Comscore Tracker

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbat

Pas buat kamu yang lagi flu nih... 

Di musim kemarau dan dilanda hawa dingin seperti sekarang ini, banyak orang mengalami flu. Nah, saat mengalami flu biasanya hidung pun ikut tersumbat. Akibatnya, bernapas jadi susah dan aktivitas sehari-hari pun terganggu. Apalagi pas tidur.

Hidung tersumbat ini bikin jam tidur kamu terganggu karena sibuk balik sana balik sini agar bisa bernapas dengan lega. Nggak banget deh pokoknya! Untuk terhindar dari drama tersebut, coba deh terapin lima tips berikut ini.

1. Minum minuman hangat

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbatwww.pexels.com/Pixabay

Minuman hangat seperti teh, wedang jahe, dan susu hangat ternyata mampu membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. 

2. Menghirup uap panas

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbatwww.pexels.com/ArtemMizyuk

Kalau minum minuman hangat dirasa kurang ampuh, kamu bisa melegakan hidung tersumbat dengan menghirup uap air hangat. Caranya pun terbilang mudah. Kamu cukup tuangkan air hangat dan minyak kayu putih secukupnya ke dalam wadah, setelah itu hirup uapnya hingga hidung kamu terasa lega.

Menghirup uap hangat juga bisa bikin tubuh kamu tambah rileks, lho. Jadi, tidur kamu pun akan semakin nyenyak. 

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah Tanpa Obat

3. Pijat ringan bagian pangkal hidung

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbatwww.pexels.com/InnaLesyk

Memijat bagian atas hidung menggunakan jempol dan telunjuk dengan gerakan memutar akan membantu hidung kamu terasa lebih lega. Menekankan lidah kamu ke langit-langit mulut selama sepuluh detik pun ampuh menghilangkan hidung tersumbat seketika.

4. Konsumsi bawang putih

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbatwww.pexels.com/Skitterphoto

Cara lain mengatasi hidung tersumbat tanpa meminum obat adalah dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih. Bawang putih berperan sebagai agen anti-bakteri dan anti-jamur yang berguna untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

Jik kamu kurang suka dengan rasa dan aroma bawang putih mentah, makanan pedas adalah solusinya. Saat kepedasan, dengan sendirinya lendir akan mengalir keluar dan kamu pun terbebas dari hidung tersumbat. 

5. Tidur dengan bantal ekstra

Terapkan 5 Tips Ini Agar Tidur Nyenyak Saat Hidung Tersumbatwww.pexels.com/Pixabay

Tidur dengan menggunakan bantal tambahan akan menjaga kepala kamu berada di posisi lebih tinggi sehingga lendir tidak mengendap di hidung kamu.

Terapin tips di atas agar tidur kamu tetap nyenyak sekali pun sedang mengalami hidung tersumbat akibat flu.

Baca Juga: Ada Indikasi Gangguan Kesehatan Serius, Cermati 7 Masalah Tidur Ini

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya