Comscore Tracker

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokan

#RamadanMasaKini biar puasa tetap lancar

Saat menjalani ibadah puasa, daya tahan tubuh seseorang bisa menurun dengan drastis sehingga lebih rentan terserang virus dan bakteri. Yang sering terjadi adalah radang tenggorokan. Karena menimbulkan rasa tidak nyaman, tidak sedikit orang memutuskan untuk tidak berpuasa saat sedang mengalami radang tenggorokan. Tidak sedikit juga kok yang tetap menjalankan ibadah puasa seperti biasanya.

Nah, untuk kamu yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa meski pun sedang radang tenggorokan, jangan lupa untuk mencoba enam tips berikut.

1. Istirahat yang cukup

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanpexels.com/LisaFotios

Agar tubuh bisa bekerja melawan infeksi kamu harus beristirahat dengan cukup. Meski saat puasa mengharuskan kamu bangun sahur, bukan berarti kamu gak bisa tidur cukup. Kamu bisa memulainya dengan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Selain itu, ada baiknya kamu tidak melakukan pekerjaan yang berat dan menguras tenaga serta pikiran kamu.

2. Berbuka dan sahur dengan makanan yang mudah ditelan

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanpexels.com/Pixabay

Agar tidak memperparah iritasi di tenggorokan, kamu bisa memilih makanan yang mudah ditelan seperti bubur, buah-buahan bertekstur lunak, atau sup. Untuk sementara waktu hindari gorengan, kerupuk, dan makanan yang mengandung lemak dan minyak karena dapat membuat tenggorokan kamu makin sakit.

3. Banyak minum air putih

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanpexels.com/DariaShevtsova

Banyak minum air setelah berbuka puasa dan saat sahur dapat membuat tenggorokan kamu terasa jauh lebih nyaman dan tidak memperparah radang tenggorokan kamu. Ada baiknya kamu meminum air hangat agar tidak terlalu sakit saat menelannya.  

Baca Juga: 6 Olahan Lidah Buaya yang Bikin Adem Tenggorokan, Cocok Buat Ramadan

4. Berkumur dengan air garam

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanhellosehat.com

Air garam dapat mengurangi iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk kamu berkumur dengan air garam setelah berbuka puasa, sebelum tidur, dan setelah sahur.

Caranya cukup mudah kok. Cukup larutkan sesendok teh garam ke dalam segelas air hangat kemudian aduk hingga larut. Setelah itu barulah kamu berkumur dengan air garam sambil menengadahkan kepala kamu atau sampai air garam menyentuh tenggorokan kamu selama beberapa menit, lalu buang.

5. Menghirup uap panas

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanpexels.com/ClemOnojeghuo

Jika tenggorokan kamu terasa sangat kering dan tidak nyaman, hiruplah uap panas. Cukup tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam mangkuk secukupnya laku letakkan mangkuk tersebut di bawah wajah kamu. Setelah itu bernapaslah seperti biasa. Pastikan uap panasnya terhirup melalui hidung.

Agar uap panasnya tidak cepat hilang, kamu bisa menutupi kepala dan mangkuk menggunakan handuk atau kain. Kamu juga bisa menambahkan minyak kayu putih atau minyak esensial lainnya ke dalam air panas. Lakukan hal ini setiap beberapa kali sehari agar tenggorokan kamu terasa lebih nyaman.

6. Kurangi bicara

6 Tips Agar Puasa Tetap Lancar Saat Sakit Tenggorokanpexels.com/GeorgeShervashidze

Banyak bicara ternyata dapat membuat tenggorokan kamu semakin terasa kering. Hal ini terjadi karena saat berbicara udara dan berbagai partikel asing seperti debu akan masuk ke tenggorokan melalui mulut. Jadi, bicara seperlunya saja saat terserang radang tenggorokan. Jangan lupa untuk selalu memakai masker agar terhindar dari debu, kotoran, bakteri, dan partikel asing lainnya yang dapat memperburuk radang tenggorokan kamu.

Semoga tips di atas dapat membantu melancarkan ibadah puasa kamu hari ini. Semangat, ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Febby Arshani Photo Community Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Ernia Karina

Just For You