanjutnya, ubah posisi dengan kaki kiri sebagai tumpuan dan kaki kanan menekuk di pangkal paha bagian kiri.

Kunci dari gerakan yoga adalah mengatur pernafasan untuk tetap tenang serta menjaga pikiran untuk fokus. Karena itu, selama melakukan latihan yoga fokuskan pada bagian-bagian tubuh yang sedang bekerja. Dan meski kamu sudah rutin melaksanakan yoga untuk menjaga kadar gula, kamu juga harus tetap menjaga pola makan agar kadar gula dalam darah tidak naik dan membahayakan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Morning Yoga Flow dengan 14 Pose Ini Bisa Buatmu Semangat Jalani Hari

Fauziah Puspitasari Photo Community Writer Fauziah Puspitasari

Dream as if you will live forever

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You